Home Mobil IEMS 2019 Resmi Diselenggarakan, Pamerkan Beragam Kendaraan Listrik

IEMS 2019 Resmi Diselenggarakan, Pamerkan Beragam Kendaraan Listrik

895
0

OTONITY.com – Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi (BPPT) menyelenggarakan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019. Pameran kendaraan listrik bertujuan menyambut era kendaraan ramah lingkungan di Indonesia dan sekaligus menjadi pameran kendaraan listrik pertama di Tanah Air. Pameran ini berlangsung pada 4-5 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta dan di kantor BPPT, Serpong pada 7 September 2019.

IEMS 2019 mengusung tajuk Electric Vehicle for Smart Transportation. Pameran ini sendiri dibuka oleh Kepala BPPT, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Perindustrian, Menteri Perhubungan, dan Kepala Staf Kepresidenan.

“Mempunyai misi untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa penggunaan kendaraan yang bersifat ramah lingkungan sudah sepatutnya mendapat tempat di masyarakat. Respon positif dan antusias masyarakat secara luas, saya harapkan dapat tercermin dalam kegiatan ini,” ungkap Hammam Riza, Kepala BPPT.

IEMS 2019 akan menyajikan berbagai acara. Mulai dari seminar, sharing knowledge, hingga pengenalan produk kendaraan listrik secara lebih mendalam yang menghadirkan para stakeholder, pakar, akademisi, dan pelaku industri kendaraan listrik.

Walaupun merupakan acara baru, EIMS 2019 diikuti oleh peserta yang cukup banyak. Ada 45 Ehibitor yang terdiri dari kementerian, BUMN, stake holder, akademisi, industri komponen pendukung, dan para pelaku industri otomotif merek ternama dari Jepang, Cina, Eropa, dan produk dalam negeri Indonesia.

Tidak hanya itu saja, juga akan ada konvoi dengan memakai berbagai jenis kendaraan listrik. Konvoi akan dimulai di kantor BPPT, Thamrin, Jakarta dan menuju ke kantor BPPT, Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Peserta konvoi akan diajak melihat langsung teknologi fast charging station, battery testing sampai test drive kendaraan listrik.

Tidak berhenti sampai di situ, acara tersebut juga sebagai titik finis dari perjalanan tim jambore rally mobil listrik ITS dari Surabaya ke Jakarta yang melewati jalur selatan sejauh 800 km.

Hammam menerangkan BPPT mengadakan acara tersebut seiring dengan fungsi dan peran BPPT. Yakni sebagai lembaga pemerintah untuk melakukan pemantauan, pembinaan, dan pelayanan terhadap kegiatan instansi pemerintah juga swasta di bidang pengkajian dan penerapan teknologi dalam rangka inovasi, difusi Pengembangan kapasitas, serta membina alih teknologi.

Lewat IEMS 2019 diharapkan masyarakat bersedia memberi kesempatan untuk menerima inovasi baru dalam kehidupan mereka. Sehingga masyarakat akan terbiasa memakai kendaran ramah lingkungan.

Seperti yang telah diketahui, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 mengenai Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan sebagai payung hukum kendaraan listrik. pembinaan, dan pelayanan terhadap kegiatan instansi pemerintah juga swasta di bidang pengkajian dan penerapan teknologi dalam rangka inovasi, difusi Pengembangan kapasitas, serta membina alih teknologi.

Kehadiran kendaraan listrik nantinya akan memberikan beberapa dampak baik. Salah satunya tentu saja polusi udara yang bisa lebih diminimalisir.