Tanda Ban Mobil Harus Diganti, Ingat Bahan Dasar Karet Ada Masa Pakainya

by

OTONITY.com – Dari banyak komponen yang menempel pada mobil, Anda perlu menaruh perhatian lebih pada ban. Terlebih di musim penghujan seperti sekarang ini. Sebab ban adalah salah satu komponen penting yang bisa menimbulkan masalah serius jika Anda mengabaikan kondisinya.

Kondisi ban mobil maupun motor harus selalu dalam keadaan baik. Mungkin sebagian pemilik kendaraan hanya melihat kondisi ban secara sekilas, tidak mendetail. Padahal ada hal-hal yang perlu diamati untuk mengetahui kapan ban mobil harus diganti.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah ketebalan ban. Batas ketebalan maksimal ban adalah 1 mm. Anda bisa mengukurnya dengan tire depth gauge atau menggunakan meteran. Jika ketebalannya kurang dari 1 mm maka Anda harus mengganti ban dengan yang baru.

Baca juga: Buat yang Mau Beli Mobil Panther, Dari Syuting Film Hingga Jadi Mobil Ambulans

Anda juga bisa melihat ketebalan tapak ban dari indikasi TWI atau Tread Wear Indicator. Tanda ini adalah batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap digunakan. Apabila kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI maka Anda harus menggantinya. Indikator TWI ini terdapat di bagian tepi ban dan tengah telapak ban.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×