Proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Berikut Hasilnya Lengkap Dalam Sidang BPUPKI

by

OTONITY.com – Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri atas dua kata yaitu Panca yang artinya lima dan Sila yang memiliki arti asas atau prinsip. Kata ini pertama kali dicetuskan oleh Ir. Soekarno yang kemudian di sampaikan pada sidang BPUPKI.

Pancasila sendiri memiliki arti lima dasar yang menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi landasan ideologi, cita-cita, dan harapan negara Indonesia.

Baca juga: Pengertian Demokrasi Adalah, Mulai dari Bentuk, Prinsip Hingga Serba Serbi Demokrasi di Indonesia

Baca juga: Arti Lambang Burung Garuda Pancasila Jadi Lambang Nasionalisme Lengkap Dengan Simbol dan Maknanya

Baca juga: Perjanjian Supersemar Adalah, 56 Tahun Berlalu Simak Sejarah dan Kontroversi Supersemar, Lengsernya Presiden Soekarno

Pancasila mengambil nilai dari budaya dan pribadi Bangsa Indonesia. Nilai ini meliputi perbedaan dan keragaman yang terdapat pada suku, bangsa, dan agama yang amat beragam. Nilai ini lalu dirumuskan oleh para tokoh bangsa sehingga mengasilkan suatu dasar negara.

Dalam perumusannya sendiri, Pancasila melalui proses yang panjang dan bertahap. Hal ini tidak mudah karena perumusan dasar negara memiliki amat banyak aspek yang harus dipertimbangkan oleh para pendiri bangsa agar nantinya dasar negara ini bisa menjadi pedoman yang relevan dan tidak dimakan usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.