Home Mobil Baojun RS-5, Kembaran Almaz dengan Fitur Melimpah

Baojun RS-5, Kembaran Almaz dengan Fitur Melimpah

625
0

OTONITY.com – Wuling Motors cukup aktif dalam menghadirkan produk terbarunya di Indonesia. Tidak hanya itu, di negara asalnya merek otomotif yang satu ini juga cukup rutin merilis mobil baru. Salah satunya adalah dengan menghadirkan Baojun all-new RS-5. Model ini sendiri sudah dirilis sejak April lalu di Cina.

Jika diperhatikan, desain mobil Baojun ini mirip dengan Baojun 530 atau Wuling Almaz yang dijual di Indonesia. Hanya saja ada beberapa perbedaan yang membuatnya jelas-jelas berbeda. Bahkan terlihat lebih premium dari saudaranya.

Baojun RS-5 dipasarkan dalam lima varian. Antara lain Super Connected Manual, Super Connected Trends, Smart Driving Deluxe Edition, Smart Driving Control Premium Edition dan Smart Driving Ultimate yang menjadi varian tertinggi. Harga crossover Baojun ini sendiri mulai dari Rp 197 jutaan sampai dengan Rp 237 jutaan.

Di bagian eksterior mobil Baojun terbaru ini tampak mirip dengan Wuling Almaz. Di sisi depan terdapat lampu sipit berupa kombinasi daytime running light dan sein. Sedangkan di bawahnya terdapat lampu LED yang didesain bertingkat, lengkap dengan foglamp atau lampu kabut.

Meski sekilas mirip, bagian grille terlihat berbeda. Baojun RS-5 memiliki grille dengan bintik-bintik yang memancarkan aura mewah. Lain halnya dengan Baojun 530 yang mengusung grille dengan bentuk berlian, plus perpaduan kisi-kisi vertikal dengan dua palang horizontal yang dominan.

Desain eksterior Baojun RS-5 tetap gagah layaknya mobil SUV pada umumnya. Mobil ini juga mewarisi gaya Baojun 530 yang kekar. Hanya saja dimensinya lebih pendek dan rendah, meski melebar sedikit. Melirik spesifikasi teknis, mobil ini mempunyai panjang 4.570 mm, dengan lebar 1.870 mm dan tinggi mencapai 1.720 mm.

Di sektor performa, Baojun RS-5 mengandalkan mesi berkapasitas 1,5 liter turbocharged. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 148 hp dengan tori 250 Nm. Daya tersebut disalurkan ke sektor roda lewat dua pilihan transmisi, yaitu manual 6-percepatan dan CVT 8-percepatan.

Fitur yang disematkan pada mobil Baojun ini tergolong melimpah. Untuk varian tertinggi ada berbagai teknologi terkini. Seperti smart key yang menggantikan fungsi kunci konvensional untuk membuka pintu, serta start-stop button untuk menghidupkan maupun mematikan mesin.

Mobil ini juga dilengkapi dengan head unit besar berukuran 10,25 inci yang disertai dengan fitur perintah suara. Bahkan layar ini juga dapat terhubung ke internet untuk melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari mendengarkan musik, navigasi hingga belanja di situs e-commerce.

Soal kualitas suara tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya Baojun RS-5 mengusung sistem audio Infinity by Harman dengan total 9 speaker. Tidak cukup sampai di situ, pada bagian pengemudi juga tersemat panel instrumen 12,3 inci yang dapat dihubungkan ke head unit.

Fitur keselamatan juga turut hadir pada crossover ini, bahkan juga tak kalah modern. Mulai dari collision warning, automatic emergency braking, collision mitigation yang aktif mendeteksi adanya pejalan kaki di depan mobil turut dibenamkan pada mobil ini. Kenyamanan dan keamanan selama berkendara juga semakin maksimal berkat sederet fitur menarik.

Seperti adaptive brake assist, safety distance alarm, anti-lock braking system, electronic brake distribution, intelligent speed limit assist, electronic stability system, vehicle dynamic control system, brake assist function, traction control function dan uphill accessibility. Baojun RS-5 juga mempunyai fitur kamera 360 derajat, rem tangan elektronik dengan autohold automatic parking, sensor parkir depan dan belakang yang akan memudahkan pengguna untuk parkir.

RS-5 juga mempunyai fitur lain, di antaranya adaptive cruise control, lane departure warning, lane keeping assist, curved cruise assist (membantu mengurangi tenaga saat memasuki tikungan), intelligent far and near light switching dan tire pressure monitoring system. Keselamatan pengguna juga dijaga dengan hadirnya 6 airbag yang mencakup dua di depan, dua samping bangku baris pertama dan sisi jendela dari depan hingga paling belakang.

Menghadirkan produk yang berkualitas, penuh dengan fitur dan harga yang terjangkau merupakan andalan dari Baojun maupun Wuling Motors. RS-5 adalah bukti yang semakin memperkuat strategi jitu Baojun itu. Tentu model ini menjadi pilihan yang menarik, terlebih jika dihadirkan di Indonesia.

Sebab SUV sendiri cukup populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Desain Baojun RS-5 yang menarik dan mirip dengan saudaranya bisa jadi salah satu bekal model ini untuk mengikuti kesuksesan Wuling Almaz. Dan yang tak kalah menarik adalah harga murah dan fitur yang melimpah.

Memang banderol harga tersebut untuk pasar di Negeri Tirai Bambu. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika model ini juga dijual di Tanah Air akan mempunyai harga yang tak kalah terjangkau. Sehingga bisa menjadi pilihan untuk konsumen yang ingin naik kelas dari MPV.