Mengenang Presiden Soeharto, Masa Jabatan dan Karir Soeharto, Presiden Kedua Republik Indonesia

by

OTONITY.com – Presiden kedua Republik Indonesia adalah presiden yang paling lama menjabat, yaitu Presiden Soeharto. Beliau menjabat selama 32 tahun yang mana dari tahun 1967 sampai dengan tahun 1998. Pada saat itu, beliau menggantikan Presiden Soekarno yang mana adalah presiden pertama Indonesia.

Pada hari Kamis, 27 Januari 2022 kemarin adalah peringatan 14 tahun wafatnya Presiden Soeharto. Untuk mengenang jasa beliau, Otonity.com akan membagikan informasi mengenai karier yang telah Presiden Soeharto tempuh semasa hidupnya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Song Joong Ki Lengkap dari Agama, Perjalanan Karier, Zodiak, Kisah Cinta, Hingga Akun Instagram

Baca Juga: Proses Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Berikut Hasilnya Lengkap Dalam Sidang BPUPKI

Baca Juga: Perjanjian Supersemar Adalah, 56 Tahun Berlalu Simak Sejarah dan Kontroversi Supersemar, Lengsernya Presiden Soekarno

Karir Soeharto

Soeharto berkarier di lembaga militer TNI (Tentara Nasional Indonesia) sebelum beliau menjabat sebagai Presiden. Soeharto diangkat menjadi anggota TNI pada 5 Oktober 1945. Beliau diberikan tugas sebagai TNI untuk memimpin pasukan melawan aksi-aksi militer Belanda yang berusaha untuk kembali menjajah Indonesia.

Nama Soeharto semakin dikenal oleh masyarakat karena telah berperan penting dalam serangan untuk menguasai kota Yogyakarta pada 1 Maret 1949. Soeharto memimpin serangan di Yogyakarta berdasarkan rencana Raja Yogyakarta, Gubernur, Militer, dan Menteri Pertahanan, Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×