Home Mobil BMW i3S Direncanakan Masuk Indonesia Tahun Ini?

BMW i3S Direncanakan Masuk Indonesia Tahun Ini?

265
0




OTONITY.com – BMW Group Indonesia akan memberikan kejutan menarik kepada para penggemarnya. Agen pemegang merek BMW itu akan meluncurkan mobil listrik baru, yakni BMW i3S. Mobil baru ini merupakan versi sport dari i3.

BMW i3S merupakan model terbaru kesekian dari pabrikan mobil asal Jerman itu yang rilis di Indonesia. Sebelumnya BMW Indonesia sudah menghadirkan X5, Z4 dan Seri 8 terbaru.

Meski begitu, Jodie O’tania, Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia menerangkan bahwa pihaknya belum mengetahui kapan mobil itu bisa hadir di Indonesia. Akan tetapi dipastikan konsumen bisa membelinya tahun ini.

“Dijualnya tahun ini pasti, tapi kalau untuk waktunya belum bisa diinformasikan karena menunggu proses homologasi,” kata dia.

Dalam waktu dekat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 akan dimulai. BMW Group Indonesia akan menjadi salah satu peserta pameran tersebut. Hanya saja Jodie juga tidak bisa memastikan kehadiran BMW i3S di ajang GIIAS 2019. Ia mengungkapkan ada kemungkinan unit tersebut rilis lebih cepat.

“Bisa saja peluncurannya sebelum GIIAS atau bisa juga sesudah GIIAS. Nantilah kami informasikan lagi. Ditunggu saja,” jawabnya.

Pihak BMW Group Indonesia sejauh ini belum membuka pemesanan untuk mobil listrik BMW tersebut walaupun informasi kehadirannya sudah diumumkan. Sebab masih ada tugas yang harus diselesaikan agar bisa memasarkan BMW i3S di Indonesia, seperti proses homologasi. Ia tidak membantah bahwa kehadiran mobil ini tidak lepas dari adanya permintaan konsumen. Bahkan jumlahnya bisa dikatakan cukup besar.

“Banyak sekali yang berminat. Bahkan kami belum punya harga sudah banyak konsumen yang mau beli. Karena untuk BMW i3S itu full electric, jadi memang dari sisi pengujian pasti butuh waktu. Tapi pasti tahun ini,” papar Jodie.

BMW i3S dirancang supaya cocok dengan jalur perkotaan. Mobil ini mengusung desain yang sporty dengan pelek berukuran 20 inci. Spesifikasi yang dibawa sedikit berbeda dari i3. Menurut data spesifikasi, motor listrik yang disematkan pada i3S dapat mengeluarkan tenaga hingga 186 PS, lebih besar 13 PS dari i3.

Menurut pengujian di Eropa, i3S bisa melesat hingga 280 km dalam kondisi baterai penuh. Akan tetapi BMW memprediksi untuk pemakaian sesungguhnya daya jelajah mobil ini hanya 200 km.

Baca juga: Mobil BMW Seri 8 Coupe Terbaru 2019

Selain itu suspensi BMW i3S lebih rendah 10 mm dengan posisi roda yang melebar 40 mm. Pengaturan ini membuat mobil BMW itu bisa berakselerasi cukup cepat. Dari 0-100 km/jam hanya memerlukan waktu 6,9 detik. Tidak hanya itu, mobil ini juga terbuat dari material yang dapat didaur ulang. Untuk pengisian daya, baterai BMW i3S bisa terisi 80% dalam waktu 40 menit dengan memanfaatkan fitur quick charging.

di Eropa, harga BMW i3S mencapai Rp 596 jutaan. Selain itu juga terdapat versi yang dilengkapi dengan mesin bensin ringkas (Range Extender) sebagai penambah daya jelajah sejauh 150 km. Untuk versi ini dilepas dengan harga Rp 653 jutaan. Jika dirilis di Indonesia, bisa saja harga mobil listrik BMW ini akan lebih mahal dari yang dijual di Eropa.

Akan tetapi BMW i3S bisa menjadi sarana bagi BMW Group Indonesia untuk memperkenalkan teknologi listriknya kepada konsumen di Tanah Air. Di sisi lain pabrikan-pabrikan mobil lainnya juga mulai mengambil ancang-ancang untuk memperkenalkan bahkan memasarkan kendaraan listrik di Indonesia.