Apa Arti Bibit, Bebet, dan Bobot: Budaya Jawa yang Jadi Patokan Dalam Menentukan Jodoh

by

OTONITY.com – Jodoh, kematian, dan rezeki adalah misteri kehidupan manusia yang ada di tangan Tuhan. Setiap orang diciptakan secara berpasang-pasangan. Namun, setiap orang memiliki waktu tersendiri menemukan jodohnya. Tidak ada yang tahu kapan, di mana, dan dengan siapa tiap orang akan menemukan pasangan sehidup semati.

Berbicara mengenai pasangan setiap orang pasti punya kriteria sendiri atas jodoh idealnya. Misalnya saja kita dapat melihatnya dari segi fisik, kesuksesan karir, ataupun kepribadian. Kriteria tersebut memang menjadi standar paling umum bagi kebanyakan orang untuk meyakinkan diri melangkah ke jenjang pernikahan.

Baca juga: Jago Membimbing dan Mengayomi Orang Lain : 4 Zodiak Ini Calon Bos Idaman, Apa Kamu Termasuk?

Baca juga: Ungkap Arti Mimpi Buang Air Besar dengan Beragam Versi, Bisa Jadi Pertanda Buruk, Berikut Maknanya

Baca juga: Film Baru Indonesia! Baca Sinopsis Film The Other Side, Film Adaptasi Novel Wattpad Best-Seller, Daftar Wajib Tonton!

Nah, berkaitan dengan kriteria pasangan ideal, orang Indonesia khususnya Jawa tentunya cukup familiar dengan bibit, bebet dan bobot. Ya, bibit, bebet, dan bobot seringkali menjadi standar penentu dalam memilih jodoh.

Di kalangan masyarakat Jawa pasti sudah tidak asing dengan istilah weton. Weton didapat dari perhitungan astropolog berdasarkan tanggal lahir seseorang. Dalam budaya jawa sendiri, weton sangat berguna untuk meramalkan peruntungan, watak seseorang, kecocokan jodoh dan banyak lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×