Home Mobil Nissan X-Trail Facelift Rilis di GIIAS 2019?

Nissan X-Trail Facelift Rilis di GIIAS 2019?

184
0




OTONITY.com – Nissan Motor Indonesia (NMI) tampaknya akan segera menghadirkan mobil baru dalam waktu dekat. Mobil tersebut adalah Nissan X-Trail facelift yang sempat tertangkap kamera saat sedang uji jalan di Indonesia. Tampilan mobil SUV ini sempat diabadikan kamera dengan plat sementara berwarna putih plus lis merah dan stiker kamuflase yang menyelimuti bodinya.

Kabar mengenai kehadiran X-Trail terbaru langsung merebak dengan cepat di media sosial. Maklum, mobil Nissan ini sudah cukup lama tidak mendapat penyegaran berarti. Di sisi lain Nissan X-Trail 2019 akan menjadi pilihan menarik bagi calon konsumen medium SUV di luar Honda CR-V.

Hanya saja pihak NMI sendiri masih bungkam soal mobil baru ini. Presiden Direktur PT NMI, Isao Sekiguchi hanya menyampaikan sedikit jawaban. Ia mengatakan NMI akan memberikan konfigurasi produk baru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Ketika disinggung mengenai foto X-Trail yang beredar di dunia maya, Sekiguchi mengatakan bahwa Nissan mempunyai pusat riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia. Oleh karenanya tes yang dilakukan dinilai wajar lantaran lantaran kebutuhan perusahaan secara global. Ia juga menyebutkan bahwa tahun ini Nissan mempunyai beberapa mobil baru yang akan diluncurkan di Indonesia.

Baca juga: Harga Nissan Terra Lebih Murah Dari Fortuner Pajero

“Tim kami di R&D tidak hanya mengerjakan mobil untuk Indonesia tapi juga untuk beberapa negara Asia. Karena itu ada kemungkinan Anda melihat mobil yang tidak untuk pasar Indonesia sedang diuji,” ujarnya.

Sedangkan soal antusiasme pasar mengenai Nissan X-Trail, Sekiguchi mengungkapkan SUV itu sudah cukup kuat tertanam di benak masyarakat Indonesia, selain Livina.

“Jadi kita cukup punya value yang bagus. Memang X-Trail meluncur pada 2014 lalu dan sudah empat tahunan. Jadi kita perlu melihat bagaimana kita bisa memperkuat X-Trail di sini,” ungkapnya.

Nissan X-Trail facelift sudah lebih dulu mengaspal di Thailand. Setelah itu mobil SUV andalan Nissan ini juga rilis di Malaysia. Hal ini sudah cukup menjadi sinyal kuat mengenai hadirnya X-Trail terbaru di Indonesia. Bisa jadi memang benar di GIIAS 2019 nanti model ini resmi dirilis.

Ubahan Nissan X-Trail 2019 tampak fokus pada sektor front end. Nissan menyematkan grille baru yang sudah mengadopsi V-Motion khas Nissan dengan ukuran yang lebih besar. Di samping itu tampilan sporty dan agresif tampak kental pada bawah bumper lewat lekukan-lekukan tegas.

Kini housing foglamp juga tidak didesain bulat lagi melainkan berbentuk jajar genjang terbalik. Sedangkan airdam di bumper bawah didesain lebih tipis dengan dua bilah horizontal, tak lagi berupa jaring-jaring berlubang-lubang.

Nissan X-Trail terbau diketahui sudah tercatat di Permendagri No. 14 tahun 2019. Mobil SUV ini sepertiny akan hadir dalam 3 varian baru. Saat ini yang terdaftar di situs resmi Samsat DKI Jakarta ada 3 varian, antara lain yaitu 2.0 MT, 2.0 AT, dan 2.5 AT. Sementara di daftar Permendagri ada 3 tipe lagi, yakni 2.5 High CVT AT, 2.5 MID AT, dan 2.5 Upper AT.

Di samping itu juga tertera Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dari mobil Nissan ini. Untuk tipe 2.5 Mid AT mencapai Rp 354 juta, lalu 2.5 High AT Rp 382 juta dan 2.5 Upper AT menembus angka Rp 412 juta.

Untuk diketahui, Nissan -Trail 2.0 MT mempunyai NJKB Rp 327 juta. Sedangkan harga jualnya Rp 421 juta OTR Jabodetabek. Itu artinya harga jual mobil tersebut 130% dari NJKB. Berdasarkan patokan tersebut, harga Nissan X-Trail 2.5 Mid AT diprediksi mencapai Rp460 jutaan, 2.5 High AT Rp496 jutaan, dan 2.5 Upper AT Rp535 jutaan.