Home Mobil Suzuki XL6 Rilis dalam Waktu Dekat, Lebih Premium dari Ertiga

Suzuki XL6 Rilis dalam Waktu Dekat, Lebih Premium dari Ertiga

370
0

OTONITY.com – Salah satu produsen mobil ternama asal Jepang, Suzuki akan menghadirkan mobil baru di India. Maruti Suzuki selaku agen pemegang merek Suzuki di sana digadang-gadang akan meluncurkan MPV enam kursi premium baru, XL6. Mobil MPV ini kabarnya akan mengaspal pada 21 Agustus mendatang.

Untuk diketahui, Suzuki XL6 membawa Ertiga sebagai basis desain. Kendati demikian akan ada beberapa perbedaan dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Suzuki XL6 nantinya akan mengandalkan mesin bensin berkapasitas 1,5 liter yang dipadukan smart hybrid. Hasilnya mobil keluarga ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 104 hp dengan torsi 138 Nm. Sementara transmisinya tersedia dalam versi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan.

Suzuki XL6 juga mempunyai desain eksterior yang cukup berbeda. Sebagian perbedaan terdapat di sisi depan. XL6 mengusung grill hitam baru dengan strip krom tebal di bagian tengah. Kisi-kisi baru diapit di kedua sisi oleh satu set cluster headlamp dengan tampilan yang menarik.

Cluster headlamp baru kini tersedia dengan lampu proyektor dan DRL LED. Lampu Daytime Running ini dibuat sedemikian rupa untuk menjadi perpanjangan dari strip krom berjalan melintasi lebar grille depan.

Di bagian samping sebagian besar masih sama, meski ada kemungkinan Suzuki XL6 akan memakai velg alloy baru dengan rel atap yang membuat kesan premium pada MPV ini semakin kuat. Di sisi belakang ubahan yang diberikan juga tergolong kecil. Terlihat mobil Suzuki ini mengusung lampu belakang LED baru, lengkap dengan bumper yang sedikit berubah.

Sisi interior dan fitur juga terdapat perbedaan. Suzuki XL6 menawarkan kabin dengan warna gelap. Sentuhan warna hitam terdapat pada dasbor, konsol tengah, setir dan pelapis kulit jok imitasi hitam. Hanya saja ada beberapa elemen perak di sekitarnya yang menambah sedikit kontras pada interiornya.

Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem infotainment SmartPlay yang memiliki Apple CarPlay dan Android Auto. Sistem ini mempunyai beberapa fungsi lain. Sisi setir kemudi juga dilengkapi dengan kontrol untuk sistem audio dan panggilan.

Suzuki L6 juga mempunyai fitur lain. Seperti kontrol AC otomatis, keyless, tombol start-stop, kontrol jelajah, ABS dengan EBD, immobilizer, airbag, dudukan kursi anak ISOFIX dan banyak lagi lainnya. Akan tetapi perbedaan mencolok antara Ertiga dan XL6 terdapat pada kursi baris kedua.

Sebab Suzuki XL6 menawarkan kursi kapten di baris kedua. Lain halnya dengan Ertiga yang mengusung kursi bangku. Hadirnya captain seat dengan sandaran lengan individu ini memberikan kenyamanan dan bantalan yang lebih baik dari kursi standar. Sekaligus menambah kesan mewah dari mobil ini.

Mobil baru Suzuki ini juga lebih panjang dari Ertiga, meski sasisnya sama. Melirik spesifikasinya, panjang XL6 mencapai 4.445 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.700 mm. Lebih panjang 50 mm dari Ertiga, 40 mm lebih lebar dan lebih tinggi 10 mm dari Ertiga. Jarak sumbu rodanya 2.740 mm, dengan sudut belok 5,2 meter.

Calon konsumen yang berminat sudah bisa memesan Suzuki XL6 lewat online pada jaringan dealer Nexa dengan uang tanda jadi sebesar Rs11.000 atau Rp 2,2 jutaan.

“Di Maruti Suzuki, kami selalu fokus untuk mengeluarkan produk yang sesuai dengan permintaan pelanggan. XL6 adalah MPV premium enam kursi eksklusif, dirancang untuk memenuhi aspirasi pelanggan Nexa yang berkembang dan cerdas,” ungkap Shashank Srivastava, Direktur Eksekutif Pemasaran dan Penjualan Maruti Suzuki India.

Belum diketahui apakah MPV Suzuki terbaru ini nantinya juga akan dipasarkan di Indonesia atau tidak. Akan tetapi jika iya maka persaingan MPV di Indonesia bisa lebih sengit lagi. Di sisi lain Suzuki XL6 bisa berhadapan dengan Toyota Sienta yang juga menawarkan fitur dan spesifikasi yang sekelas. Hanya saja kita perlu menunggu lagi mengenai harga Suzuki XL6 resmi, berikut informasi dari Suzuki Indonesia mengenai kehadiran mobil ini di Tanah Air.