Home Motor Motor Sport Yamaha XSR155 Hadir Sebentar Lagi, Ini Bocorannya

Yamaha XSR155 Hadir Sebentar Lagi, Ini Bocorannya

3398
0

OTONITY.com – Pabrikan motor berlogo tiga garputala, Yamaha diketahui akan menghadirkan motor baru. Motor tersebut digadang-gadang akan hadir dengan nama Yamaha XSR155. Rumor seputar motor ini telah menjadi perbincangan hangat di dunia maya, tak terkecuali gambar rendering yang tersebar.

Menurut informasi, Yamaha XSR155 akan meluncur pada pekan depan. Hanya saja untuk pertama kali motor ini akan dihadirkan di Thailand. Belum bisa dipastikan apakah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga akan merilis motor ini di Tanah Air atau tidak. Akan tetapi tentu akan menjadi pilihan yang menarik bila XSR155 juga dijual di Indonesia, mengingat motor dengan konsep semacam ini sedang diminati masyarakat.

Sebenarnya Yamaha XSR155 mempunyai kompetitor yang juga hadir dengan desain layaknya motor modifikasi. Model yang dimaksud adalah Kawasaki W175. Di Indonesia sendiri motor Kawasaki ini cukup laris. Maka dari itu bisa jadi kesuksesan W175 menarik Yamaha untuk menghadirkan XSR155.

Informasi lain menyebutkan bahwa Yamaha XSR155 mengusung desain seperti pada XSR700 dan XSR900. Hanya saja desain resminya belum bisa diketahui. Kendati demikian lewat gambar yang dipublikasikan TMCBlog, terlihat bahwa motor Yamaha terbaru ini mengusung desain tracker modern.

Ada beberapa bagian yang mempertahankan ciri khas motor tracker. Seperti stang yang dibuat lebih tinggi dari tangki bahan bakar, serta jok dan bagian buritan yang datar. Kesan modern hadir lewat pemakaian headlamp LED dan panel meter digital. Tidak hanya itu, motor ini kabarnya menggunakan basis yang sama dengan Yamaha MT-15.

Hal tersebut terlihat dari struktur kaki-kaki hingga mesin. Daya tarik lainnya dari Yamaha XSR155 adalah disematkannya suspensi tipe up-side down (USD) di bagian depan. Di samping itu juga disertakan swingarm model pisang yang menjadi tempat suspensi belakang penyangga sasis.

Model pelek motor ini juga mirip dengan milik MT-15. Hanya saja pilihan roda yang dipakai berbeda. Yamaha XSR155 terlihat mengedepankan peruntukan dua alam dengan pilihan ban tipe dual purpose.

Belum diketahui persis bagaimana soal dapur pacunya. Akan tetapi beredar rumor bahwa motor ini tetap mengandalkan mesin MT-15. Artinya motor ini memakai mesin berkapasitas 155 cc dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA).

Berbekal mesin ini motor Yamaha itu bisa mengeluarkan tenaga sebesar 19 hp pada putaran 10.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya menembus angka 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Material mesin forged piston dan diasil cylinder masih menjadi karakter khas yang tetap dipertahankan. Dua hal ini dinilai bisa membuat performa lebih baik dan mesin lebih awet.

Kehadiran Yamaha XSR155 bisa meningkatkan penjualan Yamaha, terlebih di segmen naked bike bermesin 150 cc. Untuk diketahui, baik di Thailand maupun Indonesia pabrikan motor ternama asal Negeri Bunga Sakura itu sudah mempunyai banyak pilihan. Mulai dariĀ  Yamaha V-Ixion, Xabre atau M-Slaz, Byson hingga MT-15.

Rencananya motor ini akan dirilis pada 16 Agustus 2019 mendatang. XSR155 juga sekaligus melengkapi jajaran XSR yang dipasarkan Yamaha Thailand. Sebelumnya Yamaha sudah memiliki XSR700 dan XSR900 yang dijual di Negeri Gajah Putih itu.

Sementara itu, jika motor baru ini juga dijual di Indonesia maka YIMM akan membuka segmen baru. Sebab sejauh ini belum ada model serupa XSR155 di Tanah Air. Motor Yamaha terbaru ini bisa jadi memperkuat penjualan YIMM di segmen naked bike setelah kegagalannya dalam memasarkan Byson maupun Xabre.

Penjualan Yamaha Xabre sendiri cukup terpuruk dari 2016-2018. Di sisi lain saat ini YIMM sudah memiliki MT-15. Maka dari itu XSR155 bisa saja menggantikan posisi Xabre dan Byson.