Home Featured Post 2 Motor KTM 2019 Dirilis, Ada 790 Duke dan 790 Adventure

2 Motor KTM 2019 Dirilis, Ada 790 Duke dan 790 Adventure

230
0

OTONITY.com – Pasar roda dua di Indonesia kembali kedatangan motor baru. Kali ini PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) yang menghadirkan produk terbaru dengan merilis KTM 790 Duke dan KTM 790 Adventure. Kedua motor ini diperkenalkan di booth KTM Indonesia yang ada di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

President Director PT PJLM, Kristianto Goenadi menerangkan bahwa kehadiran 2 motor KTM terbaru ini sudah banyak ditunggu oleh penggemarnya. Selain KTM yang lebih dikenal dengan tipe enduro atau dirt bike yang mempunyai mesin silinder tunggal, KTM juga dikenal dengan motor sport adventure bermesin V-twin yang lebih besar dan bertenaga. Seperti yang sudah dilakukan sebelum-sebelumnya oleh KTM di reli Dakar.

Sebagai informasi, PT Penta Jaya Laju Motor merupakan distributor resmi KTM. Di ajang Jakarta Fair 2019 PT PJLM menghadirkan kejutan yang bisa menarik pengunjung. Salah satunya adalah kehadiran KTM Big bike seri KTM 790 Duke dan KTM 790 Adventure.

Motor ini membawa DNA motor KTM Adventure legendaris yang menjuarai Reli Dakar lebih dari 15 kali secara berturut-turut selama lebih dari 15 tahun. Faktor-faktor itulah yang membuat para penggemar motor adventure menantikan kehadiran motor KTM terbaru itu di Indonesia.

“KTM 790 Duke dan KTM 790 Adventure merupakan terobosan baru bagi KTM dengan street bike dan off-roader pertama dalam sejarah perusahaan yang menampilkan mesin compact parallel-twin,” jelas Kristianto.

KTM 790 terbaru mengambil DNA beberapa sumber inspirasi dan pengalaman pada produk-produk KTM sebelumnya. Seperti Super Duke 1290, Super Adventure R 1290 dan Seri Paris Dakar yang menjadi salah satu motor incaran para penggemar motor sport adventure di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Dua motor baru KTM ini dibekali dengan beberapa kelebihan yang memikat. Salah satunya adalah kerangka baja teralis yang disematkan pada KTM 790, dengan posisi mesin yang sangat kompak dan minimalis. Lebih detail, motor ini mengandalkan mesin twin paralel berkapasitas 799 cc liquid cooled compact. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 105 hp dengan torsi puncak sebesar 86 Nm.

Baca juga: Daftar Harga Motor KTM

Baik KTM 790 Duke maupun 790 Adventure mempunyai dua pilihan warna. Untuk KTM Duke 790 ditawarkan dalam warna Black dan Orange, sedangkan KTM Adventure 790 Orange dan White. Ada banderol promo untuk motor ini, dengan harga berkisar Rp 300 jutaan tergantung tipe dan variannya. Untuk harga KTm Duke 790 mencapai Rp 330 juta dan KTM Adventure 790 Rp 350 juta.

Sisi stabilitas dan penanganan juga ditingkatkan. Pada KTM 790 Adventure posisi tangki minyak dirancang dengan titik gravitasi rendah. Kapasitas tangki BBM ini 20 liter sehingga pengguna bisa menempuh jarak 450 km tanpa perlu isi ulang bahan bakar.

Di samping itu KTM menyematkan gearbox enam kecepatan dengan fitur Power Assist Slipper Clutch (PASC) yang sudah menjadi merek dagang KTM sejak lama. PASC memungkinkan pengendara mengoperasikan kopling hanya dengan satu jari saja. Tawaran menarik lainnya adalah hadirnya fitur Quickshifter yang bisa memindahkan persneling tanpa perlu menarik tuas kopling pada kecepatan tinggi.

Saat kecepatan menurun tajam atau tekanan keras, tekanan kopling dilepaskan sedikit sehingga roda belakang tidak mengunci. Hal ini akan membuat pengendara lebih percaya diri selama berkendara.

KTM 790 juga dibekali dengan speedometer canggih. Dengan layar TFT yang mewah, panel speedometer ini dapat diintegrasikan dengan smartphone lewat aplikasi KTM My Ride.

Tidak cukup hanya itu, rangka sepeda motor dirancang supaya ringan dan kompak berkat pemakaian besi molibdenum yang lebih tipis. Distribusi kekakuan kerangka diatur untuk memberikan umpan balik sporty kepada pengendara. Rangka mesin baru ini memungkinkan ketinggian sadel diturunkan menjadi hanya 830 mm, walaupun memakai pelek berukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang.

KTM 790 terbaru juga dilengkapi dengan fitur standar motor gede. Di antaranya Ride-by-Wire, Throttle Control Traction (MTC), Cornering ABS, Off-road ABS dan Off-road Ride Mode. KTM 790 Duke sendiri dijuluki The Scalpel atau pisau belah. Alasannya motor ini mengusung gaya tajam dan runcing yang mengambil inspirasi dari KTM Super Duke 1290 dan KTM 1290 Adventure.