Home Motor Motor Sport Suzuki RV200, Motor Retro Rival Kawasaki W175

Suzuki RV200, Motor Retro Rival Kawasaki W175

3507
0

OTONITY.com – Motor retro memiliki penggemarnya sendiri, tak terkecuali di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya tawaran motor retro yang menggoda kaum pecinta motor jadul. Contohnya seperti Kawasaki W175.

Pertama kali hadir di Indonesia motor ini belum mempunyai rival yang setara. Akan tetapi pada penghujung tahun 2019 giliran Yamaha yang menghadirkan motor retro dengan nama XSR 155. Motor ini hadir dengan konsep neo-retro. Sedangkan Kawasaki W175 sendiri memiliki desain scrambler.

Kehadiran dua motor ini tidak serta merta membuat merek lain seperti Honda dan Suzuki ikut-ikutan. Akan tetapi Suzuki bisa dibilang memiliki produk yang berpotensi menyaingi eksistensi XSR 155 dan W75.

Menurut laman Suzuki Global, pabrikan motor asal Jepang ini mempunyai satu produk bergaya scrambler yang diberi nama RV200 atau Van Van 200. Desain motor ini berkarakter dan tak kalah menarik dari milik Kawasaki dan Yamaha.

Jika diperhatikan lebih detail, Suzuki RV200 mempunyai lampu-lampu dengan desain yang khas. Tak lupa Suzuki menyertakan kaca spion bulat untuk memperkuat kesan retro. Di samping itu kesan scrambler juga semakin kuat dengan pemakaian knalpot yang lebih tinggi dari model naked bike pada umumnya.

Melirik performanya, Suzuki RV200 mengandalkan mesin yang lebih besar. Menurut spesifikasi teknis motor retro Suzuki memakai jantung pacu 199 cc 4 tak, satu silinder SOHC berpendingin udara. Tenaga dari mesin ini diteruskan ke roda belakang lewat transmisi 5-percepatan.

Suzuki RV200 ini dibekali dengan tangki bahan bakar berkapasitas 6,5 liter. Sedikit lebih kecil dari W75TR yang mempunyai kapasitas 7,5 liter.

Menurut informasi dari Topspeed, mesin dengan kapasitas 200 cc itu diperkenalkan di Amerika Serikat. Model ini merupakan peningkatan kapasitas dari volume sebelumnya, 125 cc yang saat ini masih dijual di pasar lain.

Jika dijual di Indonesia, motor ini terlihat mirip dengan Kawasaki W175TR yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Sebagai tambahan, W175TR mengusung gaya street scrambler dengan desain yang khas. Tangki bahan bakar didesain ramping, dengan knalpot upswept, suspensi memanjang dan ban dengan pola tapak multipurpose style sehingga bisa menawarkan sensasi off-road.

Karakter handling utama Kawasaki W175TR dipertahankan. Dengan pembaruan knalpot yang fokus pada kinerja mesin kisaran menengah ke bawah. Sedangkan posisi stang lebih tinggi untuk memudahkan manuver dan lebih mudah untuk berkendara di kota.

Jika dijual di Indonesia, apakah Suzuki RV200 bisa bersaing dengan rivalnya seperti Kawasaki W175TR? Yang pasti kehadiran motor Suzuki itu bisa menjadi pilihan menarik bagi konsumen di Indonesia, terutama mereka yang menyukai motor retro.