Home Mobil Renault Triber 2019 Resmi Diperkenalkan di Indonesia

Renault Triber 2019 Resmi Diperkenalkan di Indonesia

351
0

OTONITY.com – PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku agen pemegang merek Renault di Tanah Air baru saja memperkenalkan mobil barunya. Mobil tersebut adalah Renault Triber yang sudah mencuri perhatian para pecinta mobil di Tanah Air. MRI menyatakan kehadiran MPV baru ini menunjukkan komitmen Renault menjawab kebutuhan konsumen, sekaligus bukti keseriusan Renault untuk berbisnis di Indonesia.

Davy Tuilan, Chief Operating Officer PT MRI mengatakan bahwa Renault Triber mempunyai desain dan rancang bangun yang cocok untuk konsumen di Indonesia. Karena di setiap baris kursi mobil telah dilengkapi dengan soket charging untuk smartphone. Tidak hanya itu, Triber juga dilengkapi dengan kursi yang memiliki berbagai konfigurasi pengaturan untuk berbagai fungsi.

Davy mengatakan Renault Triber merupakan representasi kelompok yang mempunyai kesamaan dalam kebersamaan. Dan Triber akan membantu pemilik untuk melakukan sesuai di segala kemungkinan.

Untuk informasi, Renault Triber mengandalkan dapur pacu berbahan bakar bensin. Mesin dengan konfigurasi tiga silinder ini memiliki kapasitas sebesar 1.000 cc. Tenaga yang sanggup dihasilkan mencapai 72 hp dengan torsi puncak 96 Nm. Tenaga tersebut diteruskan ke roda lewat dua opsi transmisi. Yakni manual 5-percepatan atau automated manual transmission (AMT) 5-percepatan.

Melirik dimensinya, Renault Triber mempunyai panjang 3.990 mm, dengan lebar 1.934 mm dan tinggi 1.662 mm. Disebutkan bahwa dimensi mobil ini berbeda dengan mobil-mobil yang masuk dalam kategori Low MPV. Sebab Renault Triber lebih lebar 5 mm dari Low MPV yang paling lebar. Sedangkan panjangnya 5 cm lebih pendek dari Low MPV pada umumnya yang ada di Indonesia.

Renault Triber juga dibekali dengan sejumlah fitur keamanan. Seperti 4 buah airbags dan sabuk pengaman untuk semua baris. Untuk sabuk pengaman pengemudi dilengkapi dengan retractor dan pretensioner.

Renault Triber juga dilengkapi dengan head unit dengan layar sentuh berukuran 8 inci. Fitur ini sudah mendukung Android Auto dan Apple Car Play. Sementara layar instrumen untuk pengemudi sudah mengadopsi teknologi LED yang lebih informatif.

Mobil Renault ini juga dibekali dengan sistem Easy Fix. Fitur ini memungkinkan untuk penanganan mudah dan melepaskan kursi independen pada baris ketiga untuk menambah kapasitas bagasi menjadi 625 liter.

Renault Triber jua memiliki smart key yang menggantikan kunci manual. Dengan adanya smart key, pengguna tidak perlu khawatir jika lupa tidak mengunci pintu mobil. Saat badan kita mendekat ke pintu, pintu secara otomatis akan terbuka. Sedangkan saat badan kita menjauh maka secara otomatis akan tertutup.

Triber juga dibekali dengan fasilitas air scoop yang diletakkan di sisi kanan mobil. Air scoop merupakan konsep yang sederhana namun mempunyai banyak manfaat untuk mobil ini.

Fitur ini bisa membuat performa mesin lebih baik, lebih irit dan lebih awet. Tujuannya tidak lain supaya udara yang masuk lewat air scoop nanti akan dibelokkan dari kap mesin. Sehingga otomatis mesin akan menjadi awet.

Renault Triber juga mempunyai atap yang dibuat naik pada baris keduanya hingga ke bagian belakang. Dengan begitu headroom di baris kedua dan ketiga menjadi lebih lega. Lalu baris kedua dan ketiga juga dilengkapi dengan AC double blower yang akan menjamin kenyamanan pengguna selama perjalanan. Fitur lain yang disematkan pada mobil ini adalah start/stop button, MID dengan layar digital, speedometer digital hingga AC dengan heater.

Salah satu daya tarik dari Renault Triber adalah harganya. Sebab mobil Renault terbaru ini digadang-gadang akan bersaing dengan MPV di kelas LCGC, seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Hanya saja Davy belum memberikan informasi mengenai harga Renault Triber. Disebutkan bahwa mobil ini baru akan dirilis resmi pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Baca juga: Harga Renault Koleos

Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Sebab sampai saat ini banderol harga Renault Triber masih ditentukan oleh pihak internal.

Jika memang ditujukan untuk bersaing dengan Toyota Calya, Daihatsu Sigra maupun Datsun GO+ Panca, maka bisa jadi harga mobil Renault itu berkisar Rp 150 jutaan. Di sisi lain Davy memberikan isyarat bahwa harga mobil baru ini tidak lebih dari Rp 200 juta.

Nantinya Renault Triber akan diimpor utuh dari India. Hal ini memang bisa mempengaruhi harga jualnya. Akan tetapi tenang saja, sebab PT MRI berencana memproduksi mobil ini di Indonesia.

Davy menjelaskan, nantinya Renault Indonesia berencana untuk melakukan CKD di Indonesia. “Visi kami CKD, apakah menggunakan fasilitas milik aliansi atau tidak akan kami bahas secara internal, antara Renault global dan aliansi,” jelas Davy.

Sebagai informasi, Triber berasal dari kata Tribe yang berarti komunitas. Hal ini sangat menggambarkan karakter masyarakat Indonesia yang mempunyai kesamaan dalam kebersamaan.