Akrab Disebut Bunga Kuntilanak, Mitos Kembang Kantil Mulai dari Sarang Makhluk Halus Hingga Sebagai Media Pelet

by

OTONITY.com – Bunga cempaka putih atau banyak yang menyebutnya sebagai bunga kantil menjadi salah satu bunga yang memiliki cerita mistis di masyarakat Indonesia. Masyarakat Jawa sering menggunakan kembang kantil sebagai bunga yang wajib ada di setiap upacara adat.

Kesan mistis pada bunga kantil sebagian besar didengar masyarakat karena berhubungan dengan kehadiran kuntilanak. Bunga ini sangat digemari makhluk halus tersebut karena memiliki harum yang wangi semerbak dan beberapa orang mempercayai bahwa pohon kantil adalah sarang kuntilanak.

Bunga yang menjadi pelengkap dalam setiap upacara adat masyrakat Jawa ini memiliki beragam filosofi. Bunga cempaka (kantil) ini memiliki makna ikatan yang sangat erat. Ia menjadi pengingat agar si penanam atau si empunya rumah selalu mengingat semua ikatan yang dimiliki. Ikatan itu dapat berwujud, seperti ikatan kekeluargaan hingga ikatan orang yang masih hidup dan orang yang sudah meninggal.

Baca Juga: Ungkap Mitos dan Fakta Penyakit Kusta, Salah Satunya Adalah Karena Kutukan dan Warisan Leluhur

Baca Juga: Penyakit Dompo Hanya Terjadi Sekali Seumur Hidup, Mitos atau Fakta?

Baca Juga: 4 Mitos Kesehatan yang Ramai Dibicarakan, Mungkin Kalian Salah Satunya, Cek Faktanya Berikut ini

Meskipun filosofi bunga kantil sangat dalam, namun masih banyak cerita-cerita mistis yang menjadikannya sebagai mitos dari bunga ini. Berikut akan dipaparkan mitos-mitos dari bunga kantil.

1. Penangkal sawan

Sawan dalam masyarakat Jawa dikenal dengan sebuah fenomena yang aneh dan biasanya menimpa anak kecil yang berhubungan dengan hal mistis. Seorang anak yang baru lahir akan mudah terkena sawan dengan tanda-tanda menangis rewel dan meningkatnya suhu tubuh tanpa alasan medis yang jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×