Home Motor Motor Listrik Ini Dia EC-GO 2, Motor Listrik yang Murah Meriah

Ini Dia EC-GO 2, Motor Listrik yang Murah Meriah

679
0

OTONITY.com – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung beberapa waktu lalu menawarkan berbagai kendaraan terbaru. Bahkan juga ada beberapa model yang sukses menarik perhatian pengunjung. Seperti EC-GO 2 yang dihadirkan oleh PT Green City Traffic (GCT).

Wajar jika namanya asing, sebab GCT sendiri merupakan pemain baru di Tanah Air. Sedangkan EC-GO 2 yang menjadi produk unggulannya adalah sebuah motor listrik yang dijual dengan harga terjangkau. Sebenarnya motor semacam EC-GO 2 ini sudah pernah ada di Indonesia. Akan tetapi tetap saja motor listrik terbaru ini memiliki keunikan tersendiri.

GCT menawarkan konsep yang berbeda dibanding merek-merek lainnya. EC-GO 2 bisa dibeli oleh siapa saja yang tertarik untuk memilikinya. Hanya saja baterai yang menjadi sumber tenaga dari kendaraan ini berstatus disewakan.

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Dengan konsep ini konsumen tidak akan terbebani oleh harga yang melambung tinggi. Untuk diketahui, harga unit EC-GO 2 mencapai Rp 6,9 juta. Sangat terjangkau dibandingkan motor listrik serupa lainnya.

Mengenai konsep penyewaannya, nantinya konsumen mengeluarkan dana sebesar Rp 95 ribu untuk pemakaian 1.000 yang bisa dipakai selama 30 hari. Ketika waktu penyewaan habis, konsumen bisa memperpanjangnya lagi dengan melakukan pembayaran kembali. Mirip seperti isi pulsa ponsel.

Meskipun disewakan, baterai EC-GO 2 bisa diisi daya sendiri oleh konsumen di rumah ataupun di tempat lainnya. Cara mengisi daya baterai ini adalah dengan melepas baterai atau langsung mencolokkan kabel ke motor. Jika dirasa cukup merepotkan dan menghabiskan waktu, GCT menawarkan layanan tukar baterai. Tidak hanya itu, juga tersedia jasa delivery dengan tambahan biaya Rp 15 ribu.

“Kami juga menawarkan layanan yang dinamakan baterai swap, tukar baterai kosong dengan baterai penuh. Ini kami sediakan di berbagai gerai nantinya. Dengan adanya fitur itu, konsumen yang berencana melakukan perjalanan jauh tidak perlu khawatir, tinggal mencari lokasi penyedia baterai terdekat, dan menukar baterainya untuk melanjutkan perjalanan,” ungkap Rosyeni, Chief Operating Officer PT GCT.

Lalu bagaimana dengan daya jelajah motor listrik ini??

EC-GO 2 diklaim bisa menempuh jarak sejauh 70 km dengan kondisi baterai terisi penuh hingga habis. Konfigurasi motor listrik yang dibawa EC-GO 2 diklaim bisa membuatnya melesat hingga kecepatan 60 km/jam. Terbilang cukup kencang untuk pemakaian dalam kota. Apalagi kendaraan listrik ini memiliki desain yang kompak dan ramping. Sehingga akan memudahkan pengguna melesat di tengah jalan yang padat.

EC-GO 2 dibekali dengan fitur penunjang berkendara yang memuat 3 mode gear, yakni economy, standard dan sporty. Selain itu juga terdapat fitur alarm anti maling dan rem cakram di bagian depan. Panel instrumen digital turut disematkan pada motor ini dengan berbagai informasi yang cukup lengkap. Tidak perlu khawatir saat melewati jalanan yang terdapat genangan air. Sebab motor listrik ini diklaim aman melewati genangan air setinggi 30 cm.

Tidak hanya irit dan ramah lingkungan, EC-GO 2 juga memiliki teknologi terkini. Salah satunya adalah GPS dan aplikasi pada smartphone untuk memonitor informasi terkini mengenai kendaraan tersebut. Informasi yang terpantau di antaranya kapasitas baterai, suhu kendaraan, lokasi GPS, kecepatan dan data lokasi pengisian baterai di luar yang terkoneksi dengan BMS (Battery Management System).

“Aplikasi menjadikan EC-GO lebih aman, GPS yang terpasang berfungsi memastikan posisi kendaraan berada. Dari sisi keamanan, jika ada yang coba-coba memindahkan EC-GO 2 tanpa sepengetahuan pemiliknya, alarm langsung berbunyi dan GPS mendeteksi lokasi kendaraan kepada pemiliknya melalui aplikasi. Kami juga mementingkan big data untuk memberikan inovasi dan perkembangan teknologi untuk pengguna kendaraan bermotor,” jelasnya.

Supaya pilihan yang ditawarkan lebih beragam, EC-GO 2 ditawarkan dalam beberapa pilihan warna. Antara lain Blue Ocean, Orange Squash, Green Tea, White Pearl dan Titanium. Di samping itu GCT juga memiliki harga khusus untuk pemesanan sebanyak tiga unit. Nantinya konsumen akan mendapat harga Rp 4,9 juta per unit.

Di Indonesia Viar Q1 sudah lebih dulu meluncur dengan desain yang tak kalah modern dan unik. Selain itu juga ada Honda PCX Electric yang hanya disewakan ke perusahaan-perusahaan sebagai kendaraan operasional. Di sisi lain juga ada Gesits yang siap dijual di Indonesia.

Tawaran harga yang terjangkau bisa menjadi modal utama EC-GO 2 untuk memperkenalkan diri dan mengundang rasa penasaran masyarakat yang ingin mencoba motor listrik. Terlebih motor ini mempunyai daya jelajah yang cukup jauh, kecepatan maksimum yang dinilai mumpuni dan adanya opsi battery swap yang memudahkan mobilitas penggunanya.