Home Motor Motor Sport Yamaha Vixion 2019 Warna Baru, Harga Mulai Rp 26 Jutaan

Yamaha Vixion 2019 Warna Baru, Harga Mulai Rp 26 Jutaan

1961
0

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali menyegarkan produk buatannya yang dijual di Tanah Air. Kali ini giliran All New Vixion dan All New Vixion R yang mendapat penyegaran. Kedua motor Yamaha ini mendapat varian warna baru.

Perubahan warna ini menyusul upaya YIMM untuk terus menghadirkan motor sport masa kini yang sejalan dengan perkembangan tren gaya hidup dan dapat merefleksikan karakter dari sang pengendara.

Ada 5 warna baru beserta stripping yang juga baru pada Yamaha Vixion dan Vixion R ini. Semua pilihan warna baru ini ditujukan kepada konsumen untuk mendukung gaya berkendara yang semakin sporty dan penuh percaya diri.

Untuk Yamaha New Vixion ada opsi warna Matte Black, Metallic Blue dan Metallic Red. Untuk Yamaha Vixion versi Matte Black, Yamaha menyematkan Casting Wheel (velg) dengan warna emas. Tawaran ini mirip dengan Yamaha NMAX yang sudah hadir lebih dulu.

Sementara stripping bodi Yamaha Vixion 2019 mengusung desain yang lebih tajam. Stripping ini menghiasi bagian kanan dan kiri tangki, serta bagian buritan motor. Pengapikasian stripping ini membuat motor sport Yamaha ini memancarkan kesan racy, sekaligus memperkuat karakternya yang sporty.

Lalu untuk Yamaha Vixion R 2019 dipasarkan dalam pilihan warna Matte Red dan Matte Grey. Strippingnya didesain seperti huruf “R” yang menghiasi bagian kanan dan kiri tangki. Desain stripping model ini menjadi lebih tegas, sehingga kesan tangguh dan berani tampak mencolok dari motor ini.

Di bagian casting wheel juga terdapat sentuhan perubahan. Dengan pin stripe bertuliskan Vixion R yang dapat meningkatkan kesan sporty pada motor. Selain itu swing arm Yamaha Vixion R dilabur dengan warna silver yang membuat sektor kaki-kaki menjadi lebih kokoh.

“Kami yakin kehadiran varian warna dan stripping baru ini akan semakin memperkuat karakter sport yang selama ini telah menjadi daya tarik utama dari All New Vixion dan All New Vixion R. Ditambah beragam fitur unggulan yang terdapat pada motor tersebut, menjadikannya partner berkendara terbaik dalam menemani aktivitas sehari-hari,” jelas Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing PT YIMM, dalam siaran resminya.

Jika tertarik, harga Yamaha Vixion 2019 mencapai Rp 26.950.000. Sedangkan banderol harga Yamaha Vixion R 2019 mencapai Rp 30.555.000. Juga tersedia All New Vixion Monster Energy Yamaha MotoGP yang dijual Rp 27.650.000. Semua harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Meski terlihat sama, Yamaha Vixion dan Vixion R sebenarnya memiliki beberapa perbedaan. Seperti dimensi keseluruhannya yang sedikit berbeda. Yamaha Vixion mempunyai panjang 1.955 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.025 mm. Sementara Yamaha Vixion R mempunyai panjang 1.950 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1.025 mm.

Walaupun Yamaha Vixion R lebih pendek, naun wheelbase-nya justru lebih panjang, yakni mencapai 1.320 mm. Sedangkan versi standar hanya 1.295 mm.

Bobot kedua motor ini juga berbeda. Yamaha Vixion memiliki berat 132 kg, sementara Vixon R 131 kg. Lebih ringan 1 kg dari versi standar. Kapasitas tangki bahan bakar juga berbeda. Untuk Yamaha Vixion memiliki tangki berkapasitas 12 liter, lalu Vixion R mencapai 11 liter.

Melirik sektor dapur pacu, Yamaha Vixion mengandalkan mesin berkapasitas 149,8 cc, SOHC. Mein ini mempunyai bore x stroke 57 x 58,7 mm. Sedangkan Yamaha Vixion R memakai mesin berkapasitas 155,1 cc dengan bore x stroke 58 x 58,7 mm.

Perbedaan ini membuat tenaga Yamaha Vixion R lebih besar, yakni mencapai 19,1 dk pada putaran 10.000 rpm dengan torsi maksimum 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Sedangkan Yamaha Vixion mempunyai tenaga sebesar 16,4 dk pada 8.500 rpm dengan torsi 14,5 Nm pada 7.500 rpm.

Motor sport Yamaha ini sudah dilengkapi dengan fitur Assist & Slipper Clutch di sektor mesin. FItur ini diklaim membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan. Perpindahan gigi juga diklaim menjadi lebih halus, dengan akselerasi yang semakin optimal.

Bedanya, Yamaha Vixion R mengusung transmisi 6-percepatan dengan tambahan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), seperti pada Yamaha R15. Teknologi ini diklaim dapat mempertahankan performa mesin saat berada di putaran bawah hingga atas.

Pindah ke sektor kaki-kaki, Yamaha Vixion mengandalkan ban berukuran 90/80-17M/C 46P di bagian depan dan 120/70-17M/C 58P di bagian belakang. Lalu untuk Yamaha Vixion R mengusung roda depan 90/80-17M/C 46P dan roda belakang 130/70-17M/C 62P.

Yamaha Vixion standar dibekali dengan lengan ayun berbentuk kotak. Sedangkan Vixion R sudah memakai banana swing arm yang membuatnya semakin sporty. Perbedaan lain dari kedua motor ini juga terdapat pada bagian footstep, under cowl, knalpot dan cover bak kopling.

Tidak hanya itu, silincer knalpot Yamaha Vixion R juga memiliki bentuk yang lebih pendek untuk memperkuat kesan sporty. Lalu Yamaha Vixion mengusung cover bak kopling dengan warna hitam. Berbeda dengan Vixion R yang dilabur dengan warna emas.