Home Motor Motor Matik Suzuki Burgman Street Siap Tantang Yamaha Lexi Bulan Depan?

Suzuki Burgman Street Siap Tantang Yamaha Lexi Bulan Depan?

1634
0

OTONITY.com – Pasar motor matic bongsor tengah naik daun belakangan ini. Itulah yang membuat dua pabrikan ternama, Honda dan Yamaha menguatkan penjualannya di segmen tersebut. Yamaha dengan jajaran skuter MAXI telah mendapat tempat di hati masyarakat, terutama di Indonesia.

Tak mau kalah, Honda juga mulai memperkenalkan beberapa produk andalannya untuk mengisi lini skutik bongsor. Di sisi lain, Suzuki tampak masih tenang-tenang saja. Padahal sebenarnya Suzuki memiliki Burgman sebagai bekal untuk bersaing di segmen skuter bongsor.

Burgman 200 sendiri pernah dijual di Indonesia. Hanya saja penjualannya dihentikan. Di luar sana Burgman hadir dalam berbagai versi mesin, tidak terbatas hanya 200 cc saja. Ada versi mesin berkapasitas kecil, hingga mesin motor gede.

Yang cukup menjadi sorotan adalah Suzuki Burgman Street yang kabarnya akan segera meluncur di India. Motor ini mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc. Jika dijual di Indonesia, motor ini bisa bersaing dengan Yamaha Lexi.

Sebagai tambahan, Burgman Street mendapat penyempurnaan di sektor mesin. Tujuannya untuk memenuhi ambang batas emisi di India yang akan diberlakukan sebentar lagi.

Melihat tampilannya, Burgman Street terbaru memiliki tampilan yang masih mirip dengan model sebelumnya. Desain motor ini terlihat bongsor, dengan pijakan kaki yang nyaman untuk pengendara dan penghalang angin di bagian depan.

Motor Suzuki ini mengandalkan mesin yang sama dengan Access 125. Mesin satu silinder ini sanggup mengeluarkan tenaga 8,7 dk dengan torsi puncak 10 Nm. Suspensi depannya tetap memakaiĀ  teleskopik. Sementara di bagian belakang menggunakan peredam kejut tunggal. Pengereman belakang dipercayakan pada tromol. Lain halnya dengan di bagian depan yang sudah memakai cakram.

Menurut informasi dari Indianautosblog, Suzuki Burgman Street terbaru akan dikirim ke diler-diler di seluruh India pada bulan depan. Konsumen yang berminat bisa menebusnya dengan harga 75 ribu Rupee atau sekitar Rp 14,5 jutaan.

Bukan tidak mungkin nantinya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga akan memasarkan Burgman Street di Indonesia. Apalagi pada pertengahan tahun lalu Yohan Yahya, Head of Marketing Department PT SIS memberikan sinyal akan kehadiran motor ini.

Seperti yang diketahui, Suzuki Burgman sempat dipamerkan di ajang Jakarta Fair Kemayoran. Kehadiran motor ini bertujuan untuk riset terkait pasar skutik bongsor di Indonesia. Pihak Suzuki sendiri harus tahu suara konsumen, bagaimana tanggapan mereka mengenai Burgman 125.

Yohan menyebutkan walaupun ada peluang hadir di Indonesia, Burgman belum bisa dijual dalam waktu dekat. Sebab masih dalam tahap penyempurnaan di beberapa titik. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.