Home Motor Motor Sport Honda CBR250RR 2020 Akan Dilengkapi 3 Fitur Baru?

Honda CBR250RR 2020 Akan Dilengkapi 3 Fitur Baru?

747
0

OTONITY.com – Honda CBR250RR bukanlah satu-satunya pilihan di segmen sportbike full fairing 250 cc. Masih ada beberapa rival lain yang tak kalah memikat, seperti Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250. Saat hadir pertama kalinya, All New CBR250RR menawarkan mode berkendara yang menjadi pertama di kelasnya.

Hanya saja seiring berjalannya waktu motor Honda ini ketinggalan dengan rival-rivalnya karena absennya beberapa fitur yang tak kalah penting. Akan tetapi tampaknya pabrikan motor asal Jepang ini akan berbenah. Akhir tahun ini Honda berencana menghadirkan penyegaran untuk CBR250RR. Kabar yang berhembus motor sport Honda ini akan mengusung tiga fitur baru.

Jika melihat kompetitornya seperti Kawasaki Ninja 250, ada fitur smart key system yang menjadi fitur opsional pada motor ini. Ninja 250 bukan satu-satunya, sebab Suzuki juga menawarkan sistem kunci modern itu. Bahkan fitur itu tersedia pada Suzuki GSX-R150 yang kelasnya berada di bawah CBR250RR.

Tidak hanya itu, pesaing Honda CBR250RR juga memiliki fitur assist & slipper clutch. Lagi-lagi motor sport Kawasaki sudah memiliki fitur tersebut sebagai penunjang keamanan untuk pengendara. Yamaha R15 VVA yang juga di bawah CBR250RR juga sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Apa pentingnya fitur tersebut? Peranti ini akan bekerja saat terjadi engine brake. Ketika mengoper ke gigi lebih rendah juga tidak akan ada gejala menyentak sehingga mencegah risiko ban belakang mengunci. Artinya spare part yang bekerja pada kondisi tersebut akan lebih awet. Hanya saja Honda CBR250RR belum memiliki fitur tersebut.

Melihat CBR250RR yang hadir saat ini, sejak dirilis pertama kali sampai sekarang PT Astra Honda Motor (AHM) memang belum memberikan tambahan fitur pada model tersebut. Agen pemegang merek Honda di Indonesia itu justru menghadirkan CBR250RR versi murah.

Akan tetapi informasi menarik berhembus dari luar negeri. Menurut informasi dari laman zigwheels Honda akan membenamkan fitur baru pada CBR250RR agar semakin kompetitif dengan kompetitor.

Menurut gambar paten yang diklaim milik Honda, terlihat bahwa Honda CBR250RR akan dilengkapi dengan kunci pintar. Hal ini diperjelas dengan penerapan kode K64J. Selain itu motor Honda ini kabarnya juga akan dilengkapi dengan fitur assist & slipper clutch. Jika melihat peruntukannya di lintasan, fitur ini tentunya akan disenangi oleh konsumen.

Tidak cukup sampai di situ, kabarnya Honda CBR250RR juga akan mengusung fitur quick shifter. Diduga motor Honda terbaru ini akan hadir pada Tokyo Motor Show 2019. Dalam pameran otomotif itu CBR250RR akan hadir sebagai model 2020. Tawaran fitur-fitur tersebut tentunya bisa membuat Honda CBR250RR semakin modern dan menarik perhatian.

Dan juga hadirnya fitur tersebut akan melengkapi keunggulan yang sebelumnya sudah hadir pada motor ini. Seperti hadirnya tiga mode berkendara dan teknologi throttle by wire. Di sisi dapur pacu motor sport ini mengandalkan mesin dua silinder segaris. Tenaganya bisa mencapai 28,5 kW pada putaran 12.500 rpm dengan torsi puncak 23,3 Nm pada putaran 11.000 rpm.

Jika dibandingkan dengan rivalnya seperti Ninja 250 atau Yamaha R25, performa Honda CBR250RR masih kompetitif. Akan tetapi tentunya konsumen di segmen ini tidak hanya berpatokan pada performa saja, namun juga kelengkapan fitur.

Maka dari itu tawaran fitur-fitur baru ini akan menarik perhatian. Apalagi dari segi desain sendiri CBR250RR masih terbilang menarik dan memiliki karakteristik tersendiri. Hanya saja kita tetap harus menunggu informasi resmi dari pihak Honda. Jika benar fitur baru hadir pada Honda CBR250RR, semoga harga jualnya tidak naik signifikan sehingga tetap kompetitif dibanding para kompetitor.