Home Mobil Beda BMW Seri 8 Coupe dan M Carbon, Apa Saja?

Beda BMW Seri 8 Coupe dan M Carbon, Apa Saja?

316
0




OTONITY.com – Indonesia baru saja kedatangan BMW Seri 8 terbaru. BMW Group Indonesia menawarkan mobil baru ini dalam dua varian, yakni M850i xDrive Coupe dan M850i xDrive Coupe M Carbon. Sekilas tampilan keduanya terlihat mirip. Akan tetapi sebenarnya terdapat beberapa perbedaan di antara kedua varian mobil BMW terbaru ini. Berikut adalah pembahasan selengkapnya.

Salah satu perbedaan terlihat di sisi eksterior. BMW 8-Series M Carbon lebih memikat dengan sentuhan karbon di beberapa komponen. Misalnya bagian atap yang dibalut dengan material karbon yang kuat dan berbobot ringan.

Di samping itu fitur Air Curtain dan bilah depan juga memakai material tersebut. Berikut rumah kaca spion samping, spoiler belakang dan finisher tailpipe yang membuatnya terlihat semakin menarik. Pemakaian bahan karbon juga membuat bobot  kendaran lebih ringan namun tetap kuat.

Varian M Carbon juga dilengkapi dengan pelek berukuran 20 inci alloy dengan desain Y-Spoke style 728 M dengan warna yang berbeda. Jika varian standar mendapat sentuhan perpaduan dua warna (bicolour) Ceremium Grey, untuk model karbon mengusung warna hitam (Jet Black) sehingga membuatnya terlihat lebih memikat.

Sedangkan sisanya tidak ada perbedaan. Mobil BMW ini dilengkapi dengan fitur Active Air Stream kidney grille, yang memungkinkan udara masuk ke dalam ruang mesin secara terkontrol. Jika dibutuhkan suplai yang lebih besar, kisi-kisi BMW Seri 8 dapat membuka. Lalu kenyamanan mengemudi juga didukung dengan Adaptive M Suspension dengan peredam yang bisa diatur secara elektronik dan active roll stabilization.

Pabrikan mobil asal Jerman itu juga menyertakan BMW Operating System 7.0 yang diaplikasikan pada Control Display berukuran 10,25 inci. Sehingga pengemudi bisa lebih mudah dalam mengoperasikan perangkat karena mempunyai beberapa akses, seperti tombol di setir, iDrive Controller, layar sentuh, hingga voice control “Hey BMW!” atau BMW gesture control.

Melirik dapur pacunya, BMW Seri 8 mengandalkan mesin terbaru V8 TwinPower. Mesin 8-silinder ini memiliki kapasitas 4,4 liter dengan teknologi twin-scroll turbocharger plus Valvetronic, Double VANOs dan High Precision Injection.

Di samping itu terdapat dua turbocharger yang terdapat di dalam ruang berbentuk-V diantara silinder, sistem direct petrol injection, thermal shielding, sistem sirkulasi pendingin mutakhir, ignition system terbaru dan sistem elektronik mesin yang disempurnakan.

Berbekal mesin ini, BMW Seri 8 bisa mengeluarkan tenaga sebesar 537 PS pada putaran 5.500 rpm hingga 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 750 Nm pada rentang putaran 1.800 rpm sampai dengan 4.600 rpm. Itu artinya daya dorong sudah bisa dirasakan di putaran bawah.

Baca juga: BMW i3 Terbaru Masuk Indonesia

Jantung pacu ini ditemani dengan sistem penggerak roda BMW xDrive dan transmisi Steptronic 8-percepatan. Perpaduan tersebut bisa menghadirkan handling yang lebih maksimal sehingga BMW Seri 8 tetap stabil. Selain itu kecepatan maksimum mobil BMW terbaru ini dibatasi 250 km/jam. Sedangkan akselerasi dari 0 km/jam sampai 100 km/jam diklaim mencapai 3,7 detik.

Untuk memastikan kinerja dan ketahanan terbaik, mesin delapan silinder terbaru ini sudah melewati program pengujian menyeluruh yang meliputi semua situasi beban potensial – mulai dari fatigue test pada kecepatan idle (langsam) hingga calibration drives yang sangat ekstensif pada sirkuit Nürburgring Nordschleife.

Selain tampilan, perbedaan lain BMW Seri 8 Coupe dan M Carbon tentu saja terdapat pada segi harga. Harga BMW M850i xDrive Coupe M lebih mahal lantaran memakai material karbon di beberapa bagian. Harga mobil BMW ini mencapai Rp 3,709 miliar off the road. Lebih mahal Rp 230 juta dari versi standar. Konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan pemesanan untuk mobil ini.