Home Motor Motor Matik Detail Honda ADV 150 yang Rilis di GIIAS 2019

Detail Honda ADV 150 yang Rilis di GIIAS 2019

697
0

OTONITY.com – PT Astra Honda Motor (AHM) memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 untuk menghadirkan motor terbarunya. Motor tersebut adalah Honda ADV 150. Skuter matik ini menawarkan keunikan yang membuatnya menarik perhatian banyak orang.

Kehadiran motor Honda terbaru ini membuka segmen baru di kelas motor matic semi dual purpose bermesin 150 cc. Untuk diketahui, Honda ADV 150 masuk kelas skuter bongsor, sama seperti PCX 150 dengan dek yang tidak rata. Motor matic Honda ini bisa dibilang merupakan versi ekonomis dari Honda X-ADV yang juga merupakan skutik adventure.

Walaupun tampak serupa, sebenarnya kedua motor ini tetap berbeda. Honda ADV 150 dirancang lebih kompak. Di bagian tengah ke belakang motor ini menawarkan desain yang kokoh dan memiliki karakter petualang. Lalu tangki berada di dek tengah, dengan jok model bertingkat, behel tanduk, lampu belakang dan sein yang dibuat terpisah dan spakbor gantung. Berikut detail spesifikasi motor Honda terbaru ini.

Dimensi

Melihat ukurannya, Honda ADV 150 mempunyai panjang 1.950 mm, dengan lebar 763 mm dan tinggi 1.153 mm. Jarak sumbu rodanya 1.324 mm, dengan tinggi jok 795 mm. Lalu jarak terendah ke tanah alias ground clearance 165 mm. Berat kosong motor ini mencapai 132 kg untuk tipe CBS, sementara tipe ABS 133 kg.

Suspensi dan Rem

Jarak terendah yang mencapai 165 mm membuat motor bisa diandalkan untuk melewati berbagai kondisi jalan. Tidak hanya itu, Honda juga membekalinya dengan suspensi depan teleskopik long travel dan suspensi belakang kembar dengan tambahan sub tank lansiran Showa.

Sistem pengereman Honda ADV 150 mengandalkan cakram bergelombang dengan diameter 240 mm di bagian depan. Sedangkan roda belakang tertempel cakram berdiameter 220 mm. Untuk tipe ABS-ISS sudah ada ABS satu channel di bagian depan yang akan membuat keamanan lebih terjamin.

Pelek Belang

Karena berstatus skuter adventure, motor Honda ini dibekali dengan ban tipe semi dual purpose. Di bagian depan berukuran 110/80 dengan lingkar 14 inci. Lalu di bagian belakang berukuran 130/70 dengan lingkar 13 inci. Honda ADV 150 memakai pelekbergaya palang atau casting wheel.

Kazuya Minowa, Honda R&D Southeast Asia sekaligus pemimpin proyek ADV 150 menerangkan bahwa pemilihan ban belakang ini ditujukan untuk memperoleh traksi yang lebih baik ketika digunakan pada kondisi jalan yang kurang baik

Dengan pelek berukuran 13 inci di belakang maka akan mendapat luas permukaan ban yang lebih besar. Dengan begitu saat melewati jalanan yang tidak rata pengendara akan tetap merasa nyaman.

Windscreen

Honda ADV 150 dilengkapi pula pelindung angin yang bisa diatur dua tingkat sesuai keinginan pengendara. Akan tetapi pola pengoperasiannya masih manual. Tidak seperti Honda Forza yang sudah elektrikal. Adjustable windscreen ini diklaim merupakan yang pertama kali hadir di skutik 150 cc.

Sistem Pencahayaan LED

Keunggulan lain dari Honda ADV 150 adalah sistem pencahayaannya yang sudah full LED, baik di lampu depan, belakang hingga sein. Tidak hanya itu, lampu depan motor ini juga dilengkapi dengan DRL (Daytime Running Light).

Mesin dan Rangka

Melirik sektor performa, motor matic ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 150 cc, 4 langkah, SOHC, eSP dengan Idling Stop System. Untuk suplai bahan bakarnya sudah injeksi. Diameter x langkahnya 57,3 x 57,9 mm, dengan rasio kompresi 10,6 : 1. Tenaga mesin ini diklaim mencapai 10,7 kW pada 8.500 rpm dengan torsi 13,8 Nm pada 6.500 rpm.

Kazuya mengatakan mesin ini mengambil basis dari PCX 150. Akan tetapi pihaknya melakukan perubahan supaya bisa menghasilkan torsi yang lebih kuat di bagian bawah dan tengah. Tidak hanya itu, rangka ADV 150 juga mengambil dari PCX 150 dengan penyesuaian supaya bisa memunculkan karakter petualang.

“Karena kami tetap mengusung frame yang sama dengan PCX, untuk mendapat suspensi maksimal yang paling baik setelah beberapa kali percobaan hanya didapatkan dengan ban belang depan 14 inci dan belakang 13 inci,” ujarnya.

Panel Meter Digital

Seperti motor modern pada umumnya, Honda ADV 150 juga dilengkapi dengan sistem digital panelmeter. Honda menyematkan layar instrumen dengan negative display yang memuat beragam informasi, seperti indikator aki dan indikator suhu luar. Di samping itu layar instrumen ini bisa menampilkan konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, tanggal, Trip A dan Trip B.

Pilihan Warna dan Harga

Honda ADV 150 ditawarkan dalam enam pilihan warna. Pertama adalah Advance Red dengan perpaduan merah dan hitam, dengan grafis stiker kombinasi putih hitam di bagian sayap depan dan bodi belakang.

Berikutnya adalah Active White dengan warna putih terang yang dominan. Grafisnya mengombinasikan hitam dan silver, dengan tarikan garis mirip Active Red. Kedua warna ini khusus untuk versi ABS-ISS saja.

Honda ADV 150 CBS-ISS ditawarkan dalam 4 warna. Antara lain Tough Matte Brown, Tough Matte Black, Tough Red dan Tough Silver. Varian ini mengusung konsep warna Rigid Metallic Effect. Itulah mengapa sayap, bodi tengah dan bawah mengusung warna silver untuk semua pilihan warnanya.

Tampilannya juga lebih polos tanpa stiker. Untuk bagian bodi belakang dihiasi emblem ADV 150 model 3D. Lalu spatbor depan varian CBS-ISS mengusung warna hitam. Lain halnya dengan versi ABS-ISS yang sewarna dengan bodi.

Harga Honda ADV 150 CBS mencapai Rp 33,5 juta on the road (OTR) Jakarta. Sedangkan harga Honda ADV 150 ABS-ISS mencapai Rp 36,5 juta.

Spesifikasi Honda ADV 150

  • Tipe Mesin: 4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System
  • Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM – FI (Programmed Fuel Injection)
  • Diameter X Langkah: 57,3 x 57,9 mm
  • Tipe Tranmisi: Otomatis, V-Matic
  • Rasio Kompresi: 10,6 : 1
  • Daya Maksimum: 10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
  • Torsi Maksimum: 13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm – Tipe Starter: Elektrik
  • Tipe Kopling: Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
  • Tipe Rangka: Double Cradle
  • Tipe Suspensi Depan: Telescopic
  • Tipe Suspensi Belakang: Twin Subtank Rear Suspension
  • Ukuran Ban Depan: 110/80 – 14 M/C Tubeless
  • Ukuran Ban Belakang: 130/70 – 13 M/C Tubeless
  • Rem Depan: Hydraulic Disc
  • Rem Belakang: Hydraulic Disc
  • Sistem Pengereman: Triple Pot Hydraulic, CBS (untuk tipe CBS), Anti – Lock Braking System (untuk tipe ABS)
  • Panjang X Lebar X Tinggi: 1.950 x 763 x 1.153 mm
  • Tinggi Tempat Duduk: 795 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 1.324 mm
  • Jarak Terendah Ke Tanah: 165 mm
  • Curb Weight: 132 kg (Tipe CBS), 133 kg (Tipe CBS – ISS)
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 8 L
  • Kapasitas Minyak Pelumas: 0,8 L ( Penggantian Periodik )
  • Tipe Baterai Atau Aki: MF 12 V – 5 Ah
  • Sistem Pengapian: Full Transisterized
  • Tipe Busi: NGK MR8K-9