Cara Membaca Mikrometer Sekrup Lengkap Dengan Contoh Soal yang Sering Keluar Saat Ujian

by

OTONITY.com – Mikrometer Sekrup merupakan salah satu alat ukur benda yang memiliki ukuran kecil. Dimana Mikrometer Sekrup ini merupakan alat ukur yang didalamnya terdapat sekrup, dan untuk sekrup tersebut dapat membuat alat ini memiliki tingkat kepresisian 0,001 mm.

Alat ukur ini pada awalnya ditemukan oleh ilmuan yang bernama Willaim Gascoigne di abat ke – 17, dimana pada saat itu sangat dibutuhkan suatu alat yang memiliki kepresisian yang lebih dibandingkan oleh jangka sorong. Dimana alat ini pada akhirnya dapat mengukur untuk ketebalan maupun tingkat tipisnya dari suatu benda.

Baca Juga: Link Download Warnet Simulator 2.0 2, Game Viral Rasakan Sensasi Jadi Penjaga Warnet!

Baca Juga: Materi dan Contoh Soal Rasio dan Skala Matematika, Berhubungan Dengan Perbandingan, Berikut Penerapannya Dalam Ujian

Baca Juga: Apa Itu Teknik Metalurgi? Berikut Penjelasan dan Daftar Universitas yang Memiliki Jurusan Teknik Metalurgi

Untuk penggunaan dari alat ini dapat digunakan untuk mengukur panjang benda kurang umum digunakan, hal tersebut dikarenakan pada umumnya panjang benda yang masih dapat terukur dengan baik yaitu pada tingkat kepresisian 1 mm dan 0,1 mm. dimana pada masing – masing tingkat kepresisian dimiliki oleh penggaris serta jangka sorong.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

– Posisikan Benda di antara Landasan dan Sumbu

– Memutar Thimble

– Memutar Ratchet

– Membaca Hasil Pengukuran

Cara Membaca Hasil Mikrometer Sekrup

Secara garis besar berikut langkah-langkahnya untuk membaca hasil pengukuran mikrometer sekrup

– Melihat Posisi Thimble pada Skala Utama

– Melihat Posisi Skala Nonius

– Menghitung Hasil Pengukuran

Untuk pembacaan dari mikrometer sekrup ini dilakukan pada dua bagian yaitu pada skala utama dan pada skalanonus ata barnier. Dimana skala utama dapat dibaca di bagian sleeve dan skala nonius dapat dibaca pada bagian thimble.

Dapat diperhatikan pada gambar diatas, berikut ini adalah cara membaca hasil dari mikrometer sekrup tersebut yaitu:

– Untuk skala utama, dapat dilihat bahwa posisi thimble telah melewati angka “5” di bagian atas, dan pada bagian bawah garis horizontal telah melewati 1 strip. 0.5mm. Artinya, pada bagian ini didapat hasil pengukuran 5 + 0.5 mm = 5.5 mm. Pengukuran juga dapat dilakukan dengan prinsip bahwa setiap 1 strip menandakan jarak 0.5mm. Dikarenakan terlewati 5 strip di atas garis horizontal dan 6 strip di bawah garis horizontal, maka total jarak adalah (5+6) x 0.5mm = 5.5mm

– Pada bagian kedua, terlihat garis horizontal di skala utama berhimpit dengan angka 28 di skala nonius. Artinya, pada skala nonius didapatkan tambahan panjang 0.28mm

– Maka, hasil akhir pengukuran mikrometer sekrup pada contoh ini adalah 5.5 + 0.28 = 5.78mm. Hasil ini memiliki ketelitian sebesar 0.01 mm.

Baca Juga: Gelandang Arsenal Thomas Partey Resmi Mualaf! Masuk Islam Dibantu Pemuka Agama Di Inggris Susul Clarence Seedrof

Baca Juga: YouTube Pink, Aplikasi Terbaru Buat YouTube Kamu Jadi Premium Tanpa Harus Bayar!

Baca Juga: 5 Pelajaran Penting dalam Film Jujutsu Kaisen 0 Ada Hikmah Tersembunyi, Film Jepang Terlaris Karya MAPPA

Contoh Soal Pengukuran Mikrometer Sekrup

Soal 1

Perhatikan Pengukuran mikrometer sekrup dibawah ini.

Jawaban :

Skala tetap = 4 × 1mm = 4mm

Skala nonius = 30 × 0,01mm = 0,30mm

Hasil = skala tetap ditambah skala nonius

Hasil = 4mm + 0,30mm = 4,30mm

jadi, maka hasil dari pengukurannya ialah 4,30mm.

Soal 2

Pengukuran tebal batang terlihat seperti gambar dibawah ini. hitunglah Hasil dari pengukuran mikrometer dibawah ini ialah …mm.

perhatikan Pengukuran mikrometer sekrup dibawah ini.

×