Pengertian Demokrasi Adalah, Mulai dari Bentuk, Prinsip Hingga Serba Serbi Demokrasi di Indonesia

by

OTONITY.com – Indonesia menganut sistem demokrasi. Yakni sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dalam demokrasi yang memegang kekuasaan tertinggi adalah rakyat. Pemerintahan dijalankan langsung oleh rakyat melalui wakil-wakil yang dipilihnya dalam pemilihan umum yang bebas dan jujur.

Demokrasi terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu demos dan kratos. Demos yang berarti rakyat, dan kratos/cratein yang berarti pemerintahan sehingga demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintahan rakyat. Kata ini kemudian menjadi salah satu kosa kata dalam bahasa Inggris yaitu democracy.

Baca juga: Sangat Cocok Jadi Bendahara, 5 Zodiak Ini Lihai Dalam Manajemen Keuangan, Dijamin Bebas Pinjol! Apakah Kamu Termasuk?

Baca juga: Miliki Masa Depan Cerah, 4 Shio Ini Dinilai Memiliki Kecerdasan Luar Biasa, Apakah Shiomu Termasuk?

Baca juga: Perjanjian Supersemar Adalah, 56 Tahun Berlalu Simak Sejarah dan Kontroversi Supersemar, Lengsernya Presiden Soekarno

Demokrasi dipandang sebagai sistem yang ideal karena melibatkan aspirasi rakyat dalam tiap pengamnbilan keputusan. Karenanya demokjrasi sering dipandang sebagai salah satu tolak ukur kemajuan politik dari suatu negara. Pada negara-negara maju kebebasan politik sering kali lebih longgar.

Kata demokrasi menjadi sebuah kata kunci dalam hal politik. KBBI memiliki definisi tersendiri akan satu kata ini. Mengutip dari KBBI demokrasi merupakan pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.