Home Mobil Detail Spesifikasi Nissan Livina VE 2019

Detail Spesifikasi Nissan Livina VE 2019

455
0

OTONITY.com – Nissan Motor Indonesia (NMI) telah menghadirkan Livina. Mobil MPV andalan Nissan ini memiliki cukup banyak varian, dari varian paling standar sampai yang paling mewah. Dari beberapa varian tersebut, Livina tipe VE bisa dibilang cukup menarik perhatian. Harga Nissan Livina VE mencapai Rp 249,9 juta, lebih murah Rp 12 juta dari VL yang menjadi varian termahal.

Lalu apa saja tawaran mobil Nissan ini? Berikut adalah detail selengkapnya.

Meski selisih harga cukup besar, Nissan Livina VE ternyata mirip dengan varian tertinggi. Untuk urusan performa mobil MPV ini mengandalkan mesin berkapasitas 1,5 liter DOHC dengan konfigurasi empat silinder segaris.

Mesin ini dibekali dengan teknologi Variable-valve Timing Control (VTC). Teknologi ini merupakan sistem buka tutup katup supaya efisiensi performa dan konsumsi bahan bakar bisa terjaga.

Menurut data teknis, mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada putaran 4.000 rpm. Sedangkan untuk transmisinya hanya tersedia dalam opsi otomatis empat percepatan.

Di sisi eksterior, Nissan Livina VE tampil dengan dominasi aksesori sewarna bodi dan hitam. Seperti lips bumper depan, diffuser belakang dan side skirt yang diberi warna hitam dengan finishing matte. Sedangkan bingkai kaca samping juga dibalut warna hitam, bukan kromium seperti saudaranya. Sementara handle pintu dan spion memiliki warna senada dengan bodi.

Nissan Livina VE diusung headlamp LED, DRL, foglamp, stoplamp dan lampu mundur yang juga sudah LED. Sementara sektor roda tampil menarik dengan pelek palang yang dilabur kombinasi silver dan hitam. Untuk ban berukuran 205/55 R16.

Berpindah ke sisi interior, perbedaan mencolok antara varian VE dan VL adalah tidak hadirnya keyless entry pada tipe VE. Model ini mengusung sistem konvensional dengan remote dan anak kunci. Jadi tidak ada tombol start/stop engine pada varian ini. Selain itu layar MID mobil Nissan ini masih memakai display monochrome. Akan tetapi informasi yang tersaji tetap lengkap.

Baca juga: Harga Mitsubishi Xpander Terbaru 2019 Naik Lagi

Nissan Livina VE memiliki kabin yang khas perpaduan warna hitam dan aksen coklat tua. Tampilan ini terlihat di bagian dashboard, panel pintu, jok dan beberapa titik lainnya. Di bagian jok dibalut bahan fabric warna coklat dan dihiasi jahitan putih di setiap sisi. Lalu juga ada motif khusus di bagian tengah.

Alhasil ada kesan mewah yang ditawarkan di dalam kabin sekalipun tidak memakai bahan kulit. Juga terdapat panel kayu gelap dengan finishing glossy di dashboard dan door trim yang membuat interior mobil menjadi semakin mewah.

Akomodasi semua varian Nissan Livina sama. Mobil ini mempunyai tujuh kursi penumpang yang bisa diduduki dengan nyaman. Juga terdapat laci di kolong jok depan, belakang dan juga di bawah separator bagasi. Selain itu ada cup holder hingga baris ketiga. Pelipatan kursi rata lantai juga dapat dilakukan untuk memudahkan akses masuk barang.

Untuk pengemudi, ada beragam fitur yang siap menemani perjalanan. Seperti pengaturan jok yang dapat disesuaikan dengan banyak sudut. Selain itu ada pengaturan tilt dan teleskopik pada setir kemudi untuk memperoleh posisi berkendara yang ergonomis.

Tombol-tombol yang disematkan pada palang setir juga akan memudahkan pengemudi melakukan kontrol tanpa perlu melepas tangan dari setir. Pengemudi bisa mengoperasikan head unit, bluetooth hands free phone dan voice command untuk menjaga fokus pengemudi.

Sistem hiburan yang disematkan pada mobil ini juga cukup lengkap. Hadir head unit touch screen berukuran 7 inci. Fitur yang tersemat antara lain pemutar musik, radio, USB, Bluetooth dan dukungan konektivitas smartphone atau Apple Carplay dan Android Auto.

Nissan menyematkan empat buah speaker dengan kualitas suara yang terbilang jernih. Tidak cukup hanya itu, Nissan Livina VE juga memiliki tiga titik power outlet 12V yang tersebar di setiap baris. Sehingga penumpang bisa mengisi daya gadget selama perjalanan. Hanya saja Anda perlu tambahan konektor untuk bisa memanfaatkan fitur ini.

Fitur keamanan yang hadir pada mobil Nissan ini juga cukup lengkap. Hadir sistem Vehicle Dynamic Control (VDC) pada mobil ini. VDC akan menjaga mobil tetap stabil saat bermanuver. Selain itu juga hadir fitur Traction Control System (TCS) yang mengontrol traksi ban supaya tidak terjadi slip ketika menginjak gas dalam ataupun berakselerasi.

Fitur Hill Start Assist (HSA) juga turut hadir untuk menjaga mobil tetap berhenti saat di tanjakan. Fitur ini bermanfaat saat kaki pengemudi pindah dari pedal rem ke pedal gas. Alhasil mobil tidak akan merosot ke belakang.

Fitur keamanan lain yang disematkan pada mobil ini adalah dua SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Livina VE juga memiliki seatbelt 3 titik untuk seluruh penumpang. Sistem pengereman memiliki fitur ABS dan EBD yang menjadi standar sehingga pengereman bisa lebih optimal dan menghindari ban terkunci. Saat pengereman mendadak, lampu hazard akan otomatis menyala untuk memberikan sinyal ke pengemudi lain di belakang.