Home Featured Post Suzuki Saluto 125, Skuter Berdesain Ala Vespa

Suzuki Saluto 125, Skuter Berdesain Ala Vespa

6913
0

OTONITY.com – Beberapa waktu lalu Suzuki memperkenalkan motor terbaru buatannya. Motor dengan nama Suzuki Saluto 125 itu diperkenalkan di Taipei Motor Show 2020.

Melihat tampilannya, Saluto 125 memiliki desain retro yang memikat. Bisa dipastikan kehadiran motor baru Suzuki ini akan menjadi rival baru bagi Lambretta maupun Vespa.

Skuter matik ini dihiasi dengan lampu utama LED yang membuatnya terlihat modern. Kesan menarik juga muncul berkat pengaplikasian aksen krom yang mengelilingi lampu tersebut. Tidak hanya itu, tuas rem dan bagian belakang kaca spion juga dibalut krom.

Suzuki menyematkan layar panel kombinasi analog dan digital. Selain itu desain speedometer motor ini juga tampak terinspirasi dari gaya Vespa yang dijual kembali pada tahun 80-an. Switchgear Saluto 125 juga terlihat premium. Menariknya Suzuki Saluto 25 akan menjadi skuter pertama pabrikan Jepang di Taiwan yang dilengkapi dengan fitur tanpa kunci.

Skuter ini dibekali dengan tombol untuk mengontrol pembukaan kursi, kunci dan kunci kontak. Motor ini juga dilengkapi dengan titik pengisian USB 5 volt 2 Ampere.

Suzuki Saluto 125 juga dilengkapi lubang cubby untuk menyimpan pernak-pernik. Kursi motor ini dibalut dengan warna merah yang membuatnya tampak kontras. Sedangkan ekor lampu LED memiliki bentuk U yang lebar.

Motor ini juga dilengkapi footstep model lipat. Untuk sektor ban dan pelek, motor Suzuki Saluto 125 ini memakai kaki-kaki khas skutik retro dengan ban lebar. Ban tersebut dikombinasikan dengan diameter pelek yang berukuran 12 inci.

Lalu untuk suspensinya Saluto 125 memakai teleskopik di bagian depannya. Sementara bagian belakangnya mengandalkan sokbreker ganda yang sekilas mirip dengan milik Kymco Like 150i.

Melirik performanya, Saluto 125 mengusung mesin berkapasitas 124 cc dengan konfigurasi silinder tunggal, berpendingin udara.Bore dan stroke mesin Saluto 52,5 mm dan 57,4 mm. Melihat spesifikasinya, tampaknya mesin motor ini mirip dengan yang dipakai Suzuki Burgman 125 dan Access 125 yang beredar di India.

Hanya saja untuk versi Taiwan bisa mengeluarkan tenaga yang terbilang cukup tinggi untuk sebuah skuter matik klasik. Output mesin Suzuki Saluto 125 mencapai 10 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 10 Nm. Catatan konsumsi bahan bakar skutik ini diklaim mencapai 51,1 km/liter.

Sayangnya belum dapat diketahui berapa harga Suzuki Saluto 125. Akan tetapi disebutkan bahwa Suzuki Taiwan berencana memasarkan motor baru ini pada Juli 2020 mendatang.

Melihat desainnya yang memikat, bukan tidak mungkin jika nantinya Suzuki Saluto 125 juga hadir di Indonesia. Sebab peminat kendaraan klasik di Tanah Air juga terbilang besar. Konsumen Vespa semakin banyak dari waktu ke waktu. Di sisi lain juga ada Lambretta yang juga memiliki jajaran motor matik retro yang tak kalah menarik.

Bagaimana menurut pendapat Anda? Tertarik untuk membeli Saluto 125 jika dipasarkan di Indonesia? Kita tunggu kabar selanjutnya dari Suzuki Indomobil Sales selaku agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air.