Home Mobil Renault Triber 2019 Sudah Terpesan 150 Unit

Renault Triber 2019 Sudah Terpesan 150 Unit

632
0

OTONITY.com – Bertempat di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang ada di ICE, BSD City, Tangerang, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) resmi meluncurkan mobil terbarunya, Renault Triber. Sepanjang pameran yang berlangsung 18-28 Juli 2019 itu mobil MPV murah Renault ini mendapat sambutan yang cukup hangat. Pasalnya masuk hari ketiga pameran mobil ini sudah terpesan sebanyak 150 unit.

Informasi tersebut disampaikan oleh Davy J Tuilan, Chief Operating Officer (COO) PT MRI. Hanya saja hingga saat ini harga Renault Triber belum diumumkan. Kendati begitu Davy mengatakan bahwa konsumen yang melakukan inden itu sudah memantapkan pilihan pada Renault Triber.

Selain harga yang belum dipastikan, proses pengiriman mobil Renault terbaru ini juga baru dimulai pada Desember 2019 mendatang. Jadi konsumen yang memesan Renault Triber di GIIAS 2019 harus menanti setidaknya lima bulan untuk mendapatkan mobil ini.

Untuk diketahui, Renault Triber hadir dalam empat pilihan varian. Tipe RXE dan RXL menjadi varian terendah yang hanya dilengkapi dengan transmisi manual saja. Lalu dua varian lainnya adalah RXT dan RXZ yang memiliki varian transmisi manual dan otomatis.

Di samping itu pemesanan Renault Triber kabarnya bisa dilakukan dengan menyetor biaya tanda jadi sebesar Rp 3 juta. Harga Renault Triber ini diklaim akan sangat kompetitif. Padahal mobil MPV ini sendiri diimpor utuh (CBU) dari India. Renault Indonesia mengklaim harga mobil ini bisa bersaing dengan harga mobil di segmen LCGC. Dengan kata lain harga mobil Renault ini berada di bawah Rp 200 jutaan.

Hal menarik lain dari Renault Triber adalah mesinnya. Pasalnya mobil baru Renault ini mengandalkan mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1,0 liter. Tenaga maksimum mesin ini 72 hp, dengan torsi maksimum 96 Nm. Untuk bahan bakarnya menggunakan RON 91 sesuai regulasi Euro4.

Di sisi lain calon kompetitornya, seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sudah mengusung mesin empat silinder. Mengenai hal ini Davy mengatakan bahwa tidak ada masalah dengan mesin tiga silinder. Bahkan mobil mewah juga banyak yang memakai mesin tiga silinder.

Ia menyebutkan bahwa kebutuhan masyarakat Indonesia tidak hanya mesin saja, namun juga fitur dan perubahan yang segala sesuatunya menjadi digital. Untuk itu teknologi yang diminta tinggi. Akan tetapi konsekuensi atas teknologi dan fitur yang tinggi adalah harga jualnya yang menjadi mahal.

Oleh karenanya pihaknya berpikir bagaimana cara membuat mobil yang menarik orang Indonesia namun harganya tidak mahal. Di sisi lain Davy menyebutkan bahwa pihaknya melihat apa yang bisa diturunkan namun harga tetap menarik. Dan diputuskan bahwa sektor mesin yang bisa disesuaikan, sehingga lebih terjangkau namun tetap penuh teknologi.

Renault Triber diklaim membawa mesin yang diberi nama engine energy. Mesin itu diklaim 20 persen lebih efisien dan 20 persen lebih bertenaga.

Mobil Renault terbaru ini diklaim sudah melakukan uji jalan di berbagai negara. Seperti India, Amerika Selatan dan negara lainnya dengan total 1 juta kilometer. Walaupun belum diuji jalan di Indonesia, Davy mengklaim kondisi jalan di India dan Indonesia tidak jauh berbeda.