Home Mobil Renault Triber 2019 Resmi Meluncur, Tantang Avanza dan Calya

Renault Triber 2019 Resmi Meluncur, Tantang Avanza dan Calya

2315
0

OTONITY.com – Panasnya persaingan di segmen Low MPV membuat beberapa merek tertarik untuk menghadirkan LMPV buatannya. Seperti Renault yang sebelum-sebelumnya dikabarkan segera menghadirkan mobil keluarga baru. Akhirnya mobil baru ini resmi diperkenalkan ke hadapan publik.

Mobil yang mengusung nama Renault Triber ini hadir dengan konfigurasi tujuh penumpang. Sudah pasti mobil Renault terbaru ini akan berhadapan dengan rival lain seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia ataupun Suzuki Ertiga.

Menurut Financialexpress, Renault Triber dirancang dengan memanfaatkan platform modular CMF-A. Platform ini sendiri juga dipakai Renault Kwid dan Datsun RediGo.

Renault Triber sebenarnya merupakan MPV 5+2 kursi. Kursi baris ketiganya dapat dilepas sehingga dapat menambah ruang tambahan di kompartemen bagasi. Melihat dimensinya, Renault Triber memiliki panjang 3.990 mm, lebar 1.739 mm dan tinggi 1.643 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 2.636 mm, dengan ground clearance 182 yang diklaim lebih tinggi dari Datsun GO+.

Mobil Renault terbaru ini menawarkan desain eksterior yang sama seperti mobil Renault terbaru saat ini. Seperti Captur, Kadjar dan Koleos. Sisi depan dihiasi dengan grille tebal dan lencana Renault berukuran cukup besar di bagian tengah.

Lampu utama sudah memakai LED dengan Daytime Running Light (DRL) yang berada rendah di bumper depan. Selain itu juga ada sentuhan desain SUV lewat tambahan roof rail yang membuatnya menjadi lebih memikat.

Baca juga: Tempat Servis Mobil Renault

Bagian belakang terdapat sentuhan sederhana dengan dua lampu memanjang yang diikuti desain bumper yang sedikit menonjol. Lalu di sektor kaki-kaki terdapat pelek berukuran 15 inci dengan sentuhan aksen silver.

Di bagian interior dasbor Triber terlihat minimalis dengan garis desain lurus. Meskipun tampilannya sederhana, dasbor mobil MPV ini terlihat cukup ergonomis, apalagi sudah hadir head unit layar sentuh 8 inci yang terhubung dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Daya tarik lain juga terdapat pada hadirnya fitur keyless. Sehingga pengalaman berkendara akan lebih mudah lantaran pengemudi tidak memerlukan anak kunci lagi ketika ingin menghidupkan mesin mobil. Juga terdapat tombol push start/stop untuk menghidupkan maupun mematikan mesin.

Sedangkan untuk keamanan disematkan empat buah airbag, sensor parkir dan sistem peringatan batas kecepatan. Untuk varian lebih tinggi ada fitur kamera mundur dan tambahan dua airbag.

Khusus baris kedua terdapat fitur reclining dan fungsi split folding. Terdapat empat mode yang disertakan, yaitu Life (untuk lima penumpang), Surf (empat penumpang), Tribe (tujuh penumpang), dan Camp (dua penumpang).

Untuk baris ketiga terdapat ventilasi AC, armrest dan soket untuk mengisi daya gadget. Baris ketiga ini juga dapat dilipas untuk menambah kapasitas bagasi menjadi 625 liter.

Untuk urusan performa, Renault membenamkan mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1,0 liter. Jantung pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 72 tenaga kuda dengan torsi mencapai 96 Nm. Mesin ini sama seperti yang dipakai Renault Clio dan Dacia Sandero.

Bobot mobil ini sendiri mencapai 947 kg atau lebih berat 200 kg dari Kwid. Sehingga Triber memiliki rasio tenaga terhadap berat 76 hp per ton. Lebih rendah dari Kwid yang mempunyai rasio 97 hp per ton. Artinya Renault Triber tampaknya memerlukan tenaga yang lebih besar.

Baca juga: Detail Perubahan Renault Koleos Terbaru 2019

Sistem perpindahan gigi atau transmisi Renault Triber disediakan dalam dua versi, yakni manual 5-percepatan dan AMT 5-percepatan.

Di India MPV Renault terbaru ini akan resmi dijual mulai Juli mendatang. Harga Renault Triber di sana mulai 530 ribu rupee atau sekitar Rp 108,5 jutaan.

Kabar baiknya mobil baru Renault ini juga akan dipasarkan di Indonesia. Peluncurannya akan dilakukan sebulan setelah India. Menurut informasi dari PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), mobil ini akan diperkenalkan pada Juli mendatang bertepatan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Walaupun sudah dibocorkan kapan peluncuran mobil baru ini, Sayangnya Renault Indonesia masih enggan membocorkan fitur-fitur dan spesifikasi yang dibawa Triber. Hanya saja disebutkan bahwa spesifikasi dan fitur tidak berbeda. Bahkan justru lebih bagus.

“Spesifikasi, fitur enggak ada perbedaan. Malah kalau bisa lebih bagus. Kami juga menginginkan sesuatu yang lebih baik,” jelas Chief Operating Officer MRI, Davy J Tuilan.

Melihat spesifikasi yang ditawarkan, mobil ini bisa menantang MPV di kelas LCGC seperti Datsun GO+, Toyota Calya maupun Sigra. Bisa saja nantinya MRI akan menghadirkan Renault Triber dengan mesin yang lebih bertenaga. Sebab tenaga mesin 1,0 liter dinilai terlalu kecil untuk pasar Indonesia. Kita lihat saja nanti.