Penerapan Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Kehidupan Masyarakat Sehari-hari: Nilai Dasar, Instrumental, dan Praksis

by

OTONITY.com – Nilai yang terkandung dalam Pancasila tidak berubah melainkan pelaksanaannya yang menyesuaikan kebutuhan dan tantangan pada suatu masa tertentu. Nilai Pancasila tetap relevan karena di dalamnya terkandung cita-cita bangsa Indonesia.

Dalam proses perumusannya sendiri, Pancasila memang di dasarkan pada pandangan hidup bangsa. Sehingga ia menjadi ideologi yang bersifat terbuka untuk masyarakat namun tetap dalam konteks yang sesuai dengan budaya bangsa.

Baca juga: Agama-Agama Yang Ada Di Indonesia dan Diakui Undang-Undang, Mulai Sejarah, Kitab Suci dan Hari Besar Keagamaan

Baca juga: Proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Berikut Hasilnya Lengkap Dalam Sidang BPUPKI

Baca juga: Pengertian Demokrasi Adalah, Mulai dari Bentuk, Prinsip Hingga Serba Serbi Demokrasi di Indonesia

Arti keterbukaan nilai dalam Pancasila sendiri berarti nilai yang terkandung di dalamnya bersifat dinamis.Ia mampu berinteraksi sesuai dengan perkembangan jaman yang menjadikannya sangat relevan. Ia tidak berubah namun tetap bisa menyesuaikan diri.

Sejak awal relevansi nilai Pancasila memang dimaksudkan agar ideologi Pancasila tetap aktual, dinamis, antisipatif, serta mampu menaungi masyarakat seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju.

Keterbukaan ideologi Pancasila harus dibarengi dengan:

a. Stabilitas nasional yang dinamis.

b. Larangan masuknya ideologi marxisme, leninisme, liberal, dan komunisme yang bertentangan dengan nilai bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.