Home Motor Motor Sport Yamaha XSR155 2019 Kapan Hadir di Indonesia?

Yamaha XSR155 2019 Kapan Hadir di Indonesia?

900
0

OTONITY.com – Di negara tetangga, Thailand Yamaha baru saja meluncurkan produk terbarunya yang diberi nama Yamaha XSR155. Motor yang dirilis di Avani Riverside, Bangkok ini menarik perhatian banyak pecinta roda dua lantaran konsep yang dibawanya. Motor baru ini hadir dengan konsep sport naked bergaya retro.

Kehadiran Yamaha XSR155 ini akan menjadi ancaman bagi rivalnya. Seperti Honda CB150 Exmotion yang sudah hadir di Negeri Gajah Putih. Selain Honda, XSR155 juga bisa menjadi rival berat Kawasaki W175 yang juga sama-sama mengusung desain retro.

Daya tarik utama dari motor ini tentu saja pada desainnya. Yamaha XSR155 mewarisi bahasa desain kakaknya, XSR900 dan XSR700. Terlihat dari bentuk lampunya yang terkesan membulat, jok, buritan di area tangki hingga sasis yang mirip dengan sang kakak. Sama seperti motor sport Yamaha lain, motor ini juga menggunakan rangka Delta Box.

Yamaha XSR155 tidak hanya memikat pecinta roda dua dalam negeri saja, namun juga luar negeri. Melihat tampilannya yang memikat dengan sentuhan klasik retro, Yamaha XSR155 bisa saja hadir di Indonesia. Lantas bagaimana tanggapan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)?

Mengenai hal tersebut, Manager Marketing PT YIMM, Antonius Widiantoro mengatakan masih harus mempertimbangkan dan melihat kondisi pasar roda dua Indonesia lebih dulu. Demikian menurut informasi dari Kumparan.

“Untuk saat ini memang belum ada rencana, kita lihat perkembangannya ke depan. YIMM pasti consider (mempertimbangkan) dengan segala peluang,” jelasnya.

DI Indonesia sendiri sudah ada Kawasaki W175 yang melenggang cukup lama. Motor Kawasaki ini mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Pasalnya pada awal debutnya di tahun 2017 Kawasaki W175 langsung mencuri perhatian banyak orang. Dua pekan setelah resmi dirilis, motor ini sudah berhasil menarik 1.500 SPK.

“Kan di Thailand juga baru launching, kita lihat saja perkembangannya ke depan. Kalau memang ada permintaan dari konsumen dan demandnya ada, kami pasti akan mempertimbangkannya,” ujar Anton.

Sayangnya ia juga belum bersedia membocorkan harga Yamaha XSR155 jika resmi dijual di Indonesia. Akan tetapi melihat banderol harganya di Thailand, Yamaha XSR155 dijual Rp 42 jutaan. Apabila dijual di Tanah Air dengan banderol yang sama, bisa dipastikan XSR155 menjadi motor sport 150 cc termahal di Indonesia.

Bahkan harganya lebih tinggi Rp 10 jutaan dari harga Kawasaki W175. Bisa jadi hal inilah yang membuat PT YIMM berpikir dua kali.

Di sisi lain akan ada IIMS Motorbike Expo di Indonesia yang akan berlangsung pada 29 November sampai 1 Desember 2019 mendatang. Pameran ini bisa menjadi kesempatan bagi PT YIMM memamerkan Yamaha XSR155. Ketika ditanya peluang kehadiran motor tersebut, Anton menjawabnya dengan jawaban misterius.

“Tunggu saja undangannya,” jawabnya.

Lebih jauh tentang Yamaha XSR155, motor ini menawarkan lampu depan dan belakang yang didesain membulat. Tangki bahan bakarnya mengusung desain tear drop. Sedangkan bagian jok berwarna coklat dengan motif khas motor klasik. Meski bertampang retro, motor ini tetap mengusung fitur-fitur modern supaya motor ini tidak ketinggalan zaman.

Yamaha menyematkan lampu LED yang hemat daya dan memancarkan kesan modern. Selain itu juga hadir panel instrumen digital pada motor ini. Suspensi depan upside down berdiameter 37 mm juga turut disematkan untuk menghadirkan kesan kekar. Sementara bagian belakang memakai lengan ayun swing arm aluminium banana yang dikombinasikan dengan suspensi belakang monoshock.

Melirik dapur pacu, Yamaha XSR155 mengandalkan mesin 3-tak satu silinder SOHC, 4 katup, dengan pendingin cairan. Mesin ini juga ditemani dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Di samping itu untuk sistem pengabutan bahan bakar sudah mengusung injeksi. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi 6-percepatan yang juga dilengkapi assist and slipper clutch.

Belum ada informasi resmi mengenai output daya mesin XSR155. Akan tetapi mesin ini sama seperti milik Yamaha MT-15. Output daya dapur pacu tersebut 19,2 daya kuda pada 10.000 rpm dengan torsi 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm.

Sebagai penunjang keselamatan, Yamaha menyertakan sistem pengereman depan single cakram hidrolik buatan Akebono dengan 2 piston. Sementara bagian belakang mengusung single cakram dengan kaliper lansiran Nissin 1 piston.