Home Motor Motor Matik Komparasi Lambretta V125 vs V200 Special, Mana yang Menarik?

Komparasi Lambretta V125 vs V200 Special, Mana yang Menarik?

527
0

OTONITY.com – Lambretta resmi hadir di Indonesia dengan membawa dua motor baru, yakni V125 Special dan V200 Special. Meski memiliki tampang yang mirip selisih harga keduanya cukup jauh, yakni mencapai Rp 8 juta. Harga Lambretta V125 Special Rp 44,5 juta, sedangkan harga Lambretta V200 Special Rp 52,5 juta.

Dengan selisih harga tersebut dua motor Lambretta terbaru ini menawarkan karakter yang berbeda. Penasaran apa saja perbedaan dua skuter Lambretta ini? Berikut detail selengkapnya yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli salah satunya.

Mesin

Jika ditanya perbedaan mendasar dari dua motor matic ini, tentu kapasitas mesin jawabannya. Menurut data teknis, Lambretta V125 Special mengusung mesin berkapasitas 124,7 cc. Tenaga maksimum mesin ini mencapai Rp 10 hp pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 9,2 Nm pada 7.000 rpm.

Sedangkan Lambretta V200 Special memiliki dapur pacu dengan volume silinder 169 cc. Tenaganya bisa mencapai 11,8 hp pada 8.000 rpm dan torsi 12,2 Nm pada putaran 5.500 rpm. Keduanya mempunyai output daya yang mirip, namun torsinya berbeda signifikan.

Menurut laporan Oto, perbedaan tersebut membuat akselerasi V125 terasa lemas. Hal ini bisa sedikit menyusahkan pengendara saat berada di tanjakan atau melesat dari keadaan diam. Apalagi CVT motor ini juga agak lambat merespons.

Entakan tenaga baru terasa pada putaran 6.500 rpm ke atas. Setelahnya performa dinilai agresif dan melesat cepat, meski tak begitu lama. Saat speedometer menunjukkan angka 80 km/jam performanya kembali datar. Di sisi lain Lambretta V125 Special memiliki kecepatan maksimum 95 km/jam. Sedangkan mengenai kehalusan dan efisiensi bahan bakar V125 dinilai sudah mumpuni.

Sementara itu Lambretta V200 mempunyai performa yang lebih mengesankan. Berbekal tenaga dan torsi yang lebih besar, akselerasi motor Lambretta ini dirasa lebih enak. Respons motor tergolong cepat, tanpa ada gejala lamban. Jika Anda mengutamakan performa dalam membeli motor, maka Lambretta V200 adalah pilihan yang lebih tepat dibanding V125.

Pengereman

Lambreta menyematkan piringan cakram sebagai sistem pengereman kedua motor ini. Untuk bagian depan berukuran 226 mm dan bagian belakang 220 mm. Tawaran fitur ini menjadi nilai plus bagi Lambretta V125 dan V200 Special. Sebab beberapa kompetitor yang harganya setara kedua motor ini tidak dilengkapi fitur tersebut.

Hanya saja untuk Lambretta V125 Special belum dilengkapi sensor Anti-lock Braking System (ABS). Motor ini hanya mempunyai teknologi Combi Brake System (CBS). Teknologi pencegah ban terkunci itu hanya tersedia pada V200 Special saja. Hanya saja fitur ABS tersedia dalam satu channel. Dari kelengkapan fitur, Lambretta V200 tentu lebih baik dari V125.

Suspensi

Perbedaan selanjutnya terdapat pada suspensi. Di depan kedua motor Lambretta ini sama-sama memakai fork teleskopik. Hanya saja di bagian belakang Lambretta V200 memakai dua shockbreaker. Alhasil motor lebih nyaman saat dipakai meliuk-liuk.

Pengendalian juga lebih akurat, dengan kualitas redaman yang lebih baik. Meski Lambretta V125 juga tergolong nyaman, tetap saja V200 Special yang lebih unggul.

Selain ketiga hal di atas, masih ada perbedaan kecil lainnya seperti kosmetik dan pilihan warna. Sedangkan fitur di panel instrumen, ruang akomodasi dan lain sebagainya sama. Bahkan bobotnya juga tidak terlalu berbeda. Bobot Lambretta V200 sendiri masih cukup ringan.

Dari beberapa perbedaan di atas, Lambretta V200 Special terlihat lebih menarik dari V125 Special. Di sisi lain Adrianus Donny, bos Lambretta Indonesia mengungkapkan bahwa model ini lebih laris dari V125 Special. Hanya saja memang selisihnya cukup signifikan. Mungkin faktor ini yang membuat sebagian calon konsumen berpikir dua kali untuk memilih Lambretta V200 Special.

Terlepas dari hal itu, beberapa kekurangan Lambretta V125 Special adalah soal performa, pengereman dan kenyamanan. Jika Anda tidak terlalu masalah dengan ketiga hal ini Lambretta V125 Special tetap bisa menjadi pilihan yang menarik. Terlebih jika Anda berniat untuk memakainya sebagai kendaraan harian.

Dengan Dana Rp 44,5 juta Anda sudah bisa memiliki skuter legendaris dengan kualitas khas Italia. Bagaimana, model mana yang lebih menarik bagi Anda? Apakah Lambretta V125 Special saja atau V200 Special?