Home Motor Motor Sport Detail Yamaha XSR155 2019, Motor Beraliran Retro-Modern

Detail Yamaha XSR155 2019, Motor Beraliran Retro-Modern

1344
0

OTONITY.com – Ada kabar baru datang dari Thailand. Di sana Yamaha baru saja menghadirkan motor barunya yang diberi nama Yamaha XSR155. Motor ini cukup menarik perhatian lantaran mengusung aliran retro-modern. Melihat tampilannya, motor Yamaha terbaru ini bisa menjadi kompetitor yang patut diwaspadai Kawasaki W175.

Lantas seperti apa tawaran dari Yamaha XSR155 ini? Berikut adalah detail lengkap dari motor sport naked bermesin 155 cc ini.

Desain

Yamaha XSR155 menawarkan desain yang terbilang cantik. Disebutkan bahwa motor baru ini mengadopsi basis desain XSR 900 dan XSR 700 dan diteruskan pada model bermesin kecil. Kesan retro tampak jelas pada motor ini. Akan tetapi juga diimbuhi dengan sentuhan modern supaya tetap menarik hati.

Motor ini dibekali dengan tangki berdesain tear drop. Kesan modern hadir lewat penyematan lampu LED untuk semua sistem pencahayaan. Headlamp motor ini tampil unik dengan bentuk bulat.

Selain itu Yamaha XSR155 juga dilengkapi dengan jok datar bergaris-garis layaknya roti sobek yang dilabur warna coklat. Tampilan seperti ini lazim dijumpai pada motor modifikasi dengan sentuhan gaya retro.

Tidak hanya itu, Yamaha XSR155 juga dilengkapi dengan panel instrumen digital. Hal ini membuat kesan modern semakin kuat. Yamaha juga menggunakan rangka delta box pada motor ini, sama seperti motor sport buatan Yamaha lainnya.

Yamaha XSR155 memiliki jarak sumbu roda atau wheelbase 1.330 mm. Sedangkan untuk ground clearance atau jarak terendah ke tanah 155 mm. Tinggi joknya sendiri 810 mm dari permukaan tanah. Untuk menghadirkan sensasi berkendara yang berbeda dan tampilan yang lebih menarik, Yamaha menyematkan setang tinggi dan lebar pada motor ini.

Mesin

Untuk diketahui, Yamaha XSR155 mengusung basis mesin yang sama dengan R15. Itu artinya motor Yamaha terbaru ini juga mengandalkan mesin 4-tak, satu silinder, SOHC, 4-katup, pendingin cairan dengan dukungan teknologi Variable Valve Actuation (VVA).

Menurut spesifikasi teknis, mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 19 dk. Sedangkan torsi maksimumnya menembus angka 14,7 Nm. Tenaga yang dikeluarkan dapur pacu itu diteruskan ke roda belakang lewat transmisi manual 6-percepatan.

Motor ini dibekali dengan electric fuel injection (EFI) alias pompa bensin elektronik untuk sistem suplai bahan bakarnya. Yamaha juga menyematkan fitur assist and slipper clutch pada mesin tersebut. Bobot motor ini sendiri mencapai 134 kg. Lalu tangki bahan bakarnya berkapasitas 10 liter.

Kaki-Kaki

Yamaha XSR155 memakai suspensi dengan konfigurasi upside down di depan. Sedangkan bagian belakang memakai monoshock yang bisa diatur tingkat kekerasannya. lalu Yamaha juga menyematkan swing arm yang terbuat dari material aluminium. Perpaduan suspensi upside down dan monoshock link akan membuat pengendalian motor menjadi lebih stabil.

 Lalu sektor pengereman sudah mengandalkan cakram baik di depan maupun belakang. Untuk sektor roda memakai ukuran 110/70 di bagian depan dan 140/70 di sisi belakang. Ban ini dipadukan dengan velg ring 17.

Warna dan Harga

Yamaha XSR155 dijual di Thailand dalam empat varian warna. Antara lain Premium Grey, White/Red Sports Heritage, Black Elegance, dan Green Wanderlust. Jika berminat, harga Yamaha XSR155 mulai dari 91.500 Baht atau sekitar Rp 42 jutaan.

Dengan tampang ala motor custom, Yamaha XSR155 berpeluang hadir di Indonesia. Karena motor retro sendiri cukup populer di sini. Apalagi Kawasaki W175 yang sudah lebih dulu hadir memiliki penjualan yang cukup baik. Di sisi lain motor ini belum mempunyai banyak lawan yang sepadan.

 Hanya saja tentu ada faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek Yamaha di Tanah Air. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari YIMM. Tertarik untuk membeli Yamaha XSR155 ini?