Home Mobil Fitur Andalan VW Tiguan Allspace 2019 Indonesia

Fitur Andalan VW Tiguan Allspace 2019 Indonesia

532
0

OTONITY.com – Volkswagen Tiguan Allspace hadir sebagai salah satu pilihan menarik bagi masyarakat yang ingin membeli SUV berkapasitas 7-penumpang. Tidak hanya menawarkan desain yang elegan dan kualitas khas kendaraan Eropa, mobil Volkswagen terbaru ini memiliki beragam fitur pendukung.

Tidak hanya untuk kenyamanan saja, namun juga untuk kesenangan berkendara dan keamanan. Penasaran apa saja tawaran VW Tiguan Allspace ini? Berikut detail selengkapnya yang bisa Anda simak.

Melirik sektor eksterior, SUV Volkswagen ini dibekali dengan lampu LED. Di sisi depan terdapat daytime running light yang diletakkan layaknya eyeliner mata wanita. Tidak hanya itu, Volkswagen juga menyematkan teknologi Dynamic Cornering Lights pada sistem pencahayaannya.

Fitur ini membuat pancaran sinar bergerak dinamis, mengikuti arah putaran kemudi. Sehingga sudut dalam tikungan jadi terlihat lebih jelas saat malam hari.

Untuk sisi interior, VW Tiguan Allspace dibekali fitur Keyless Entry Start and Authorization System (KESSY). Fitur ini menggantikan anak kunci dan seakan menjadi salah satu fitur wajib yang harus ada pada mobil modern.

Dengan fitur tersebut, pengguna hanya perlu mengantongi remote dan mendekati pintu. Nantinya kunci pintu akan otomatis terbuka. Fitur tersebut juga dikombinasikan dengan Start/Stop Button yang tujuannya tidak lain untuk menghidupkan dan mematikan mobil dengan sekali sentuh.

Untuk menjamin kenyamanan pengguna selama perjalanan, mobil VW ini memiliki fitur pendingin kabin dengan 3 Zone Climatronic. Fitur ini memastikan suhu terkontrol secara independen di tiga area, yakni pengemudi, penumpang depan dan baris belakang. Sebab, umumnya kebutuhan tiap baris berbeda-beda.

Segi fungsionalitas untuk mengangkut barang juga perlu diapresiasi. Tidak hanya ruangnya yang memadai, akses ke bagasi juga lebih mudah lantaran Volkswagen melengkapinya dengan Easy Open. Fitur ini memanfaatkan sensor dan hidrolik elektrik. Sehingga pemilik hanya perlu menyapukan kaki di bawah bumper, maka pintu belakang akan langsung terbuka otomatis.

Fitur ini akan memudahkan pengguna saat tangan membawa banyak barang bawaan. Saat ingin menutupnya, ada tombol dengan dua mode, immediate dan delayed closing.

Volkswagen Tiguan Allspace juga diatur supaya memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan bebas stres. Sebab SUV ini dilengkapi dengan panel instrumen berukuran 12,3 inci yang tidak hanya berfungsi menampilkan speedometer dan odometer saja. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk menunjukkan data lain, seperti lagu, navigasi hingga Tire Pressure Monitoring atau tekanan ban.

Mobil VW ini juga memiliki lima mode berkendara yang bisa mengubah performa mobil. Di antaranya normal, comfortable, sporty, individual dan eco style. Tidak hanya itu, juga hadir fitur Cruise Control sehingga pengemudi bisa melepaskan pedal akselerasi saat melesat.

Fitur Electronic Stability Control (ESC) turut hadir pada Tiguan Allspace. Fungsinya untuk mengatur pengereman pada satu atau dua roda, sehingga mengurangi tenaga mesin jika perlu. Dengan fitur ini mobil akan terhindar dari selip.

Fitur ESC juga terhubung dengan Anti-Locking Brake System (ABS) dan Engine Brake Control (EBC). Juga terdapat sensor roda, kemudi dan gerakan yaw. Volkswagen juga menyertakan fitur Dynamic Chassis Control (DCC) yang konstan menyesuaikan sistem suspensi dengan kondisi jalan, situasi mengemudi dan keinginan pengemudi.

VW Tiguan Allspace masih memiliki fitur lain, seperti Park Assist untuk memudahkan urusan parkir. Fitur ini merupakan sistem semi-otonom yang bisa dimanfaatkan saat hendak parkir seri, paralel ataupun mundur. Dengan memanfaatkan sensor ultrasonic, Park Assist mendeteksi tempat parkir yang luasnya memenuhi kriteria.

Sehingga pengemudi hanya perlu mengoperasikan pedal akselerasi dan rem, sembari melihat kondisi sekitar tanpa perlu memegang kemudi. Fitur ini juga didukung kamera parkir yang mencakup area seluas 360 derajat. Pengemudi juga diberi kebebasan memilih hingga dua belas model pandangan.

Fitur keselamatan canggih seperti Automatic Post Collision Brake System juga hadir pada SUV ini. Tujuannya untuk mengurangi dampak kecelakaan. Fitur ini dapat memulai pengereman secara otomatis setelah kendaraan mengalami tabrakan dan mempercepat pengereman.

Jika dilihat dari tampilannya, sekilas masih sama seperti Tiguan biasa. Perbedaan terletak pada hadirnya bangku baris ketiga. Akan tetapi tentu saja itu bukan ubahan satu-satunya. Ada beberapa perubahan supaya Tiguan Allspace bisa mengakomodasi keleluasaan.

Seperti memanjangkan mobil 215 mm untuk mengakomodasi ruang kabin baris ketiga dan kargo. Untuk menjaga overhang bagian belakang yang tetap kompak, VW memutuskan untuk memakai sumbu roda sebagai acuan. Alhasil sumbu rodanya 77 mm lebih panjang dari Tiguan biasa.

Kemampuan bermanuver sedikit dikompromi lantaran overhang yang kompak, serta menjadi faktor penting untuk sebuah SUV dalam mempertahankan ground clearance yang tinggi saat melewati gundukan. Bagian pilar C dari Tiguan Allspace juga diubah supaya memudahkan akses penumpang ke baris ketiga.

Bagian atap Tiguan yang melandai juga hilang. Atap bagian belakang VW Tiguan Allspace ini dibuat lebih tinggi. Hal ini dilakukan supaya mengakomodasi headroom dari penumpang yang duduk di baris ketiga. Seluruh ubahan tersebut membuat VW Tiguan Allspace tidak hanya menjadi SUV 7-seater saja, namun benar-benar bisa memuat tujuh penumpang dengan kargo di dalamnya. 

Mobil VW terbaru ini sendiri sempat dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung beberapa waktu lalu. Menariknya VW Tiguan Allspace ini diklaim laris selama pameran. Statusnya yang sudah rakitan Indonesia bisa menjadi salah satu poin plus yang menarik perhatian.

Harga VW Tiguan Allspace ini mencapai Rp 598 juta. Lebih terjangkau dari sebelumnya yang mencapai Rp 695 juta. Pengiriman ke konsumen rencananya akan dilakukan pada Oktober mendatang.