Home Mobil Wuling Almaz 2019 Semakin Canggih dengan Voice Command

Wuling Almaz 2019 Semakin Canggih dengan Voice Command

521
0

OTONITY.com – Meski merupakan merek baru, Wuling Motors Indonesia tidak mau setengah-setengah dalam menghadirkan produk baru. Belum lama ini merek mobil asal China itu menghadirkan Wuling Almaz 7-seater. Mobil ini merupakan varian baru dari Almaz. Ada beberapa perbedaan yang ditawarkan oleh mobil baru ini.

Seperti adanya baris ketiga dan yang paling menarik adalah hadirnya fitur voice command (perintah suara). Voice command ini diberi nama Wind atau Wuling Indonesian Command. Sesuai dengan namanya, Wind merupakan fitur perintah suara pertama dengan bahasa Indonesia.

Sehingga pengguna tidak perlu mahir berbicara bahasa Inggris untuk bisa berkomunikasi dengan fitur ini. Kelebihan lain yang ada pada Wind adalah kemampuan untuk mengatur multimedia, membuka jendela atau sun roof hingga mengatur seberapa besar embusan AC di dalam kabin.

Kehadiran fitur ini tentu menjadi daya tarik tersendiri pada Wuling Almaz 7-seater ini. Pasalnya sejauh ini merek mobil asal Jepang yang mendominasi pasar Indonesia belum ada yang menawarkan fitur ini.

Fitur Wind ini menawarkan menggunakan microphone yang tertanam di plafon dan algoritma perangkat lunak yang kompleks. Wind tidak hanya bisa dipakai pengemudi, namun juga penumpang depan. Hal ini dipastikan oleh Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia. Ia mengatakan bahwa fitur ini sebenarnya untuk membantu pengemudi. Akan tetapi penumpang juga bisa memakainya, terutama yang duduk di depan.

Meski begitu pada prakteknya penumpang yang duduk di baris kedua juga bisa mengoperasikan fitur Wind, walaupun harus dengan suara yang agak keras. Banyak yang bisa memerintah Wind memang bagus, namun di sisi lain hal ini juga bisa mendistraksi pengemudi. Oleh karenanya Wuling mendesain fitur tersebut supaya dapat dinonaktifkan oleh pengemudi. Di samping itu, saat mesin mati fitur ini juga tidak dapat dioperasikan.

Lebih jauh, Wind yang tersemat pada Wuling Almaz 2019 ini bisa mengendalikan lima hal. Antara lain telepon (harus terkoneksi Bluetooth), vehicle control seperti AC, sampai jendela atau sun roof. Di samping itu juga bisa untuk mengaktifkan sistem hiburan seperti mencari frekuensi radio, mengatur volume audio dan menyalakan musik.

Wind juga dapat mengaktifkan aplikasi (menampilkan tekanan ban dan sebagainya) serta berinteraksi. Anda juga bisa memanfaatkan Wind untuk memberitahukan tanggal berapa sekarang. Cukup canggih bukan?

Daftar perintahnya cukup panjang dan fleksibel. Dengan kata lain Wind dapat mendeteksi kata yang diucapkan pengguna secara akurat, walaupun logat bahasa Indonesia itu beragam. Contoh, “Halo Wuling, hubungi ,” untuk menelepon, hingga “Halo Wuling, saya kepanasan,” kemudian menurunkan suhu AC satu derajat. Sedangkan jika perintah suara dilakukan bersamaan antara pengemudi dan penumpang, maka Wind akan kebingungan.

Kehadiran fitur Wind pada Wuling Almaz 7-seater menjadi tawaran yang menarik hati. Lantas apakah fitur ini juga tersemat pada Wuling Almaz 5-seater? Kabar baiknya Wind juga tersedia pada Almaz versi lima kursi penumpang. Mobil Wuling ini bisa dibeli sejak Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang akan berlangsung 18-28 Juli 2019.

Sayangnya belum diketahui bagaimana nasib Wuling Almaz yang sudah ada di tangan konsumen. Hanya saja muncul kabar bahwa akan ada program khusus untuk Almaz lama sehingga bisa dilengkapi dengan fitur Wind. Hanya saja kita perlu menunggu kepastiannya di GIIAS 2019 mendatang.

Spesifikasi teknis mobil ini masih sama dengan Almaz yang sudah beredar di pasaran. Mobil ini dibekali dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1.500 cc dengan turbocharged. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 140 dk dengan torsi puncak 250 Nm.

Baca juga: Harga Wuling Confero Terbaru

Untuk transmisi tersedia dalam versi CVT yang diklaim dapat memaksimalkan penyaluran tenaga dari mesin ke roda depan, dengan perpindahan gigi yang halus dan pilihan mode berkendara eco, sport, serta 8-percepatan manual simulation.

Mobil ini juga dibekali dengan fitur-fitur lain. Seperti panoramic sunroof, start-stop button, keyless remote, keyless entry, hingga sound system keluaran Infinity by Harman. Fitur-fitur keselamatan yang tersemat pada mobil ini juga bisa diandalkan.

Hadir fitur Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH), Traction Control System (TCS) dan Hill Hold Control (HHC). Selain itu juga hadir fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), hingga Emergency Stop Signal (ESS).

Eksterior Wuling Almaz juga menyimpan daya tarik tersendiri. Mobil ini dihiasi dengan desain stunning dan sporty. Selain itu juga hadir Future Eyes LED dan lampu utama proyektor LED di bagian bawah. Sementara di sisi samping ada gaya dynamic parallel dan floating roof. Wuling juga menyematkan velg alloy berukuran 17 inci dengan corak two-tone aluminium.

Di sisi belakang Wuling Almaz dipermanis dengan bumper dan muffler knalpot yang modern. Tertarik membeli Wuling Almaz dengan fitur voice command ini?