Home Mobil Suzuki Jimny Direncanakan Produksi Lokal, Harga Lebih Murah?

Suzuki Jimny Direncanakan Produksi Lokal, Harga Lebih Murah?

232
0




OTONITY.com – Para pecinta mobil di Indonesia tengah menanti kehadiran Suzuki Jimny terbaru. Mobil legendaris ini seolah tak pernah kehilangan pesonanya. Dan kehadiran generasi terbaru Jimny justru membuat SUV ikonik ini semakin menggoda, tak terkecuali di Tanah Air.

Suzuki Jimny terbaru terbilang sukses menarik perhatian para penggemarnya. Dan kabar baiknya Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya membuka pemesanan mobil baru ini di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 dan juga dealer. Melihat besarnya animo masyarakat pada mobil segmen SUV ini, SIS mengaku memiliki keinginan besar untuk bisa merakit Suzuki Jimny di Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W PT SIS. “Memang kami ingin melokalisasi Jimny dan saat ini kami sedang berusaha ke arah sana. Momen salah satunya untuk meyakinkan prinsipal kami. Salah satunya pameran otomotif ini untuk menyakinkan prinsipal kalau market Jimny di Indonesia cukup banyak,” ungkapnya.

Baca juga: Model Terbaru Suzuki Ertiga Cross

Jika dirakit secara lokal, logikanya harga mobil akan lebih terjangkau dibandingkan diimpor dari luar negeri. Lantas apakah hal ini juga akan berlaku pada Suzuki Jimny versi lokal?

Ketika disinggung mengenai kemungkinan harga yang lebih terjangkau, Donny mengaku faktor penentu harga sebuah kendaraan bukan hanya terkait biaya produk. “Untuk harga itu banyak variabelnya. Sebentar lagi ada rencana untuk merevisi PP Nomor 41 masalah pajak PPnBM yang bentuknya berubah dari kubikasi kendaraan menjadi emisi karbon dan sebagainya. Kalau itu terjadi efeknya banyak, jika sebelumnya mobil 4×4 terkena pajak 30 persen, kalau base on emisi bisa lebih murah,” terangnya.

Jika memang ada perubahan dari sisi pajak, dan Suzuki Jimny benar-benar bisa diproduksi di Indonesia, Donny mengatakan kemungkinan tidak hanya dari penurunan harga yang ditawarkan namun lebih kepada fitur-fitur unggulan yang akan lebih lengkap. “Harapan kami nanti mungkin banyak pilihannya bisa lari ke harga atau penambahan fitur dan lain sebagainya, nanti tergantung respon pasar,” jelas Donny.

Meski sudah dipamerkan di Indonesia, sejauh ini Suzuki Jimny belum resmi dijual. Setelah sempat beredar bocoran spyshot mobil Suzuki terbaru ini yang sedang diuji jalan di Indonesia, juga ada bocoran soal harga yang tak kalah menarik. Nantinya Suzuki Jimny 2019 Indonesia akan ditawarkan dalam empat pilihan tipe.

Keempat tipe tersebut antara lain Jimny MT, AT, MT 2 tone dan AT two tone. Kisaran harga mobil Suzuki ini Rp 315 jutaan sampai dengan Rp 330 juta.\

Dalam bocoran informasi Suzuki Jimny juga dapat diketahui bahwa mobil ini akan dialokasikan untuk bulan Agustus dan September. Suzuki akan menawarkannya dalam 8 pilihan warna. Di antaranya White, Grey, Yellow, Chiffon Ivory, Brisk Blue, Sliky Silver, Bluish Black dan Jungle Green.

Baca juga: Suzuki Wagon R 7 Penumpang

Suzuki Jimny generasi terbaru memiliki desain yang berubah signifikan dibanding model sebelumnya. SUV berdimensi mungil ini terlihat lebih gagah dengan desain yang cenderung mengotak. Terdapat grille depan baru dengan kisi-kisi horizontal yang sudah menjadi ciri khas dari Jimny.

Di samping itu tetap hadir lampu depan bulat yang membuat karakternya terlihat kental. Tidak hanya itu, lampu ini sudah memakai LED yang lebih terang sekaligus hemat daya. Sementara sisi belakang dibuat senada dengan desain melingkar.

Mobil ini juga memiliki fitur yang mumpuni. Di antaranya Brake Limited Slip Differential yang fungsinya adalah untuk mengatur putaran ban saat kehilangan traksi. Selain itu juga ada fitur Dual Sensor Brake Support (DSBS), Lane Departure Warning, Weaving Alert Function, High Beam Assist, Hill Hold Control dan Hill Descent Control, serta Traffic sign recognition.