Resep Membuat Opor Ayam Tanpa Ribet, Makanan Legendaris Nusantara yang Cocok Untuk Suasana Lebaran

by

OTONITY.com – Salah satu menu legendaris di Indonesia yang terkenal dengan rasa kuah gurihnya adalah opor ayam. Opor ayam biasanya disajikan saat acara penting bagi masyarakat Indonesia seperti perayaan hari keagamaan.

Masing-masing daerah di Indonesia biasanya memiliki menu andalan dengan bahan dasar opor. Opor ayam sendiri memiliki rahasia kenikmatan pada komposisi bumbu halus dan bumbu rempahnya yang khas sehingga rasanya sangat beda dengan masakan lainnya.

Baca juga: Resep Mudah Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer, Tekstur Lembut dan Empuk

Baca juga: Resep Cara Membuat Bolu Pisang Panggang Yang Mudah Di Rumah, Lembut dan Tidak Eneg

Biasanya, opor ayam dapat dikreasikan dengan berbagai hidangan, seperti telur balado, rendah, hingga makanan dengan tekstur renyata seperti keripik. Di beberapa daerah di nusantara mengenal opor ayam sebagai menu sarapan dengan kombinasi ketupat. Lalu, di daerah Jogja identik dengan opor ayam yang dijadikan pelengkap pada menu gudeg.

Jadi, tentu tidak hanya disajikan pada perayaan saja dan opor ayam menjadi menu favorit masyarakat di Indonesia. Dalam proses masak opor ayam, tentu yang perlu dilakukan adalah merebus ayam terlebih dahulu. Tujuannya ialah untuk membersihkan sisa kotoran dan melembutkan daging sebelum dimasak bersama bumbu opor ayam. Pemilihan durasi perebusan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.