Home Mobil Spyshot Nissan X-Trail Versi Amerika, Apa yang Baru?

Spyshot Nissan X-Trail Versi Amerika, Apa yang Baru?

386
0

OTONITY.com – Informasi hangat berhembus dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Sebuah mobil asing berjubah kamuflase tertangkap kamera saat sedang berkeliaran di jalanan Farmington Hills, Michigan, Amerika Serikat. Beberapa media setempat meyakini bahwa mobil baru tersebut tidak lain adalah Nissan Rogue. Mobil ini sebenarnya adalah X-Trail versi AS dan Kanada.

Ubahan yang diberikan pada mobil Nissan terbaru ini tampak menarik. Kesan SUV semakin kental dengan desain yang sedikit mengotak nan gagah. Sehingga mengingatkan kembali dengan X-Trail generasi pertama dan kedua. Inspirasi mobil ini tampaknya bersumber dari Nissan Xmotion yang sempat dipamerkan di NAIAS 2018.

Nissan X-Trail ini terlihat membawa bahasa desain terbaru mulai 2020. Sayangnya cukup sulit untuk menebak seperti apa desain SUV Nissan ini. Pasalnya Nissan mengaplikasikan kamuflase di berbagai bagian, baik di sisi depan maupun belakang.

Akan tetapi ada beberapa bagian yang bisa diperhatikan. Seperti garis muka menyembul yang justru membuatnya terlihat mirip dengan bahasa Dynamic Shield khas mobil Mitsubishi. konsep Xmotion sendiri memang mengusung desain seperti itu.

Grille berukuran besar dihiasi dengan logo Nissan yang disematkan di tengahnya. Desain V-Motion yang merupakan bahasa desain Nissan juga tampak pada mobil ini. Garis desainnya tampak mengelilingi grille.

Selain itu juga terlihat Nissan Rogue memiliki headlamp terpisah dua bagian, seperti mobil baru yang beredar di pasaran saat ini. Kemungkinan lampu atas hanya Daytime Running Light (DRL) atau positioning lamp. Seperti halnya Dynamic Shield yang diterapkan pada Mitsubishi Xpander.

Untuk lampu utamanya diletakkan di bagian tengah. Bila melihat desain Xmotion, lampu kemungkinan juga mengusung desain pipih horizontal. Secara keseluruhan, berdasarkan bocoran spyshot yang beredar Nissan Rogue terbaru nantinya mengusung desain yang tidak terlalu mengejutkan.

Di bagian samping terlihat garis bahu tebal yang melintang hingga ke bagian belakang. Sementara pilar D tertutup rapat, sepertinya Nissan berusaha untuk menutupi efek floating roof pada mobil ini. Lalu kaca di pilar terlihat lebih besar dari Rogue ataupun X-Trail yang beredar di pasaran saat ini.

Proporsinya jelas membentuk konfigurasi 7-seater. Untuk bagian belakang sulit ditebak. Akan tetapi sepertinya tidak ada sesuatu yang sangat menarik. Lampu belakang didesain membujur horizontal dengan spoiler kecil yang diletakkan di atas kaca.

Melihat bodinya, Nissan Rogue terlihat lebih besar dari sebelumnya. Maka dari itu ada dugaan bahwa mobil ini merupakan versi lain dari Nissan X-Trail atau Rogue. Seperti halnya Hyundai yang memisahkan Santa Fe dan Grand Santa Fe.

Baca juga: Kelebihan Kekurangan Nissan X-Trail T30 Bekas

Di samping itu juga belum ada bocoran mengenai dapur pacunya. Akan tetapi kemungkinan ada peningkatan pada mesin 4-silinder berkapasitas 2,5 liter. Seperti Altima 2019 yang tenaganya naik mencapai 188 hp, dengan perolehan torsi 244 Nm.

Atau bisa saja nantinya Nissan X-Trail terbaru ini mengandalkan mesin 4-silinder berkapasitas 2,0 liter turbo yang dilengkapi dengan teknologi kompresi variabel. Menurut data spesifikasi mesin ini mempunyai tenaga puncak 248 hp dan torsi maksimum 380 Nm. Penggerak hybrid juga bisa saja hadir untuk menawarkan varian ramah lingkungan kepada konsumen.

Diperkirakan Nissan X-Trail terbaru ini akan dirilis resmi pada 2020 mendatang. Hal ini masuk akal mengingat model saat ini sudah beredar sejak 2014. Begitu juga dengan X-Trail yang beredar di Indonesia. Sejak awal X-Trail T32 hadir sampai sekarang Nissan belum memberikannya pembaruan berarti. Merek mobil asal Jepang ini juga belum meluncurkan versi facelift-nya.