Home Mobil Unit Suzuki Jimny Terbatas, Cuma 6 Unit Per Dealer

Unit Suzuki Jimny Terbatas, Cuma 6 Unit Per Dealer

216
0

OTONITY.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diketahui tengah menyiapkan mobil baru untuk hadir di Indonesia. Mobil tersebut tidak lain adalah SUV legendaris, Suzuki Jimny yang kabarnya akan hadir pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 mendatang.

Mobil ini sebelumnya sempat dipamerkan di beberapa pameran otomotif di Tanah Air. Yang terakhir mobil ini meramaikan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Bahkan di pameran tersebut Suzuki sudah membuka pemesanan.

Meski belum ada informasi resmi, harga Suzuki Jimny 2019 Indonesia mencapai Rp 300 jutaan. Sebenarnya banderol tersebut tidak bisa dibilang murah. Mengingat mobil Suzuki ini adalah jip berdimensi kompak yang memakai mesin 1.500 cc berkode K15B. Akan tetapi harga mobil Suzuki terbaru ini masih bisa diterima karena statusnya sebagai kendaraan hobbies.

Hanya saja ada sedikit kabar yang kurang sedap. Menurut informasi yang beredar, unit Suzuki Jimny terbaru terbatas. Hal ini disampaikan oleh salah satu Sales Executive diler mobil Suzuki di Jakarta Timur. Menurut informasi dari laman Detik, ia mengatakan setiap diler resmi dibatasi unitnya, maksimal 6 unit untuk pengiriman pertama.

Baca juga: Suzuki Jimny Diproduksi Lokal, Harga Lebih Murah

Lantaran ketersediaan unit yang terbatas, ia menyarankan supaya konsumen yang ingin membeli Suzuki Jimny ini untuk segera melakukan booking fee terlebih dahulu supaya bisa segera mendapatkan unitnya saat proses distribusi dimulai.

“Karena memang cukup banyak konsumen yang minat. Ini saja sudah ada lima orang yang bayar booking fee (untuk Jimny),” ungkapnya.

Booking fee dibutuhkan sebagai bentuk keseriusan konsumen dalam membeli mobil tersebut. Jadi setelah calon pembeli membayar booking fee Rp 1 juta, konsumen langsung masuk daftar konsumen yang akan mendapat Suzuki Jimny pada batch pertama.

Saat unit tiba di diler, konsumen tinggal memilih warna dan akan mendapatkan nomor rangka. Sesudah itu transaksi bisa dilanjutkan, ingin cash atau kredit. Bila memesan Suzuki Jimny sekarang, unit mobil akan tiba ke konsumen dalam 2 sampai 3 bulan mendatang atau sekitar Agustus-September 2019.

Di sisi lain, baru-baru ini beredar rumor bahwa Suzuki Jimny terbaru sudah habis terpesan. Padahal belum resmi dirilis dan harga resminya belum diumumkan. Benar kah demikian?

“Jumlah pesanan belum kita rekap. Lagipula itu dilakukan secara mandiri oleh diler,” jelas Harold Donnel, Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Harold tidak membantah bahwa Suzuki Jimny memiliki banyak peminat. “Dari info yang beredar di lapangan iya, tanda jadi gitu ya. Tapi keran pesanannya bukan dari SIS (Suzuki Indomobil Sales) ya, itu masih inisiatif diler,” jelasnya.

Sejak dirilis pertama kali pada Juli 2018, Suzuki Jimny generasi terbaru banyak diminati oleh berbagai negara. Bahkan tidak sedikit pula konsumen yang harus bersabar lantaran menanti anteran panjang. Tidak hanya itu, pemesanan Suzuki Jimny di Inggris bahkan juga sempat dibatasi lantaran diler Suzuki di sana kewalahan menerima pesanan.

Suzuki Jimny terbaru sejauh ini hanya diproduksi di pabrik milik Suzuki yang berada di Jepang. Walaupun permintaan besar, Suzuki enggan memasok Jimny dari fasilitas yang dimilikinya di beberapa negara.

Hanya saja belum lama ini beredar info bahwa Suzuki berencana memproduksi Jimny di India. Negara ini akan menjadi negara kedua setelah Jepang yang memproduksi Jimny terbaru.

Sebenarnya juga sempat disampaikan bahwa Suzuki Indonesia berencana mengajukan ke prinsipal Jepang untuk memproduksi Suzuki Jimny di fasilitas produk mereka yang ada di Indonesia.

Akan tetapi berdasarkan informasi Indianautosblog, Maruti Suzuki India mulai memproduksi Jimny pada 2020 mendatang. Dan seluruh produk Jimny di India akan memenuhi kebutuhan global di beberapa negara. Mengenai rencana kehadiran Suzuki Jimny ke Indonesia, bisa jadi unit yang akan hadir di Indonesia merupakan buatan pabrik Suzuki di Ahmedabad, Gujarat, India.

Suzuki Jimny terbaru mengandalkan mesin K15B berkapasitas 1,5 liter. Mesin yang mengusung konfigurasi empat silinder ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 75 kW atau 102 PS pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncakknya menembus angka 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Tenaga tersebut diteruskan ke sektor roda lewat transmisi manual 5-percepatan atau gearbox otomatis 4-percepatan.