Home Mobil Hyundai Grand i10 Hadir dalam Dua Varian, Ini Detailnya

Hyundai Grand i10 Hadir dalam Dua Varian, Ini Detailnya

353
0

OTONITY.com – Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai merilis New Grand i10. City car ini hadir dengan fitur yang tergolong lengkap dan dibuat untuk konsumen berkarakter muda. Hyundai menawarkan mobil baru ini dalam dua pilihan varian, yakni GLX an X. Berikut adalah detail keduanya.

Hyundai Grand i10 GLX

Varian ini ditawarkan dalam dua transisi, yaitu manual yang dilepas Rp 181 juta dan otomatis shiftronic yang dibanderol Rp 204 juta OTR Jadetabek. Walaupun merupakan varian rendah, tawaran model ini bisa dipertimbangkan.

Mobil Hyundai ini memiliki dimensi yang cukup mungil dengan panjang 3.765 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.655 mm. Wheelbase-nya 2.415 mm dengan ground clearance 152 mm. Melirik tampilannya, Grand i10 dihiasi dengan banyak aksen membulat di bagian bodi. Sedangkan untuk opsi warnanya ada perak, merah, oranye, abu-abu dan hitam.

Hyundai Grand i10 GLX dibekali dengan lampu multi proyektor dengan bohlam halogen. Hyundai juga menyematkan lampu kabut, serta daytime running light (DRL) untuk memberikan informasi posisi mobil kepada pengguna jalan lain. Di sisi depan terdapat grille dengan pola honeycomb atau sarang lebah. Sementara spion samping bisa diatur arahnya secara otomatis lewat tombol di dalam kabin.

Melirik bagian kaki-kaki, Grand i10 GLX memakai pelek berukuran 14 inci alloy dua warna, dark grey dengan diamond cut polished. Pelek ini dikombinasikan dengan ban berukuran 165/65. Sedangkan untuk sistem pengereman mengandalkan cakram di bagian depan dan teromol di bagian belakang.

Sisi interior mobil Hyundai ini menawarkan kean sporty yang cukup menonjol. Setirnya dibalut material poliuretana, berikut tombol pengatur multi information display. Lingkar kemudi ini dapat diatur naik-turun berkat hadirnya fungsi tilt.

Tidak hanya itu, Hyundai juga mengaplikasikan material kain yang berpadu vinil di seluruh jok. Sementara headrest dibuat menyatu dengan jok di seluruh baris. Akan tetapi untuk pengemudi dan penumpang depan dilengkapi sliding dan reclining. Sementara di belakang tidak ada, hanya dapat dilipat untuk memberikan ruang bagasi yang lebih luas.

Ruang penyimpanan New Grand i10 juga cukup banyak, di antaranya kantung peta, glove box dan lima cupholder. Hyundai menyematkan pula fitur luggage lamp yang akan memudahkan pengguna saat memasukkan barang ke ruang belakang ketika malam hari.

Fitur yang menambah kenyamanan seperti power outlet di konsol tengah, keyless entry dengan remote dan alarm juga turut hadir pada mobil perkotaan ini. Hanya saja pengontrol AC masih mengusung model kenop. Untungnya lubang pengantar udaranya tidak hanya untuk pengemudi dan penumpang depan saja, namun juga di bagian belakang. Posisinya di tengah-bawah, tepat di belakang tuas rem tangan.

Hyundai juga menyematkan head unit 2DIN yang bisa dimanfaatkan untuk memutar radio, CD, MP3, serta memiliki dukungan koneksi USB. Sistem hiburan ini dikombinasikan dengan 4 speaker di sisi pintu depan dan belakang.

Fitur keamanan Grand i10 GLX terbaru ada airbag untuk pengemudi dan pengunci pintu otomatis (speed sensing auto lock) yang akan aktif saat mobil mencapai kecepatan 20 km/jam.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Hyundai

Di sisi dapur pacu, Hyundai Grand i10 mengandalkan mesin Kappa berkapasitas 1.245 cc, DOHC, Dual CVVT. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 87 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 119 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Tenaga ini disalurkan ke transmisi manual 5-percepatan atau shiftronic 4-percepatan. Khusus transmisi otomatis ada keunggulan tersendiri yang ditawarkan. Versi transmisi ini dilengkapi mode manual yang dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Hyundai Grand i10 X

Varian ini juga tersedia dalam dua versi transmisi. Harga Hyundai Grand i10 X versi manual mencapai Rp 186 juta dan untuk versi AT shiftronic Rp 209 juta OTR Jadetabek. Perbedaan varian ini dengan varian GLX terletak pada komponen dan aksesori yang disematkan. Sementara performanya sama saja.

Tipe ini tersedia dalam warna putih, perak, merah dan hitam. Di sisi luar terlihat lebih sporty dengan sentuhan sedikit aksen merah di bagian samping dan depan. Tidak hanya itu, terdapat lower protector bumper dengan skid plate depan dan belakang, side rocker shield, wheel arch molding (fender) depan dan belakang dan spoiler belakang yang dilengkapi high mount stop lamp. Sementara bumper belakang dihiasi kromium pada dua lubang untuk saluran pembuangan gas.

Dimensi Hyundai Grand i10 X dan GLX sama, namun ground clearance tipe X lebih tinggi 15 mm menjadi 167 mm. Hal ini dikarenakan hadirnya pelek berdiameter 16 inci. Pelek ini didesain modern dengan two tone, gloss black dengan spoke polished. Hyundai menyertakan ban berukuran 185/50.

Sedangkan di sisi kabin perbedaan terlihat pada setirnya. Hyundai membalutnya dengan kulit dan dipermanis ornamen bezel perak yang membuatnya lebih istimewa.