Home Mobil Nissan Almera 2020 Dirilis di Thailand, Ini Detail Singkatnya

Nissan Almera 2020 Dirilis di Thailand, Ini Detail Singkatnya

448
0

OTONITY.com – Nissan Motors memberikan kejutan untuk pasar Thailand dengan meluncurkan sedan entry level terbarunya, Almera 2020. Mobil ini sebenarnya bukan model yang benar-benar baru. Sebelumnya Almera facelift sudah lebih dulu hadir di Florida, Amerika Serikat pada April 2019.

Sedan yang banyak dipakai sebagai taksi itu hadir di pasar Thailand dengan membawa mesin tiga silinder sejajar berkapasitas 1,0 liter plus turbo. Jantung pacu ini mempunyai konfigurasi bore x stroke 72,2 mm x 81,3 mm. Sedangkan kompresi rasionya mencapai 9,5 : 1. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 100 hp pada putaran 5.000 rpm dengan torsi puncak 152 Nm pada 2.000 rpm.

Mesin ini dipadukan dengan transmisi XTronic CVT dengan D-Step Logic. Sedangkan penggerak rodanya memakai jenis penggerak roda depan. Pilihan jantung pacu ini tentu membuatnya sepadan dengan Honda City yang juga memakai mesin tiga silinder sejajar berkapasitas 1 liter dengan turbo.

Mesin Nissan Almera terbaru diklaim ramah lingkungan. Emisi CO2 sedan ini tidak lebih dari 100 gram/km. Tidak hanya itu, mobil Nissan terbaru ini juga sudah memenuhi standar emisi Euro5. Konsumsi bahan bakar Nissan Almera 2020 juga tergolong irit, yakni kurang dari 23,25 km/liter.

Penggunaan mesin dengan kapasitas lebih kecil itu bukan tanpa sebab. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan untuk menyesuaikan dengan aturan emisi Ecocar 2 di Thailand. Regulasi tersebut membatasi konsumsi bahan bakar minimum sekitar 23 km per liter dan emisi karbon 100 gram per kilometer.

Nissan Almera terbaru mengusung desain yang tergolong menarik tanpa meninggalkan ciri khas mobil Nissan. Mobil ini didesain dengan konsep Emotional Geometry. Di sisi depan dipermanis dengan grille V-Motion. Lampu depannya didesain tajam dan sudah mengusung LED. Sedangkan sisi kabin mengusung konsep Gliding Wing.

Fitur keselamatan yang dibenamkan pada mobil ini juga tergolong lengkap dan membuatnya menjadi pilihan yang menarik. Almera dilengkapi dengan peranti ABS atau anti-lock Braking System. Juga hadir fitur EBD brake force distribution system, BA brake reinforcement system, VDC Stability Control System, hingga Hill Assist System on HSA slope. Selain itu sedan ini juga dilengkapi dengan fitur Frontal collision warning system, AEB Intelligent Emergency Brake Assist, kamera 360 dan 6 airbag.

Sayangnya belum dapat diketahui apakah Nissan juga akan memasarkan unit sedan ini ke negara lain di Asia Tenggara. Sebab belum seluruh negara sudah menerapkan standar emisi setara dengan Euro 5. Juga belum dapat dipastikan apakah mobil ini juga hadir di Tanah Air. Seperti yang diketahui, pasar sedan di Indonesia masih lesu.

Bagaimana, jika dijual di Indonesia apakah tertarik untuk membelinya? Kehadiran Almera di Tanah Air bisa jadi pilihan menarik untuk para penggemar sedan. Hanya saja keputusan kepada pihak Nissan Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Nissan di Tanah Air.