Home Mobil Tips Mengemudi Dengan Aman Pada Saat Musim Hujan

Tips Mengemudi Dengan Aman Pada Saat Musim Hujan

211
0

OTONITY.com – Musim hujan telah tiba. Sebagai pengguna kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil tentu Anda harus memastikan bahwa kendaraan Anda benar-benar siap untuk digunakan di cuaca yang bisa hujan sewaktu-waktu. Tentu saja di musim seperti saat ini persiapan yang harus dilakukan lebih ekstra dibandingkan saat musim kemarau.

Bukan tanpa alasan, ada cukup banyak hal yang wajib Anda siapkan dan juga pelajari. Salah satunya adalah cara mengemudi saat hujan lebat. Mungkin kebanyakan dari Anda akan terburu-buru agar cepat tiba di rumah. Padahal cara ini salah.

Hal pertama yang harus kita perhatikan saat mengemudi dalam kondisi hujan adalah jarak pandang. Hindari menggunakan lampu hazard saat hujan turun. Biasanya sebagian orang menggunakan cara ini untuk menandai mobil mereka. Padahal cara tersebut justru bisa membuat pengemudi lainnya kebingungan.

Maka dari itu sebaiknya Anda cukup menyalakan lampu normal saja. Di samping itu Anda perlu memperhatikan kecepatan kendaraan dan memperlambat lajunya. Jangan lupa juga untuk menjaga jarak dengan mobil di depan Anda.

Waspadai Aquaplaning

Selain memperhatikan jarak dan kecepatan kendaraan, Anda juga wajib memperhatikan genangan air. Di saat hujan turun kita bisa menjumpai genangan air dengan mudah. Anda perlu mewaspadai hal ini. Sebab genangan air bisa menimbulkan aquaplaning. Apa itu aquaplaning?

Aquaplaning adalah situasi di mana ban kendaraan tidak benar-benar menyentuh permukaan jalan lantaran jalanan tergenang air. Jika ban kendaraan Anda mengalami hal ini maka akan sangat berbahaya. Sebab saat hal tersebut terjadi mobil akan kehilangan traksi penuh pada jalanan. Hal inilah yang bisa menyebabkan mobil tergelincir.

Baca juga: Tips Mengajari Anak Menyetir Mobil Dengan Benar

Di samping itu aquaplaning juga bisa disebabkan oleh alur ban yang sudah habis atau ban botak. Maka dari itu disarankan untuk memeriksa kondisi ban mobil secara berkala dan memastikan kondisinya masih baik. Agar risiko aquaplaning bisa dihindari, usahakan tidak mengemudi dalam kecepatan tinggi.

Waktu Turunnya Hujan

Masih ada hal lain yang patut Anda perhatikan. Anda perlu mewaspadai 30 menit pertama saat hujan turun. Sebab hujan yang baru saja turun bisa membuat jalanan sangat licin, berbeda dengan jalanan yang sudah lama basah.

Hal tersebut bisa terjadi karena jalanan yang tadinya tidak basah menjadi basah. Di samping itu juga bisa dikarenakan lumpur atau minyak yang sebelumnya sudah mengering dan kembali terkena air hujan. Sehingga lapisan jalan menjadi licin karenanya. Untuk itu Anda harus berhati-hati saat 30 menit pertama hujan turun.

Belajar Sabar

Berikutnya Anda sebaiknya tidak memaksakan diri saat hujan turun terlalu deras. Sebab saat hujan sangat deras pandangan akan menjadi sangat terbatas, meskipun sudah menggunakan wiper. Lampu pun juga bisa tidak terlihat jelas oleh pengendara lainnya.

Maka dari itu akan lebih baik jika Anda menepi sejenak sambil menunggu hujan reda dan memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan. Selain itu hindari untuk berlindung di bawah pohon. Sebab hujan yang turun sangat deras biasanya juga disertai dengan angin yang kencang. Hal ini terkadang membuat ranting berguguran atau bahkan bisa membuat pohon tumbang.

Disarankan untuk menepi di cafe, pom bensin atau tempat aman lainnya. Jika terpaksa menepi di pinggir jalan jangan lupa menyalakan lampu hazard.

Kuasai Teknik Pengereman

Yang juga perlu Anda pelajari saat mengemudi di kondisi hujan adalah memahami bagaimana cara mengatasi slip.

Kuncinya jangan menginjak rem sampai habis saat terjadi slip, apalagi jika mobil dilengkapi dengan fitur ABS.

Intinya tetap tenang dan tekan pedal rem dengan pasti sambil mengarahkan kemudi sesuai dengan arah slip. (otn)