Home Mobil Detail Peugeot 5008 2019, SUV Premium Harga Terjangkau

Detail Peugeot 5008 2019, SUV Premium Harga Terjangkau

404
0

OTONITY.com – Salah satu produsen mobil ternama asal Prancis, Peugeot baru saja memperkenalkan SUV terbarunya, 5008 di Indonesia. Yang membuatnya menarik adalah status Peugeot 5008 terbaru yang diklaim sebagai SUV premium Eropa termurah dengan konfigurasi 7-seater.

Mobil baru ini sendiri berbagi platform dengan 3008 yang sudah dihadirkan di Indonesia sejak tahun lalu. Yang berbeda adalah dimensi Peugeot 5008 yang lebih panjang. Itulah kenapa mobil ini memiliki baris ketiga. Jika berminat, harga Peugeot 5008 ini mencapai Rp 820 juta.

Sisi luarnya terlihat mirip dengan Peugeot 3008. Sedangkan dimensi panjangnya mencapai 4.641 mm, lebar 1.844 mm dan tinggi 1.646 mm. Jarak sumbu rodanya (wheelbase) 2.840 mm dengan ground clearance 236 mm.

Untuk pasar Indonesia Peugeot 5008 hanya tersedia dalam varian GTline. Sisi eksterior tampil memikat dengan sentuhan kromium di sisi grille, tempelan bodi samping bawah, bingkai jendela samping dan corong knalpot ganda di belakang. Sebagai pemanis juga disematkan dua rail di bagian atap.

Bodi Peugeot 5008 2019 dibalut dengan dua warna. Bagian pilar sampai atap berwarna hitam, sementara siswanya sesuai pilihan konsumen. Untuk sektor kaki-kaki memakai pelek berukuran 18 inci yang mempunyai proporsi pas dengan rumah rodanya. Desain pelek mobil SUV ini juga terlihat modern dan disebut diamond alloy.

Kemiripan Peugeot 5008 dan 3008 cukup terlihat jelas di sisi eksterior. Ada rumah lampu besar yang dilengkapi LED. Untuk lampu utama sudah LED, berikut lampu siang hari dan sein sequential. Begitu juga dengan lampu kabut yang sudah LED dan memiliki fitur cornering. Fitur ini membuat sorotan lampu akan mengikuti arah belok mobil.

Di sisi belakang ada lampu LED dengan desain seperti tiga garis. Filosofi desain ini berasal dari cakaran singa. Itulah kenapa desainnya dibuat horizontal.

Di sisi interior pengguna akan disambut dengan desain Peugeot i-Cockpit. Susunan dasbor, kursi pengemudi dan konsol tengah didesain hingga menyerupai kokpit. Konsol tengahnya memberikan jarak antara kursi pengemudi dan penumpang. Tidak hanya itu, bentuk kemudi memakai desain rata atas dan bawah dan memiliki dimensi ringkas.

Tidak hanya memancarkan kesan sporty, dimensi kecil juga memberikan ruang lebih pada visibilitas depan dan kemampuan manuver. Sistem kemudi Peugeot 5008 terbaru juga dapat diatur tilt dan teleskopik. Sementara kursi pengemudi juga sudah dilengkapi pengaturan elektrik yang akan memudahkan pengemudi untuk mendapat posisi berkendara yang sesuai.

Kursi baris kedua dapat diduduki oleh tiga penumpang, lengkap dengan tiga headrest. Ruang kaki baris kedua sangat lapang dan mendukung pengaturan sliding atau dapat dimaju mundurkan. Sementara baris ketiga hanya optimal untuk 2 penumpang anak-anak, tidak disarankan untuk orang dewasa.

Kursi baris ketiga ini dapat dilipat dan tersimpan di bawah lantai bagasi. Dilepas pun juga bisa, sehingga ruang di balik lantai bagasi dapat difungsikan untuk penyimpanan lain.

Peugeot 5008 2019 juga dilengkapi dengan panel instrumen digital sepenuhnya, dengan berbagai informasi yang dapat dipilih. Layar sentuh infotainment 8 inci yang tersemat pada SUV ini bisa menjadi kontrol hiburan dan fitur tambahan. Untuk memberikan hiburan yang lebih baik, terdapat 4 speaker dan 2 tweeter dan berbagai konektivitas terkini.

Tidak cukup hanya itu, Peugeot juga menyematkan fitur panoramic roof, sun roof, parfum kabin dengan tiga pilihan aroma, AC otomatis, akses keyless dan tombol start/stop, serta sun shade pada kaca samping baris kedua. Pintu bagasi mobil Peugeot terbaru ini juga sudah elektrik. Berbekal sensor yang ada, pengguna bisa membukanya dengan gerakan kaki menendang kolong bagasi.

Di sisi performa, Peugeot 5008 mengandalkan mesin berkapasitas 1,6 liter turbo. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 165 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 240 Nm pada 1.400 rpm. Untuk transmisinya memakai otomatis 6-speed plus paddle shift dan dipadukan penggerak roda depan.

Baca juga: Kelebihan Hyundai Kona

Walaupun bukan penggerak empat roda, Peugeot 5008 terbaru memiliki lima mode berkendara untuk jalanan kasar. Peugeot menyebutnya Advance Grip Control yang dapat dipilih pada dial putar konsol tengah. Di samping itu juga terdapat mode sport untuk berkendara dengan putaran mesin yang lebih responsif.

Perlu diketahui, ada beberapa fitur yang terpaksa absen pada Peugeot 5008 terbaru ini. Fitur-fitur tersebut dihilangkan lantaran berpotensi mengganggu dan berbahaya bagi pengguna mobil maupun pengguna jalan. Adapun fitur yang dihilangkan dari SUV ini adalah pengereman otomatis saat tiba-tiba ada objek di depan.

Selain itu fitur blind spot warning juga dihilangkan. Sebab fitur ini satu paket dengan fitur lane keep assist yang menahan agar mobil tidak dapat dibelokkan saat sensor mendeteksi ada kendaraan atau objek pada titik buta.

Kebanyakan fitur yang dihilangkan merupakan fitur keselamatan. Padahal Peugeot 5008 sendiri berhasil mengantongi lima bintang di sektor keselamatan dalam uji tabrak dari Euro NCAP. Meski begitu beberapa fitur keselamatan yang sudah hadir pada mobil ini tetap bisa diandalkan oleh para penggunanya.

Sisi keselamatan diperkuat dengan rem cakram di setiap roda. Selain itu hadir pula fitur ABS, EBD dan EBA. Terdapat 6 kantong udara, electronic stability program (ESP), hill assist descent control (HADC), cruise control adaptif, kamera 360 derajat, lane departure warning dan rem parkir elektrik. SUV Peugeot ini juga dilengkapi parking assist (semi auto parking). Sehingga mobil ini bisa parkir otomatis untuk parkir mundur, paralel dan keluar dari parkir paralel.

Peugeot 5008 2019 bisa menjadi pilihan menarik di kelas SUV premium 7-seater. Terlebih banderol harganya yang termurah saat ini. Tertarik untuk membelinya?