Home Mobil Toyota Glanza vs Suzuki Baleno, Ini Perbedaannya

Toyota Glanza vs Suzuki Baleno, Ini Perbedaannya

392
0

OTONITY.com – Belakangan ini Toyota menarik perhatian pecinta roda empat lantaran menghadirkan mobil baru yang unik. Mobil tersebut adalah Toyota Glanza. Yang membuatnya menarik, mobil Toyota terbaru ini mengadopsi model Suzuki Baleno Hatchback. Walaupun demikian terdapat beberapa perbedaan yang membuatnya tak sama persis dengan Baleno.

Di sisi eksterior cukup sulit untuk membedakan kedua mobil hatchback ini lantaran tampilannya terbilang mirip. Sebagian besar elemen visual pada dua mobil ini sama. Meliputi lampu depan LED dengan DRL, lampu kabut bundar, roda alloy diamond cut 16 inci dan lampu belakang LED.

Menurut laman Indianautosblog, satu-satunya perbedaan Toyota Glanza dan Suzuki Baleno adalah grille depan krom 3D dua garis. Toyota menawarkan Glanza dalam 5 varian warna, yakni Cafe White, Sportin ‘Red, Insta Blue, Gaming Grey dan Enticing Silver. Sementara Maruti Baleno memiliki enam warna, antara lain Nexa Blue, Premium Silver, Phoenix Red, Magma Grey, Arctic White dan Fire Red.

Di sisi interior pun juga terbilang sama persis, baik Baleno maupun Glanza. Satu-satunya perbedaan adalah adanya logo Toyota yang disematkan di beberapa bagian interior Glanza. Sementara panel instrumen, konsol tengah, roda kemudi, dasbor, konsol lantai, lapisan kulit dan bagian lainnya mengusung desain yang sama.

Akan tetapi Toyota Kirloskar Motor (TKM) mengganti nama sistem infotainment dari Baleno SmartPlay Studio menjadi Smart Playcast. Toyota Glanza dijual dalam dua tipe, yaitu G dan V. Lain halnya dengan Baleno yang punya empat trim, yakni Sigma, Delta, Zeta dan Alpha.

Untuk diketahui, tipe G dan V milik Glanza merupakan kembaran dari tipe Zeta dan Alpha dari Balen. Keduanya memiliki fitur keselamatan yang mumpuni. Mulai dari ABS dengan EBD dan BA, dual airbag, kursi anak-anak dengan standar ISOFIX, kamera parkir mundur, sensor parkir mundur dan sistem peringatan batas kecepatan.

Toyota Glanza memiliki dua opsi mesin bensin empat silinder BS-VI berkapasitas 1.2 liter diambil dari Baleno. Untuk versi pertama memiliki tenaga sebesar 61 kW (82,9 PS) dan torsi 113 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda lewat transmisi manual 5-percepatan atau CVT. Catatan efisiensi mesin ini diklaim mencapai 21,03 km per liter untuk versi manual dan 19,56 km per liter untuk transmisi CVT.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Glanza

Sementara versi kedua memiliki daya puncak 66 kW (89,7 PS) dan 113 Nm torsi, dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan. Mesin ini dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai Lithium-ion dan baterai Lead Acid.

Elektrifikasi tersebut akan memberikan tambahan torsi sehingga konsumsi BBM bisa lebih efisien. Penghematan bahan bakar yang dihasilkan oleh mesin tersebut mencapai 23,87 km per liter.

Suzuki Baleno juga memiliki dua opsi mesin BS-IV. Untuk versi pertama bermesin diesel 1,3 liter turbocharged dengan tenaga sebesar 55,2 kW (75 PS) pada 4.000 rpm dan torsi 190 Nm pada 2.000 rpm. Sedangkan mesin kedua memakai mesin berkapasitas 1,0 liter dengan dukungan peranti turbocharged. Mesin ini memiliki tenaga 72 kW (97,8 PS) dan torsi 150 Nm pada 1.700-4.500 rpm.

Kedua mesin di atas mengandalkan transmisi manual 5-percepatan. Untuk versi mesin diesel memiliki catatan konsumsi BBM 27,39 km per liter. Lalu untuk versi mesin bensin 21,1 km per liter.

Harga Toyota Glanza di India mulai dari 721 ribu rupee atau sekitar 148 juta hingga 890 ribu rupee atau Rp 183 jutaan. Lebih tinggi dari harga Maruti Baleno yang berkisar 550 ribu rupee atau sekitar Rp 114 juta hingga 873 ribu rupee atau sekitar Rp 179 juta.