Home Motor Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX 230R 2019 Indonesia

Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX 230R 2019 Indonesia

428
0

OTONITY.com – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kembali menghadirkan motor baru, yakni KLX 230R. Motor ini bisa dibilang merupakan versi offroad dari KLX 230 yang dirilis pada Mei kemarin. Maka dari itu tidak ada peranti standar seperti halnya motor yang beredar di jalan raya. KLX 230R dirilis khusus untuk pecinta offroad yang gemar melibas medan berat.

Melirik tampilannya, Kawasaki KLX 230R mengacu pada Kawasaki KX motocross yang gesit. Bagian headlamp tertutup cover tipis seperti pada Kawasaki KX Series. Selain itu tidak terdapat kelengkapan lalu lintas seperti lampu sein, kaca spion maupun dudukan plat nomor. Untuk bagian dashboard atau stang tampil apa adanya tanpa speedometer.

Melirik dapur pacunya, tidak ada yang berbeda antara KLX 230R dan KLX 230. Motor Kawasaki terbaru ini mengandalkan mesin injeksi satu silinder SOHC, 2 katup, berpendingin udara. Diameter dan langkahnya mencapai 67 x 66 mm dengan rasio kompresi 9,4:1.

Akan tetapi tenaganya justru lebih besar dari KLX 230. Bila versi jalan raya memiliki output daya sebesar 19 PS dengan torsi 19,8 Nm, sementara versi offroad bisa mencapai 20 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi maksimum 20,6 Nm pada 6.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang lewat transmisi manual 6-percepatan. Berbekal performa ini Kawasaki KLX 230R dapat menghadapi berbagai medan dan menawarkan sensasi berkendara yang baik.

Tidak hanya itu, Kawasaki juga menyematkan All-new perimeter frame yang bisa memberikan kestabilan handling. Untuk bagian depan menggunakan suspensi telescopic fork dan bagian belakang new uni track swingarm berbahan aluminium. Bobot motor ini hanya 115 kg dengan ground clearance 300 mm.

Di sektor roda Kawasaki menyematkan ban ‘tahu’ dengan ukuran 80/100-21 51M di bagian depan dan 100/100-18 59M di bagian belakang. Sementara sistem pengereman mengandalkan single disc berdiameter 213 mm di depan dan single disc berdiameter 186 mm di sisi belakang.

Layaknya dirt bike, Kawasaki KLX 230R memiliki suspensi panjang bagian depan yang mencapai 250 mm dengan diameter as 37 mm. Sehingga mampu meredam jalanan bergelombang dan bisa dengan mudah menghindari bebatuan.

Motor Kawasaki ini juga memiliki fitur elektrik start yang memudahkan pengendara saat menghidupkan motor. Juga terdapat tombol untuk mematikan mesin yang diletakkan di bagian kiri stang. Untuk menghadirkan daya jelajah yang jauh, KLX 230R dilengkapi tangki bahan bakar berkapasitas 6,6 liter.

Baca juga: Modifikasi Kawasaki KLX 150 dan Dtracker

Mesin dan rangka motor trail ini didesain selaras, sehingga dapat meminimalisir tinggi mesin dan jok menjadi rendah. Desain jok rata dengan tangki akan membuat pengendara lebih leluasa untuk bergerak maupun berpindah posisi. Tidak hanya itu, untuk kenyamanan jok motor ini juga dibuat lebih lebar dan tebal.

Secara keseluruhan Kawasaki KLX 230R lebih bertenaga, ringan dan mudah bermanuver. Sehingga motor trail Kawasaki ini ideal untuk offroad adventure.

Tertarik membeli motor baru Kawasaki ini? Harga Kawasaki KLX 230R di Indonesia mencapai Rp 48,9 juta OTR Jabodetabekser. Lebih tinggi dari tipe SE yang dipatok Rp 44,9 juta. Sayangnya Kawasaki KLX 230R hanya ditawarkan dalam satu opsi warna saja, yakni Lime Green. Padahal pada versi jalan raya ada tiga pilihan warna. Berminat untuk membeli motor trail Kawasaki ini?