Home Featured Post Performa Mesin HR-V Dan Eclipse Cross, Siapa Lebih Baik?

Performa Mesin HR-V Dan Eclipse Cross, Siapa Lebih Baik?

484
0

OTONITY.com – Pasar SUV tengah diminati oleh masyarakat luas belakangan ini. Kebanyakan konsumen mobil lebih menyukai mobil yang terlihat gagah dengan fitur-fitur terkini.

Di sisi lain merek yang bersaing di pasar SUV juga semakin banyak. Hampir semua merek memiliki setidaknya satu model SUV yang dijual di Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah Honda dan Mitsubishi. Di segmen SUV kompak Honda memiliki HR-V dan Mitsubishi juga mempunyai Eclipse Cross. Lantas bagaimana urusan performa kedua mobil ini?

Harga Sepadan

Agar sepadan, maka tipe HR-V yang dijadikan perbandingkan adalah Honda HR-V Prestige. Sebab model ini dilepas di pasaran dengan harga Rp 400 jutaan, mirip dengan harga Eclipse Cross.

Baik HR-V Prestige maupun Mitsubishi Eclipse Cross sama-sama menawarkan mesin yang cukup menarik untuk diulik. Honda menyematkan mesin berkapasitas 1.800 cc pada HR-V Prestige. Sedangkan Eclipse Cross lebih kecil, yakni 1.500 cc. Hanya saja dapur pacu ini sudah dilengkapi dengan peranti turbo.

Perbandingan BBM

Menariknya, walaupun kapasitas mesin lebih besar Honda HR-V Prestige justru lebih irit dari Mitsubishi Eclipse Cross. Berdasarkan hasil pengujian mobil Honda ini memiliki catatan konsumsi BBM 11,5 km/liter di dalam kota dan 18 km/liter di luar kota dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam.

Lalu Mitsubishi Eclipse Cross mencatatkan konsumsi bahan bakar 9,4 km/liter di jalur dalam kota dan 15,2 km/liter untuk jalanan luar kota. Selisihnya tidak terlalu signifikan, namun tetap saja mesin HR-V Prestige memiliki efisiensi yang lebih baik.

Tenaga Yang Dihasilkan

Sebagai informasi, Honda HR-V Prestige sanggup menghasilkan tenaga sebesar 139 PS dengan torsi maksimum 169 Nm. Berbekal dapur pacu ini SUV kompak Honda ini sanggup melesat 0-100 km/jam dalam waktu 10,5 detik.

Di sisi lain Mitsubishi Eclipse Cross mengusung mesin yang sanggup meletuskan daya maksimum 160 PS dan torsi mencapai 250 Nm. Mobil berlogo tiga berlian ini dapat melesat 0-100 km/jam dalam waktu 9,6 detik, sedikit lebih cepat dari HR-V Prestige.

Untuk banderolnya, Honda HR-V Prestige dijual dengan harga Rp 415,7 juta. Sedangkan harga Mitsubishi Eclipse Cross tipe Ultimate mencapai Rp 489,65 juta.

Berdasarkan sajian data di atas Honda HR-V Prestige bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda mengutamakan jantung pacu dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Sedangkan Eclipse Cross lebih cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan SUV kompak dengan performa yang lebih baik.

Kesimpulan

Kedua mobil SUV ini sama-sama nyaman digunakan untuk mobil harian. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan selera saja. Soal desain tentu saja tergantung pandangan masing-masing individu.

Honda HR-V Prestige tampil dengan bahasa desain khas Honda yang terbilang masih sporty meskipun sejak dirilis sampai sekarang minim perubahan besar. Sedangkan Mitsubishi Eclipse Cross menawarkan desain yang tampak lebih mewah dan modern. Terlebih di sisi fascia terdapat guratan Dynamic Shield yang menjadi ciri khas dari mobil Mitsubishi terbaru.

Di samping itu Eclipse Cross juga memiliki fitur keselamatan yang terbilang memadai. Mobil ini dilengkapi dengan 7 SRS Airbags untuk perlindungan saat terjadi benturan. Forward Collision Mitigation System (FCM) turut disematkan pada SUV ini. Fungsinya untuk mencegah terjadinya benturan di depan mobil dan dapat mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki lewat bantuan radar laser dan kamera.