Home Mobil Honda Accord Turbo Siap Meluncur di GIIAS 2019?

Honda Accord Turbo Siap Meluncur di GIIAS 2019?

386
0

OTONITY.com – Segmen sedan memang kurang diminati oleh konsumen di Indonesia. Akan tetapi hal ini tidak serta-merta membuat pabrikan mengabaikannya. Beberapa merek mobil tetap menghadirkan sedan baru untuk pasar Indonesia. Dan PT Honda Prospect Motor (HPM) tampaknya akan menjadi salah satunya.

Akhir-akhir ini Honda Accord Turbo menjadi sorotan. Sebab spyshot mobil Honda ini beredar di Instagram. Unit mobil sedan ini terlihat baru saja turun dari pelabuhan. Foto diabadikan oleh akun nabil-dnt di kawasan Priok, Jakarta Utara.

Hanya saja bagian belakang yang terlihat. Akan tetapi dari foto ini saja sudah dapat diketahui bahwa model tersebut adalah Honda Accord terbaru. Mobil baru Honda ini sudah lebih dulu melantai di Thailand. Sedangkan di Indonesia bisa jadi akan diperkenalkan bertepatan dengan diselenggarakannya Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Samsat Jakarta, Honda Prospect Motor (HPM) tersedia dalam dua tipe. Yaitu mesin berkapasitas 2,4 liter (naturally aspirated) dan mesin dengan kapasitas 1,5 liter turbo (TC EL CVT). Besaran nilai dasar Honda Accord 2019 ini Rp 410 juta untuk VTI mesin reguler dan Rp 538 juta untuk tipe turbo.

Jika Anda berharap Accord generasi terbaru ini juga hadir dalam versi hybrid, sayangnya untuk saat ini tampaknya hal itu tidak akan terwujud. Sebab HPM tidak mendaftarkan varian hybrid. Padahal rival senegaranya, Toyota berani menghadirkan Toyota Camry varian hybrid yang menjadi tipe tertinggi.

Honda Accord yang akan masuk Indonesia kemungkinan didatangkan langsung dari Thailand. Sebagai informasi tambahan, Honda Accord Turbo yang dijual di Negeri Gajah Putih itu dilengkapi dengan banyak fitur. Beberapa di antaranya adalah pelek berdiameter 17 inci, LED headlight and taillights, smart entry with push button start, dual-zone climate control, TFT digital meter 7 inci dan multi-angle rearview camera.

Selain itu Accord Turbo juga dilengkapi dengan teknologi keselamatan canggih Honda Sensing. Sedan Honda ini juga memiliki fitur adaptive cruise control with low-speed follow, collision mitigation braking systemâ„¢, road departure mitigation, lane departure warning dan traffic sign recognition. Hanya saja belum bisa dipastikan apakah ada pengurangan spesifikasi atau tidak untuk Accord versi Indonesia.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Sedan Terbaru 2019

Interior Honda Accord Turbo 2019 dapat memuat hingga lima penumpang. Bahan pelapis yang dipakai berjenis kulit dan dilengkapi dengan pengaturan elektrik pada kursi depan. Untuk jok belakang memiliki desain yang lebih melandai. Tujuannya untuk memberikan ruang kepala yang lebih lega. Untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik, Honda menyematkan pula fitur Heated and Ventilated Seat untuk semua jok mobil.

Seperti yang disinggung di atas, Honda Accord terbaru ini mengandalkan mesin 1,5 liter VTEC lengkap dengan peranti turbo. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 195 PS pada putaran 5.500 rpm dengan torsi maksimum 260 Nm pada 1.600 rpm.

Mesin ini sendiri mirip dengan milik Honda Civic turbo yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia. Akan tetapi insinyur Honda mendesain ulang ECU dan mesin untuk mengimbangi bodinya yang bongsor. Maka dari itu mesin Accord turbo lebih besar dari Civic turbo yang hanya memiliki output 172 PS. Sedangkan transmisinya tidak jauh berbeda, sama-sama mengandalkan transmisi CVT.

Bahasa desain Honda Accord turbo terbaru dan Civic juga mirip. Di sisi wajah terdapat lampu LED yang didesain sipit dan melebar. Selain itu juga terdapat tarikan garis dari muka hingga ke belakang layaknya mobil coupe. Desain baru Accord ini jauh lebih memikat dari sebelumnya, dengan nuansa yang mewah dan sporty.