Home Mobil Suzuki XL6 Resmi Dirilis, Intip Spesifikasinya

Suzuki XL6 Resmi Dirilis, Intip Spesifikasinya

1537
0

OTONITY.com – Maruti Suzuki akhirnya meluncurkan XL6 yang merupakan sebuah MPV enam penumpang. Mobil ini pada dasarnya merupakan Suzuki Ertiga dengan serangkaian ubahan sehingga membuat posisinya di atas Ertiga. Model ini menggantikan Suzuki Ertiga yang produksinya sudah dihentikan.

Suzuki XL6 hadir dalam dua tipe, yakni Zeta dan Alpha. Mobil baru Suzuki ini mengandalkan mesin mild hybrid. Ada dua opsi transmisi yang ditawarkan, yakni manual dan otomatis.

Untuk mesinnya tidak ada perubahan. Suzuki XL6 mengandalkan mesin bensin berkapasitas 1,5 liter empat silinder. Mesin berkode K15B ini sudah sesuai dengan aturan emisi gas buang BSVI.

Suzuki juga menyematkan sistem hybrid ringan pada mobil MPV ini yang diberi nama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) Sistem ini memadukan Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai atau aki.

Teknologi mild hybrid buatan  Suzuki ini fokus pada pengumpulan energi yang terbuang dari hasil deselerasi (brake regeneration). lalu dimanfaatkan dalam peningkatan efisiensi bahan bakar. Mesin bensin Suzuki XL6 dapat mengeluarkan tenaga sebesar 105 PS dengan torsi puncak 138 Nm.

Untuk transmisinya ada manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan. Efisiensi bahan bakar mobil Suzuki terbaru ini diklaim mencapai 19,01 km/liter dengan transmisi manual. Sedangkan untuk transmisi otomatis mencapai 17,99 km/liter.

Suzuki XL6 ditawarkan dalam beberapa warna. Antara lain Metallic Premium Silver, Metallic Magma Grey, Prime Auburn Red, Pearl Brave Khaki, Pearl Artic White dan Nexa Blue.

Di sisi desain, Suzuki XL6 tampak mirip dengan Ertiga. Hanya saja Suzuki membuatnya lebih gagah layaknya mobil off-road. Mobil ini dihiasi dengan beberapa aksesoris yang menegaskan perbedaan XL6 dengan Ertiga.

Misalnya grille depan trapesium baru, lampu depan LED quad yang juga berdesain baru, pahatan kap mesin, skid plat dan lampu kabut LED. Selain itu rumah spion dihiasi dengan warna gelap. Suzuki XL6 juga dibekali dengan roof rail, fender dibalut plastik hitam, lampu belakang LED hingga pelek baru.

Berpindah ke sisi interior, beberapa panel Suzuki XL6 dibalut dengan aksen premium dan nuansa warna hitam. Untuk setir kemudi menggunakan kulit hitam, yang dikombinasikan sistem infotainment SmartPlay 7 inci dengan konektivitas smartphone dan jok kapten di barisan tengah.

Head unit double din layar sentuh digital yang hadir pada XL6 ini sudah mendukung layanan Apple CarPlay maupun Android Auto. Untuk desain kemudinya sendiri mengusung model flat bottom steering layaknya mobil sport.

Suzuki XL6 dirancang berdasarkan platform Heartect. Kabinnya sendiri hanya bisa memuat enam penumpang. Sebab kursi baris kedua memakai model captain seat.

Mobil ini dibekali dengan fitur keselamatan yang meliputi airbag depan ganda, hill hold assist, reverse parking sensors, high speed alert, ABS, EBD dan ESP. Semua dipadukan sebagai fitur standar pabrik. Fitur-fitur lain yang ada pada mobil ini namun tidak tersedia pada Ertiga antara lain SmartPlay Studio, Cruise Control dan lampu LED Quad Signature.

Fitur lain yang tersedia pada mobil ini adalah Automatic Climate Control, pengingat sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang depan, sabuk pengaman dengan pre-tensioner dan force liter, hingga ISOFIX child mounts.

Di India, Harga Suzuki XL6 mulai dari Rs 9,80 Lakh atau sekitar Rp 195 jutaan sampai dengan Rs 11,46 atau Rp 228 jutaan. Lebih detailnya XL6 Zeta MT – Rs 9,8 lakh atau Rp195 juta, XL6 Zeta AT – Rs 10,9 lakh atau Rp 217 juta, XL6 Alpha MT – Rs 10,36 lakh atau Rp 206 juta, dan XL6 Alpha AT – Rs 11,46 lakh atau Rp Rp229 juta.

Semua fitur penting tersedia untuk varian Zeta MT/AT maupun Alpha MT/AT. Hanya saja untuk tipe Zeta beberapa fitur harus hilang. Seperti setir kulit, jok kulit, sun visor, lampu depan otomatis dengan follow me home dan kamera parkir mundur. Mobil ini sudah bisa dipesan oleh calon konsumen. Calon pembeli juga bisa melakukan pemesanan lewat situs Nexa Experience. Pengiriman unit akan dimulai setelah peluncuran.