Home Motor Motor Listrik Kawasaki Kembangkan Motor Listrik, Dipamerkan di EICMA

Kawasaki Kembangkan Motor Listrik, Dipamerkan di EICMA

383
0

OTONITY.com – Era motor listrik tak terelakkan. Produsen kendaraan roda dua berbondong-bondong mengembangkan motor listrik mereka agar tak tertinggal oleh kompetitor. Salah satunya adalah pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki.

Pabrikan yang terkenal dengan warna hijaunya yang khas itu berniat untuk memamerkan prototipe motor listriknya di EICMA untuk pertama kalinya. Bukan Kawasaki kalau tidak menghadirkan konsep yang uniknya pada motor terbaru buatannya. Motor listrik Kawasaki itu nantinya mengusung desain konvensional. Tidak hanya itu, motor ini juga akan menggunakan manual 4-percepatan.

Konsep ini kemungkinan dilakukan untuk menarik perhatian penggemar motor sport. Supaya sensasi berkendaranya tidak hilang saat mengendarai motor listrik.

Untuk diketahui, hampir semua sepeda motor listrik yang ada di pasaran menggunakan transmisi otomatis. Jika nantinya motor listrik Kawasaki ini resmi dipasarkan, maka ini sekaligus menjadi sebuah terobosan di era motor listrik.

Melihat beberapa foto yang ada di dunia maya, motor listrik buatan Kawasaki ini memang tetap mempertahankan desain ala motor konvensional. Mulai dari desain tangki bensin, tampilan rangka hingga rangkaian mesin. Akan tetapi pada bagian tangki tentu saja bukan ditempati tangki bahan bakar, namun diganti menjadi komponen seperti baterai.

“Kawasaki telah mengerjakan motor listrik ini sejak awal tahun 2000-an dan prototipe memiliki unit daya generasi berikutnya,” kata Yoshimoto Matsuda, Manajer Departemen Inovasi, Divisi Riset dan Pengembangan Kawasaki, dalam video pengujian prototipe pada akun YouTube Kawasaki.

Jika diperhatikan, desain motor tanpa knalpot ini tampak mirip dengan salah satu motor andalan Kawasaki, Ninja 250R versi lama. Tidak hanya itu, beberapa bagian diprediksi tetap memakai komponen dari motor lain. Misalnya LH switchgear dan visor yang diadopsi dari Kawasaki ZX-6R.

Teknologi inovatif juga turut hadir pada motor ini. Misalnya rem jempol seperti yang diaplikasikan pada MotoGP. Fitur seperti ini sebenarnya bukanlah fitur yang lazim digunakan pada motor untuk jalanan umum. Akan tetapi kehadiran fitur ini bisa jadi menarik karena tawaran akan sistem pengereman yang berbeda dari yang lain.

Sayangnya Kawasaki masih merahasiakan soal tenaga yang dapat dikeluarkan oleh mesin motor listrik buatannya. Kehadiran motor listrik baru Kawasaki ini diyakini tidak hanya menarik perhatian para penggemar motor sport saja. Akan tetapi juga dapat mengakomodasi pasar untuk motor komuter yang lebih efisien dengan desain superbike premium.

Kira-kira berapa harga motor listrik Kawasaki ini saat resmi dijual nantinya? Memang terlalu dini untuk membahas mengenai harga. Akan tetapi melihat motor listrik yang ada saat ini, bisa diperkirakan bahwa harga motor Kawasaki terbaru itu nantinya akan lebih tinggi dibandingkan dengan motor sport konvensional. Akan tetapi kita tunggu saja informasi selanjutnya dari Kawasaki nantinya.