Home Motor Motor Matik Detail Suzuki Burgman Street 125 yang Hadir di JFK 2019

Detail Suzuki Burgman Street 125 yang Hadir di JFK 2019

476
0

OTONITY.com – Di ajang Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019 Suzuki Indomobil Sales (SIS) memamerkan motor terbarunya, Suzuki Burgman Street 125. Motor matic ini terbilang menarik lantaran merupakan model Burgman dengan kapasitas mesin terkecil, yakni hanya 125 cc.

Kehadiran Suzuki Burgman Street 125 ini hanya untuk tes pasar saja. Akan tetapi hal tersebut bisa menjadi bukti bahwa Suzuki mulai tertarik untuk ikut bermain di segmen skuter matik bongsor. Di segmen ini sudah ada pemain lama Honda Vario 125 dan juga Yamaha Lexi dan FreeGo. Ketiga motor ini mencatat penjualan yang terbilang menggiurkan. Mungkin hal itu jugalah yang membuat Suzuki tertarik untuk menghadirkan motor matic serupa.

Banggas F Pardede, Market Relation Section PT I menerangkan bahwa pasar di segmen itu bertumbuh. Akan tetapi yang menjadi pertimbangan Suzuki Indonesia apakah saat ini menjadi waktu yang tepat bagi Burgman Street 125 untuk hadir? Sebab ada beberapa faktor yang perlu diperhitungkan sebelum memasukkan motor baru di Tanah Air.

Kini kita bahas detail seputar Suzuki Burgman Street 125. Motor Suzuki ini memiliki ciri khas keluarga Burgman. Untuk diketahui, model Burgman saat ini tersedia dalam versi mesin 650 cc, 400 cc dan 200 cc yang versi lamanya pernah dipasarkan di Indonesia.

Desain motor Suzuki terbaru ini terbilang menarik. Hal ini bisa menjadi modal awal yang baik untuk melawan skutik bongsor lainnya. Sedangkan tawaran fitur motor ini juga tak kalah memikat. Sudah hadir lampu depan LED, pijakan kaki selonjoran hingga tameng angin di bagian depan.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen zaman sekarang, Suzuki Burgman Street 125 juga sudah dilengkapi dengan soket 12 volt yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya ponsel pintar dan perangkat elektronik lainnya. Colokan ini diletakkan di laci depan kiri dengan posisi yang aman.

Akan tetapi ada satu kekurangan dari motor ini, yakni absennya kunci keyless. Instrument cluster sudah digital, meski belum disertai informasi rpm.

Motor matic ini dibekali dengan suspensi teleskopik di bagian depan. Sedangkan bagian belakang mengandalkan suspensi monoshock tipe swingarm. Sayangnya sektor kaki-kaki berukuran kecil, serupa dengan Access 125.

Di bagian depan disematkan pelek berukuran 12 inci dengan ban berukuran 90/90. Sedangkan bagian belakang 10 inci dengan ban 90/100. Pemilihan pelek yang kecil ini membuat tampilan Burgman Street 125 kurang proporsional. Sebab bodinya terlihat lebih besar dari rodanya.

Baca juga: Harga Motor Yamaha NMAX

Untuk diketahui, dimensi Suzuki Burgman Street 125 terbilang besar. Panjangnya mencapai 1.884 mm, lebar 611 mm dan tinggi 1.163 mm. Jarak sumbu rodanya 1.265 mm dengan ground clearance 160 mm. Sementara bobotnya hanya mencapai 110 kg. Tangki bahan bakar yang disematkan pada motor ini memiliki kapasitas 5,6 liter. Lebih kecil dari Yamaha Lexi.

Melirik sektor dapur pacu, Suzuki Burgman Street 125 dibekali dengan mesin satu silinder berkapasitas 124,3 cc SOHC, 2 valve. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 8,7 PS pada putaran 7.000 rpm dengan torsi puncak 10,2 Nm. Untuk sistem pengabutan masih memakai karburator. Hal ini menjadi kekurangan lain dari motor Suzuki itu. Sebab umumnya motor matic di Indonesia sudah mengadopsi sistem injeksi.

Cukup disayangkan jika kehadiran Suzuki Burgman Street 125 hanya sebatas melihat respons pasar. Akan tetapi hal ini bisa menjadi momen bagi Suzuki untuk mendapat masukan dari konsumen di Tanah Air. Semoga jika rilis di Indonesia nanti motor ini akan membawa spesifikasi yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.