Home Motor Motor Gede Melirik 3 Motor Kawasaki Terbaru di Indonesia

Melirik 3 Motor Kawasaki Terbaru di Indonesia

1090
0

OTONITY.com – Belum lama ini Kawasaki Motor Indonesia (KMI) selaku agen pemegang merek Kawasaki di Tanah Air menghadirkan motor baru. Bahkan KMI langsung menghadirkan tiga motor Kawasaki sekaligus di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Ketiganya adalah Kawasaki W800 Cafe, New ZX-10R dan New Versys 1000. Tiga motor gede ini hadir dalam segmen yang berbeda. Yakni cafe racer, sport dan touring adventure. Mari kita bahas singkat ketiga motor Kawasaki terbaru ini.

Dimulai dari Kawasaki W800 Cafe yang menarik perhatian cukup banyak selama pameran GIIAS 2019. Motor ini membawa DNA W yang pertama kali diperkenalkan pada 1966. Alhasil kesan klasik tampak mencuat dari motor ini. Kendati demikian ada beberapa hal yang dibuat modern supaya tetap menarik. Motor ini juga mempertahankan kemudahan berkendara, mudah dikendalikan dan stabil.

Melirik dapur pacunya, Kawasaki W800 Cafe 2019 mengandalkan mesin air-cooled, 4-stroke Vertical Twin, SOHC, 8 valve. Mesin berkapasitas 773 cc ini juga sudah mengadopsi sistem Fuel Injection.

Hasilnya tenaga yang dihembuskan bisa mencapai 52 PS pada putaran 6.500 rpm dengan torsi puncak 62,9 Nm pada 4.800 rpm. Mesin long-stroke diatur untuk rentang menengah ke bawah, sehingga dapat menyajikan tenaga yang pas. Dorongan tenaga yang besar membuat pengendara semakin merasakan mesin Twin Engine.

Tidak berhenti sampai di situ, untuk menunjang tenaganya, Kawasaki menyematkan twin muffler yang memiliki karakteristik konfigurasi mesin crankshaft 360 derajat. Suara khas yang dihasilkan tetap dipertahankan untuk menjaga orisinalitas Kawasaki W.

Tampilan boleh klasik, namun untuk beberapa hal disesuaikan sehingga sesuai dengan tren yang berkembang saat ini. Salah satu daya tarik ada pada warna mesin yang dilabur blacked-out atau gelap. Selain itu pelek juga diberi warna hitam sehingga terlihat senada.

Kawasaki W800 Cafe dibekali dengan suspensi telescopic dengan diameter lebar 41 turut disematkan yang membuatnya terlihat gagah, sekaligus memudahkan pengendara saat melewati jalanan tidak rata. Fitur modern lain juga tersemat, seperti ABS untuk mengoptimalkan pengereman.

Untuk rem depannya memakai disc dengan diameter 310 mm dan belakang 270 mm. Guna memperkuat kesan klasik, Kawasaki juga menyematkan ban 18 inci di depan dan belakang.

Kawasaki W800 Cafe terbaru juga dilengkapi dengan Double-cradle frame (frame dudukan ganda), sama seperti sebelumnya. Diameter pipa luar tidak berubah, hanya saja ketebalan pipa disesuaikan dengan kebutuhan. Frame dudukan ganda ini dibuat kokoh dengan backbone 50 mm persegi. Alhasil sanggup memberikan kestabilan dan keseimbangan.

Fitur modern lain yang terdapat pada motor bertampang klasik ini adalah sensor O2, standar regulasi Euro4, hingga catalysers untuk mendapatkan emisi yang bersih. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur Assist & Slipper Clutch, speedometer dan tachometer terpisah yang dilengkapi LCD.

Selain W800 Cafe, Kawasaki New Versys 1000 dan New ZX-10R juga tak kalah memikat. Keduanya dipersenjatai dengan mesin in-Line Four engine. Kawasaki New Versys 1000 ditawarkan dalam dua warna, yakni putih dan oranye.

Karena merupakan motor adventure, model ini dibekali dengan handguard, flyscreen, hingga side box yang menjadi ciri khas motor petualang. Mesin berkapasitas 1.043 cc yang dibenamkan pada motor ini diklaim lebih responsif, dengan torsi yang kuat di setiap rentang putaran mesin.

Motor Kawasaki ini memiliki fitur Electronic Throttle Valve yang membuat ECU bisa mengendalikan jumlah bensin yang dikirim ke mesin, baik fuel injector maupun via throttle valve. Untuk sistem pengereman didukung cakram 310 mm dengan kaliper yang diposting dalam posisi radial.

Kawasaki Versys 1000 2019 juga dilengkapi Inertial measurement Unit (IMU) yang merupakan peranti elektronik untuk memantau dan mengatur beberapa komponen supaya lebih efisien. pada model ini Kawasaki menyematkan IMU yang disebut Kawasaki Cornering Management Function (KCMF).

Tidak cukup sampai di situ, motor ini juga memiliki KIBS yang merupakan sistem pengereman standar supersport. KIBS merupakan sistem pengereman yang sama dengan Ninja H2 dan Ninja ZX-10R.

Fitur lain yang disertakan pada motor ini adalah Kawasaki Traction Control (KTC). Fitur ini terbagi menjadi 3 mode untuk menghadapi berbagai jenis jalan. Hadirnya Electronic Cruise Control membuat pengendara bisa menjaga kecepatan hanya dengan menekan tombol.

Sedangkan Kawasaki New ZX-10R diklaim menawarkan mesin yang sudah mendapat pembaruan. Jika awalnya mesin ini hanya sanggup mengeluarkan 190 dk, kini naik menjadi 203 dk. Pembaruan lain yang terlihat pada motor Kawasaki ini adalah pelek dan suspensi yang terlihat lebih memikat.

New Ninja ZX-10R diklaim mengacu pada mesin balap Kawasaki Racing Team (KRT) yang mengukir rekor di Superbike World Championship. Moge Kawasaki ini juga dibekali dengan teknologi Cylinder Head untuk High-Lift Cams. Juga hadir sistem KQS yang dual-direction agar motor bisa menaikkan dan menurunkan gigi tanpa kopling.

Kawasaki ZX-10R 2019 juga memiliki electronic damper (peredam kemudi elektronik) untuk memberikan jumlah redaman yang tepat berdasarkan apa yang dilakukan oleh motor. Juga terdapat sensor kecepatan roda belakang lewat ECU engine, ECU damper setir elektronik menentukan kecepatan motor, serta tingkat kecepatan motor saat accelerating atau decelerating.

Untuk sisi aerodinamis Kawasaki menyematkan cowling yang dapat membelah udara dan melindungi pengendara dari angin, serta memudahkan saat di tikungan. Fork depan memakai lansiran Show, juga BFRC Lite yang juga merupakan buatan Showa. Rem depan memakai Brembo, dengan dual high-spec Brembo M50 monobloc calipers yang dipadukan cakram 330 mm.

Harga Kawasaki W800 Cafe di Indonesia mencapai Rp 290 juta. Sedangkan harga Kawasaki New Versys 1000 menembus Rp 360 juta dan Kawasaki New ZX-10R mencapai Rp 480 juta.