Home Motor Motor Bebek Yamaha MX King 2020 Akan Usung Mesin Baru?

Yamaha MX King 2020 Akan Usung Mesin Baru?

1187
0

OTONITY.com – Kabar baru datang dari salah satu produsen sepeda motor asal Negeri Samurai, Yamaha. Motor bebek sport andalannya, Yamaha MX King kabarnya akan diperbarui. Yang menarik perhatian, motor Yamaha ini kabarnya akan mengandalkan mesin baru yang sudah mengusung teknologi VVA (Variable Valve Actuation).

Informasi ini berhembus dari Vietnam. Salah satu media otomotif setempat, Motosaigon mengunggah gambar New Exciter 155 VVA yang langsung membuatnya hangat diperbincangkan. Untuk diketahui, Yamaha Exciter merupakan nama lain dari MX King untuk pasar Vietnam.

Di Vietnam sendiri MX King tidak sendirian. Sebab rival senegaranya, Honda juga baru saja menghadirkan Honda Winner X atau yang dikenal dengan nama Supra GTR di Indonesia. Motor ini baru saja rilis beberapa minggu lalu untuk pasar Vietnam. Berdasarkan kondisi tersebut, tidak menutup kemungkinan Yamaha MX King nantinya bukan hanya berstatus sebagai facelift namun all new alias generasi baru.

Masih dari informasi yang sama, Yamaha MX King terbaru mengandalkan mesin berkapasitas 155 cc VVA. Mesin ini kemungkinan sama seperti yang disematkan pada New Vixion R ataupun R15 V3. Tenaga maksimum mesin ini mencapai 193 hp pada putaran 10.000 rpm. Sedangkan untuk trnsmisinya memakai gearbox 6-percepatan.

Jika benar demikian, maka power to weight ratio Yamaha MX King bisa lebih baik. Sehingga performa MX King bisa setara dengan Honda Winner X 150 yang mengandalkan dapur pacu DOHC 6-percepatan.

Ada yang berpendapat bahwa VVA berfungsi untuk menambah tenaga. Padahal intinya bukan demikian. Teknologi ini bekerja bukan berdasarkan kecepatan motor, melainkan berpatokan pada putaran mesin atau rpm. Tujuannya untuk memperoleh performa yang baik di semua putaran mesin, serta membuat konsumsi bensin lebih irit.

Melirik spesifikasi teknis, Yamaha MX King yang beredar saat ini mempunyai bore x stroke yang sama persis dengan Vixion non VVA, yakni 57,0 x 58,7 mm. Hanya saja tenaganya lebih kecil 1 hp. Bila memakai teknologi VVA dari R15 V3, kemungkinan tenaganya bisa naik sebesar 4 hp dan kompresi mesin naik menjadi 11,6:1 hingga 12,0:1.

Tidak hanya mesin saja yang berubah, berdasarkan gambar yang berbeda MX King juga mendapat ubahan di sisi desain. Tampilan motor bebek Yamaha ini menjadi lebih sporty. Desain headlamp-nya mempunyai karakter yang sama dengan wajah YZF-R6. Di samping itu juga terdapat panel digital baru yang mirip dengan milik Aerox. Yamaha juga membekali MX King ini dengan sistem keyless ignition.

Hampir di setiap lekukan bodi memiliki garis tajam, dari tengah hingga ke belakang. Seperti di bagian tebeng, terdapat desain semacam sirip hiu, mirip seperti jajaran motor gede buatan Yamaha. Sedangkan bagian lampu rem tampak mirip dengan tampilan lampu belakang Yamaha R1 dan R15 V3.

Motor Yamaha ini juga dikabarkan mengusung fitur rem ABS (Anti-lock Braking System). Fitur ini memperkuat rem cakram yang hadir di kedua roda. Sehingga hal ini menjadi nilai tambah bagi MX King terbaru nantinya. Sedangkan untuk sektor pelek juga terlihat lebih segar dengan dual 5-spoke.

Sayangnya belum bisa diketahui kapan motor Yamaha terbaru ini akan rilis. Dan belum bisa dipastikan kapan Yamaha MX King terbaru meluncur di Indonesia. Biasanya setelah model baru diperkenalkan di Vietnam atau negara Asia Tenggara lain, maka tidak lama sesudahnya juga akan rilis di Tanah Air.

Diperkirakan MX King terbaru ini akan hadir di Vietnam pada akhir tahun ini. Atau selambat-lambatnya awal tahun 2020. Tertarik untuk menunggu kehadiran Yamaha MX King 2020 ini?