Home Mobil Detail 5 Varian Daihatsu Xenia, Pilih Sesuai Kebutuhan

Detail 5 Varian Daihatsu Xenia, Pilih Sesuai Kebutuhan

422
0

OTONITY.com – Daihatsu Xenia yang hadir di Indonesia tersedia dalam banyak pilihan. Ada sekitar 5 varian yang bisa dipilih. Masing-masing dibagi lagi dalam dua versi transmisi. Selain itu setiap tipe mobil MPV Daihatsu ini memiliki kelengkapan yang berbeda-beda.

Karena pilihan yang cukup beragam, tak heran bila calon konsumen bisa kebingungan untuk menentukan mana pilihan yang terbaik. Oleh karena itu berikut akan kami jelaskan detail masing-masing varian Daihatsu Xenia yang bisa menjadi acuan.

Daihatsu Xenia 1.3 X

Varian ini menjadi trim terendah dengan dua pilihan transmisi. Untuk versi manual dibanderol Rp 186,650 juta, lalu harga Daihatsu Xenia 1.3 X transmisi otomatis konvensional mencapai Rp 197,550 juta.

Meski merupakan varian terendah, tampilannya terlihat cukup menarik. Sisi pelek mengusung alloy berukuran 14 inci, bukan pelek steel atau kaleng. Daihatsu Xenia 1.3 X juga dilengkapi dengan sistem pencahayaan LED.

Sistem multimedia sudah memakai layar sentuh 2-DIN. Selain itu mobil MPV ini juga dilengkapi dengan fitur AC digital, serta power outlet baris depan dan kedua yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya gadget.

Fitur keselamatan yang disematkan juga terbilang menarik. Mobil Daihatsu ini sudah dilengkapi dengan fitur dual SRS airbags, safety belt dengan pretensioner dan force limiter, pengingat safety belt pengemudi, side impact beam, power window jam protection, child safety lock, pengunci pintu otomatis berdasar sensor kecepatan wiper belakang otomatis, sensor parkir belakang dan Anti-locking Brake System (ABS).

Baca juga: Toyota Avanza Bekas Paling Diburu Orang

Tidak hanya itu saja, Xenia 1.3 X juga memiliki bagasi yang luas dapat diperluas dengan melipat baris ketiga yang mengusung konfigurasi 50:50. Juga terdapat kompartemen yang cukup banyak. Di antaranya glove box, kotak konsol depan, center console box dengan penahan tangan, door pocket baris pertama dan kedua.

Untuk urusan performa, Daihatsu Xenia 1.3 X mengandalkan mesin 1NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.329 cc. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 9,75 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 120 N pada putaran 4.200 rpm.

Daihatsu Xenia 1.3 X Deluxe

Tipe ini bisa menjadi jawaban untuk konsumen yang ingin mendapat model lebih menarik dari tipe 1.3 X. Perbedaan dengan varian bawahnya terletak pada sisi eksteriornya yang terlihat lebih gagah berkat penyematan front bumper aerokit. Selain itu juga terdapat  Chrome Window Graphic dan Side Body Moulding serta Side Skirt. Spion samping juga diberi lampu sein LED.

Daihatsu menyematkan spoiler yang dipadukan dengan High Mount Stop Lamp pada mobil ini. Harga Daihatsu 1.3 X Deluxe transmisi manual mencapai Rp 198,6 juta dan Rp 210,450 juta untuk versi otomatis.

Daihatsu Xenia 1.3 R

Dibandingkan dengan tipe 1.3 X, perbedaan terdapat pada pelek. Palang pelek Xenia 1.3 R lebih tebal. Selain itu juga terdapat spoiler di bagian belakang. Untuk spion belum dilengkapi lampu sein LED, namun dapat dilipat secara otomatis lewat tombol di dalam.

Di sisi interior tipe ini memiliki fitur yang lebih banyak. Alhasil kenyamanan selama perjalanan menjadi lebih baik untuk semua penumpang. Terdapat layar sentuh 2-DIN dengan konektivitas bluetooth dan USB. Selain itu juga terdapat empat speaker biasa dan dua tweeter.

Setir kemudi dapat diatur naik-turun (tilt) yang akan memudahkan pengemudi untuk mendapat posisi berkendara yang ideal. Selain itu setir mobil Daihatsu ini juga terdapat tombol fungsi untuk mengontrol head unit. Instrumen tipe ini juga lebih informatif. Sebab Daihatsu menyematkan Multi Information Display (MID) dan ECO Indicator.

Untuk fitur keselamatan dan keamanan ada tambahan immobilizer. Mobil ini juga memiliki kompartemen yang lebih memadai. Sebab Daihatsu Xenia 1.3 X Deluxe memiliki kantung di belakang jok, cupholder dan kotak penyimpanan di baris ketiga. Harga Xenia tipe 1.3 R MT mencapai Rp 196,450 juta dan tipe otomatis Rp 207,350 juta.

Daihatsu Xenia 1.3 R Deluxe

Tipe ini menawarkan Fitur yang sedikit lebih banyak dari varian sebelumnya. Eksteriornya mirip dengan tipe 1.3 X Deluxe. Hanya saja pelek mobil ini memiliki palang yang lebih tebal. Selain itu spionnya dilengkapi dengan lampu sein dan dapat dilipat secara elektrik. Fitur tipe ini sama seperti 1.3 R, namun ditambah dengan sensor depan. Versi MT dipatok Rp 208,250 juta dan AT mencapai Rp 219,250 juta.

Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe

Xenia 1.5 R Deluxe menjadi varian tertinggi. Versi transmisi manual dibanderol Rp 218,050 juta. Sedangkan harga Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe AT mencapai Rp 228,950 juta.

Perbedaan mencolok terdapat pada sektor performa. Mobil Daihatsu ini mengandalkan mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc. Mesin ini memiliki tenaga puncak 104 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 136 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Fitur dan tampilannya sangat mirip dengan tipe 1.3 R Deluxe. Hanya saja desain peleknya berbeda. Pelek 1.5 R Deluxe terlihat lebih mewah dengan perpaduan dua warna hitam dan krom polished. Sementara fitur keamanan dilengkapi dengan Electronic Brake Distribution (EBD).

Itulah detail 5 varian Daihatsu Xenia yang beredar di pasaran. Mengenai mana yang terbaik, tentu kembali ke selera dan kebutuhan masing-masing konsumen.